-->

Ads1

Inilah Penyebab Patah Leher Tanaman Padi Beserta Solusinya

Inilah Penyebab Patah Leher Tanaman Padi Beserta Solusinya

Pak Tani Harry Bus - Patah leher atau blas pada tanaman padi ialah salah satu tanda-tanda penyakit tanaman padi yang disebabkan oleh cendawan Pyricularia oryzae. Penyakit patah leher atau potong leher padi ini merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi tanaman padi, kalau tidak segera dicegah atau ditanggulangi akan menurunkan produktivitas padi. Gejala awalnya biasanya berupa bercak kecoklatan di area daun padi, kemudian kalau sudah usang dibiarkan akan menimbulkan abses pada batang padi dan menciptakan batang padi menjadi kedaluwarsa hingga patah. Makanya disebut dengan patah leher atau potong leher. Penyebab penyakit blas atau patah leher padi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, dan pada kesempatan kali ini Pak Tani Harry Bus akan bagikan gosip wacana apa saja faktor yang mengakibatkan tanaman padi gampang mengalami patah leher.

Penyakit patah leher padi ini menjadi sangat meluas dikarenakan serangan jamur Pyricularia oryzae. Akibat dari meluasnya jamur tersebut menciptakan seluruh jaringan penting pada tanaman padi menjadi mati. Bercak-bercak pada daun padi yang tidak biasa merupakan tanda-tanda awal dari penyakit blas atau patah leher. Biasanya bercak pada daun padi akan terjadi pada masa generatif, semkain usang akan semakin melebar dan menimbulkan kedaluwarsa pangkal dan menciptakan batang padi menjadi gampang patah. Parahnya kalau patah leher terjadi sesudah tanaman padi mulai berisi, maka dapat mengakibatkan bulir padi tidak berisi atau gabug.

Makanya sebelum penyakit blas meluas dan menyebar keseluruh jaringan tanaman padi, segera kita lakukan tindakan pencegahan. Bagaimana cara mencegah penyakit patah leher semoga tidak hingga menciptakan padi kita gagal panen?
Silahkan baca : Cara Mencegah Penyakit Blas / Patah Leher Pada Tanaman Padi

Untuk mengetahui penyebab dari penyakit patah leher padi ini, berikut ini Pak Tani Harry Bus akan membahasnya secara singkat dibawah ini.

 Patah leher atau blas pada <b><a href=tanaman padi ialah salah satu tanda-tanda penyakit tanaman padi ya Inilah Penyebab Patah Leher Tanaman Padi Beserta Solusinya" border="0" height="480" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgnOUO8Y7jVuIfg8-gKOii3wMNrN7VzZVbgGTCuL9XFRG49lB5nPmYnutq52E2UhNd6v3Ml6BaKGduDzmxOfLWt4EIpdf74QGdAPCPk1JkgzQr1NDyIjbjAYyRi-oACjT32EsD0pPJf_TA/s640/penyebab-patah-leher-padi.jpg" title="Inilah Penyebab Patah Leher Tanaman Padi Beserta Solusinya" width="640" />
Beberapa referensi tanaman padi yang terkena patah leher

Penyebab Patah Leher Tanaman Padi


1. Pengaruh kelembaban suhu/udara

Faktor penyebab tanaman padi terkena penyakit blas atau patah leher ini ialah lantaran lemmbabnya suhu pada tanaman padi. Biasanya hal ini terjadi pada demam isu penghujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Perlu anda ketahui juga bahwan jamur Pyricularia oryzae ini berkembang pada suhu antara 24-28 derajat celcius.

2. Jarak tanam yang terlalu rapat

Pengaruh jarak tanam yang terlalu rapat juga menjadi faktor penyebab penyakit patah leher padi. Makanya pola tanam padi yang benar harus sesuai dengan anjuran, contohnya dengan memakai metode tanam jajar legowo. Jarak tanam padi yang terlalu rapat bukan hanya mengakibatkan patah leher padi, tetapi dapat berdampak pada hal lain, ibarat cepatnya pertumbuhan gulma, sehingga menyulitkan kita membersihkannya lantaran rapatnya tanaman padi. Selain itu jarak tanam yang terlalu rapat juga menciptakan pertumbuhan padi menjadi lambat.

3. Pemupukan unsur Nitrogen berlebihan

Padi memang membutuhkan unsur Nitrogen ibarat pada pupuk Urea, namun kalau pemupukan tidak sempurna dosisnya, dalam arti kata santunan unsur Nitrogen berlebihan malah akan berdampak jelek pada tanaman padi, salah satunya terjadi nya patah leher padi.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi penyakit blas atau patah leher pada tanaman padi, solusinya dapat anda baca padi artikel yang ada pada link berikut ini.
Silahkan baca : Cara Mengatasi Patah Leher Pada Tanaman Padi

Itulah beberapa Penyebab Patah Leher Tanaman Padi Beserta Solusinya, semoga gosip ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser