-->

Ads1

Jenis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Bayam Beserta Pengendaliannya

Jenis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Bayam Beserta Pengendaliannya

Pak Tani Harry Bus - Budidaya tanaman bayam memang merupakan hal yang gampang untuk dilakukan oleh siapa saja. Namun yang sulit yaitu bagaimana cara mencegah semoga tanaman bayam sanggup tumbuh subur dan terhindar dari hama penyakit. Bayam ini sendiri yaitu salah satu jenis sayuran yang banyak di konsumsi oleh masyarakat, hal ini lantaran bayam banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk mendapat sayuran ini kita sanggup membelinya dipasar atau kalau ingin murah kita sanggup menanamnya sendiri.

Menanam bayam memang gampang dan semua orang sanggup melakukannya, yang sulit yaitu menghasilkan bayam yang yang berkualotas tanpa diserang hama penyakit. Hama dan penyakit merupakan faktor pemicu gagalnya budidaya tanaman termasuk bayam. Ada banyak jenis hama dan penyakit tanaman bayam yang perlu kita kenali, dan pada kesempatan kali ini Pak Tani Harry Bus akan membahas wacana hama dan penyakit pada tanaman bayam, serta bagaimana cara pengendaliannya.

tanaman-bayam.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;"> Budidaya <b><a href=tanaman bayam memang merupakan hal yang gampang untuk dilakukan oleh siapa saja Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Bayam Beserta Pengendaliannya" border="0" height="300" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghV2Ldo8ce3HgXfU4nvxVu8mPjgfaHm5O40Zqjjnn6U0tia2yXL_iMwaD8f-OSjQIBPb-6WZXj0xSwBGtVvvEo4iIDlC5FkglvUmqR5Gpgugu-J5aD07CLSaa5Ri2N5Tcclpgpw05o-Kc/s400/jenis-hama-dan-penyakit-tanaman-bayam.jpg" title="Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Bayam Beserta Pengendaliannya" width="400" />

Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Bayam Beserta Pengendaliannya


Jenis Hama Pada Tanaman Bayam

1. Ulat daun (Spodoptera Plusia Hymenia)
Gejalanya: Biasanya daun bayam akan terlihat berlubang dan usang kelamaan daun bayam akan habis. Penanggulangannya: Cara mengendalikannya yaitu dengan menyemprotkan pestisida secara pribadi pada daun bayam atau dengan membuang ulat daun sampai bersih.

2. Kutu daun (Myzus persicae Thrips sp.)
Gejala: Daun bayam terdapat kutu yang menjadikan daun bayam menjadi berlubang dan sanggup mati kalau dibiarkan terlalu lama.
Pengendaliannya: Cara mengendalikan kutu daun pada tanaman bayam yaitu dengan menyemprotkan pestisida pada tanaman bayam, serta selalu menjaga kebersihan lahan.

3. Hama Tungau (Polyphagotarsonemus latus)
Gejala: Batang dan daun bayam menjadi layu dan rusak yang disebabkan oleh tungau ini. Jika dibiarkan usang juga akan berdampak jelek pada tanaman bayam.
Pengendaliannya: Cara mengendalikan tungau pada tanaman bayam masih sama yaitu dengan menyemprotkan pestisida pada tanaman bayam yang terjangkit hama.

Penyakit pada tanaman bayam


1. Rebah kecambah.

Penyebabnya: Bakteri cendawan Phytium sp.
Gejalanya: menginfeksi pada seluruh tanaman bayam mulai dari akar, batang sampai daun.
Pengendaliannya: yaitu dengan penyemprotan Fungisida

2. Busuk basah.

Penyebabnya: Bakteri cendawan Rhizoctonia sp.
Gejalanya: akan terlihat bercak-bercak putih pada tangkai dan daun bayam.
Pengendaliannya: masih sama yaitu dengann melaksanakan penyemprotan Fungisida

3. Karat putih.

Penyebabnya: Bakteri cendawan Choanephora sp.
Gejalanya: Akan menginfeksi batang dan daun.
Pengendaliannya: Juga dengan menyemprotkaan Fungisida pada tanaman bayam.

Itulah beberapa Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Bayam Beserta Pengendaliannya, mudah-mudahan isu ini sanggup memperlihatkan wawasan dan manfaat bagi anda semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser