-->

Ads1

Mengenal Jenis-Jenis Hama Wereng Pada Tanaman Padi

Mengenal Jenis-Jenis Hama Wereng Pada Tanaman Padi

Pak Tani Harry Bus - Hama wereng yaitu hama penghisap cairan pada tanaman ibarat padi yang tergolong anggota ordo Hemiptera (kepik sejati), subordo Fulgoromorpha, yang mempunyai ukuran kecil. Wereng ini sangat merugikan sekali alasannya akan menghisap cairan nutrisi pada tanaman padi. Jika tanaman padi sudah terjangkit hama wereng, maka akan sulit untuk ditanggulangi. Penyebaran hama wereng ini sangat cepat dan berjumlah cukup banyak. Jenis-jenis hama wereng ini juga sangat banyak dan beragam, mulai dari Wereng coklat (Nilaparvata lugens), Wereng hijau (Nephotettix spp.), Wereng punggung putih (Sogatella furcifera), dan ada juga wereng loreng atau wereng zigzag.

Hama wereng ini sangat banyak dijumpai pada tanaman padi, biasanya padi yang sudah mulai berisi yang akan menjadi sasaran hama wereng ini. Hama ini hinggap pada batang sampai daun padi dan menyebabkan tanaman padi menjadi tidak produktif. Sudah banyak perkara yang terjadi tanaman padi gagal panen gara-gara hama wereng. Membasmi hama wereng yaitu salah satu cara terbaik yang sanggup kita lakukan bila ingin tanaman padi tetap bisa menghasilkan panen. Tetapi alasannya sulitnya mengendalikan hama wereng pada tanaman padi ini, menciptakan petani mulai frustasi dan menyerah. lantas bagaimana cara ampuh membasi hama wereng pada tanaman padi?
Baca juga : Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi Yang Terbukti Ampuh

Untuk mengenal jenis-jenis hama wereng yang biasa menyerang tanaman padi, pada kesempatan kali ini Pak Tani Harry Bus.blogspot.com akan menyebarkan sedikit informasi tersebut. Mudah-mudahan informasi ini sanggup menambah ilmu dan wawasan anda semua.

Jenis-Jenis Hama Wereng


Hama wereng biasanya mempunyai banyak jenis dan spesies masing-masing. Meskipun masih satu anggota namun ciri-ciri hama wereng selalu berbeda-beda satu sama lainnya. Nah berikut ini yaitu beberapa jenis hama wereng yang sering kita jumpai pada tanaman, khususnya pada tanaman padi.

1. Wereng coklat (Nilaparvata lugens)

 yaitu hama penghisap cairan pada <b><a href=tanaman ibarat padi yang tergolong anggota Mengenal Jenis-Jenis Hama Wereng Pada Tanaman Padi" border="0" height="280" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSZMrzPcAfyJB92tsmqUVrvu_9h8a9gAxpx5k90FY3q_wJuJclthCTb70AvFwGg6sRhVhtGzH0x_jBPNDKEiZ8cstbu3zhLzKVmnmpyobKdD3ba2oA2AW057ekJhJdq1cVSTXCD0Bbg4g/s400/wereng-coklat.jpg" title="Mengenal Jenis-Jenis Hama Wereng Pada Tanaman Padi" width="400" />

 

Wereng coklat ini merupakan salah satu hama wereng yang suka merusak tanaman padi baik eksklusif maupun tidak langsung. Kemampuan hama ini dalam menghisap cairan tanaman akan menciptakan daun tanaman menjadi kuning, kering, dan parahnya lagi tanaman bisa mati, atau dikenal dengan tanda-tanda hopperburn. Hama wereng batang coklat ini juga salah satu hama yang sangat sulit dikendalikan apalagi jumlah populasinya sangat banyak. Tanaman padi yaitu tanaman yang paling disukai hama ini.

2. Wereng hijau (Nephotettix spp.)

 yaitu hama penghisap cairan pada <b><a href=tanaman ibarat padi yang tergolong anggota Mengenal Jenis-Jenis Hama Wereng Pada Tanaman Padi" border="0" height="296" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgDOFaEIuRoDkOqArCR5SHViQWaLArhqKehtnKDe4AI6cWVn4orU4qe3ZunwZexfqnplOspeEHAdaHfkhrNu9Zu1KQ4PdoowUUc1e8PWlfOgRq7-vpzpxknGZQ5b2buwsLPfgPnoWTVzB8/s400/wereng-hijau.jpg" title="Mengenal Jenis-Jenis Hama Wereng Pada Tanaman Padi" width="400" />

 

Wereng hijau ini yaitu hama utama tanaman padi yang selalu menjadi faktor penyebab gagalnya pertanian padi. Hama wereng hijau ini akan menyebarkan virus tungro, yang mana visus ini menyebabkan penyakit pada tanaman padi yaitu Rice tungro bacilliform badnavirus (RTBV) dan Rice tungro spherical badnavirus (RTSV). Akibat dari penyakit tungro yang menyebar pada tanaman padi, kesudahannya produktivitas padi menjadi turun dan menyebabkan gagal panen.

3. Wereng punggung putih (Sogatella furcifera)

 yaitu hama penghisap cairan pada <b><a href=tanaman ibarat padi yang tergolong anggota Mengenal Jenis-Jenis Hama Wereng Pada Tanaman Padi" border="0" height="245" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBjAp-rgUuDJFOnt5bjJ18ecDUeOSBBzshzOEJncrCqeDpW3n4uLor3X90NMyMof8W_mtbpI_T4dXo-P3G00oO-KzS59Xi555eGWDNPIkpIOJr59_RCfJj5xHNRjry46RslILJV5BTwt8/s400/wereng+punggung+putih.jpg" title="Mengenal Jenis-Jenis Hama Wereng Pada Tanaman Padi" width="400" />

 

Hama wereng punggung putih ini yaitu salah satu jenis hama wereng yang mempunyai badan lebih kecil dari pada bulir padi,meskipun bentuknya kecil namun sanggup menyebabkan tanaman mati. Hama ini sering mengisap batang padi, jagung, maupun rumput-rumputanlainnya. Penyebaran hama ini juga tidak kalah dengan jenis wereng lainnya.

4. Wereng loreng atau wereng zigzag

 yaitu hama penghisap cairan pada <b><a href=tanaman ibarat padi yang tergolong anggota Mengenal Jenis-Jenis Hama Wereng Pada Tanaman Padi" border="0" height="255" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiDcHqxlyVWyq5GU2QkdpiCY3dulRQshsI-H8Xn5azf1HNRbBOZwkNn20e0sBrKN0HzTrdrtOw0lGDwXjKP9w-vQwah6k_JD64qLhtNMzq6XOhmKe4YIrOZWdLSAlTNlWW8KUZzM_h4kSc/s400/wereng+loreng+%2528zigzag%2529.jpg" title="Mengenal Jenis-Jenis Hama Wereng Pada Tanaman Padi" width="400" />

 

Hama wereng orang atau zigzag ini juga salah dari sekian banyak jenis hama wereng yang juga menjadi penyebab gagalnya pertanian padi. Hama ini disebut wereng zigzag alasannya pada pecahan sayapnya ibarat ada bentuk zigzag. Hama wereng zigzag ini mempunyai panjang sekitar 3,5 - 4 mm.

Itulah beberapa Jenis-Jenis Hama Wereng yang sering mengganggu tanaman padi. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser