-->

Ads1

Cecenet Atau Ciplukan (Physalis Angulata L.)

Cecenet Atau Ciplukan (Physalis Angulata L.)

Cecenet Atau Ciplukan (Physalis Angulata L.)

Cecenet atau ciplukan yaitu flora yang termasuk kedalam golongan flora gulma pada lahan pertanian, biasanya cecenet atau ciplukan ini tumbuh dipinggir pematang sawah, pinggiran irigasi dan tempat lainnya. flora ini termsuk kedalam flora tahunan dengan memiliki tinggi tumbuhan sekitar 1 meteran.


 Cecenet atau ciplukan yaitu flora yang termasuk kedalam golongan flora gulma pada  Cecenet atau ciplukan (Physalis angulata L.)
Cecenet atau ciplukan (Physalis angulata L.)
Cecenet atau ciplukan memiliki nama yang bermacam-macam ditiap daerahnya, menyerupai di Madura menyebutnya dengan yor-yoran, di Pulau Seram disebut Lapononat, angket, kepok-kepokan, di Bali disebut Keceplokan, Minahasa disebut Leletokan dab orang inggris menyebutnya Morel Berry. sedangkan Cecenet sendiri memiliki nama latin
Physalis angulata L.

Habitat dari flora Cecenet atau ciplukan (Physalis angulata L.) yaitu didataran tropis menyerupai di Indonesia, flora ini sanggup tumbuh hingga pada ketinggian 1550 mdpl. flora ini sanggup ditemukan dengan gampang menyerupai pada pematang sawah, tegalan, tepi jalan, disemak-semak, dikebun dan dihutan.

Tumbuhan Cecenet atau ciplukan ini diklasifikasikan termasuk kedalam kelas flora dikotil atau flora yang memiliki biji berkeping dua, untuk lebih lengkapnya perihal penjabaran cecenet ini sanggup dilihat dibawah ini,

Klasifikasi Cecenet atau ciplukan
(Physalis angulata L.)
Kingdom
Plantae
Divisi
Spermatophyta
Sub Divisi
Angiospermae
Kelas
Dicotyledonnae
Ordo
Solanales
Famili
Solanaceae
Genus
Physalis
Spesies
Physalis angulata L.

Walaupun sebagai gulma, flora cecendet ini ternyata sangat dibutuhkan dikalangan masyarakat, menyerupai misalnya akar dari flora cecendet atau ciplukan ini sanggup digunakan sebagai obat cacing dan dipercaya sanggup menurunkan panas tanggapan demam. sedangkan flora ini memiliki buah yang sanggup dimanfaatkan sebagai obat penyakit kuning dan sulit buang air kecil.

Buah cecenet ini berwarna hijau jikalau masih mentah namun jikalau sudah matang warna akan menjelma kuning, buah cecent sendiri sedikit unik alasannya yaitu buah nya dibungkus menyerupai kubah. buah cecenet sanggup dikonsumsi secara eksklusif dan memiliki rasa sedikit masam dan manis.

Pengendalian gulma Cecenet atau ciplukan ini sanggup dengan cara dicabut atau disemprot dengan memakai herbisida, untuk dilahan pesawahan sanggup eksklusif di olah saja ketika pengolahan lahan yang pertama.

Demikian uraian singkat perihal artikel Cecenet atau ciplukan (Physalis angulata L.), biar sanggup menambah rujukan perihal gulma yang satu ini. biar bermanfaat dan terima kasih.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser