-->

Ads1

Inilah Pengaruh Jelek Mengkremasi Jerami Padi Dilahan Sawah

Inilah Pengaruh Jelek Mengkremasi Jerami Padi Dilahan Sawah

Pak Tani Harry Bus - Jerami merupakan limbah pertanian berupa tangkai dari tanaman jenis serealia menyerupai padi yang sudah dirontokkan bijinya. Jerami padi ini biasanya sering dimanfaatkan oleh petani untuk pakan ternak, dan juga biasa dipakai untuk pupuk menciptakan kompos. Namun kebiasaan yang selama ini dilakukan banyak petani padi ialah mengkremasi jerami padi dilahan persawahan secara langsung. Ketika animo panen padi tiba, biasanya sesudah panen final dan jerami padi kering, para petani akan membakarnya dilahan sawah. Ada juga yang membuatkan atau meratakan jerami keberbagai area sawah lalu membakarnya. Pertanyaanya apakah ada efek jelek mengkremasi jerami padi disawah? Maka dari itu disini Pak Tani Harry Bus akan mengulasnya secara singkat.

Kebiasaan mengkremasi jerami padi pasca panen sudah menjadi hal atau acara rutin petani padi didaerah saya tinggal. Alasan kenapa mengkremasi jerami padi memang masuk akal. Ada yang menyampaikan kalau jerami tidak dibakar dan dibiarkan menumpuk akan menciptakan banyak tikus yang bersarang dan tinggal ditumpukan jerami, ada lagi yang menyampaikan jikalau tidak dibakar maka jerami akan menjadi sampah dan mengganggu pemandangan. Bahkan ada yang berkata jikalau harus menyebar rata keseluruh lahan sawah hanya membuang-buang waktu dan tenaga saja, makanya mereka membakarnya supaya habis dan debu dari jerami padi sanggup menjadi pupuk alami. Apakah hal itu banar? 
Silahkan baca juga : Beberapa Manfaat Jerami padi

Memang manfaat mengkremasi jerami padi hanya dirasakan sesaat saja, dalam arti kata hanya untuk janga pendek, mereka tidak memikirkan jangka panjangnya. Mereka tidak tahu efek jelek mengkremasi jerami untuk jangka panjang. Berikut ini ialah beberapa efek jelek mengkremasi jerami padi dilahan sawah.

 Jerami merupakan limbah pertanian berupa tangkai dari <b><a href=tanaman jenis Inilah Dampak Buruk Membakar Jerami Padi Dilahan Sawah" border="0" height="480" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh442bKf-Y1rJeUvYKn1rIQEVnTOTsnZ7hj_kPqGXCxhpZwmCUWVatUIfznxNLimoixzuh0D3aku4VRhgg7TCsxF1oNe6CM8hCVI9sZbqJdETORg0NC3uEKkum5VGDrKhbm9_3pCwWq0C4/s640/dampak-buruk-membakar-jerami-padi.jpg" title="Inilah Dampak Buruk Membakar Jerami Padi Dilahan Sawah" width="640" />
Proses pembakaran jerami padi belum usang ini ( Foto by : Wahyu Hendro Wibowo - admin Pak Tani Harry Bus )


Dampak Buruk Membakar Jerami Padi dilahan Sawah



1 Dampak jelek dari pembakaran jerami padi dilahan persawahan ialah akan menghilangkan unsur hara yang terdapat pada tanah. Tidak hanya unsur hara pada tanah saja, namun dengan mengkremasi jerami maka hara yang terkandung pada jerami juga akan musnah.
 
2. Selain itu jikalau kita teliti bahwa batang dan daun padi yang kita biarkan membusuk pada lahan sawah akan menciptakan tanah menjadi subur, alasannya jerami yang membusuk akan menjadi humus, materi organik dan menciptakan tanah menjadi sangat subur, jikalau kita bakar hanya akan menjadi arang atau zat karbon.
 
3. Tahukah anda bahwa jerami padi yang kita biarkan atau bahkan kita tanamkan dalam tanah akan menjadi masakan bagi mikroorganisme tanah, perlu anda tahu bahwa mikroorganisme tanah sangat berperan penting dalam menyuburkan tanah. Jika dibakar justru akan menciptakan mikroorganisme menjadi mati.
 
4. Dengan mengkremasi jerami padi dilahan sawah, secara berangsur-angsur tanah akan menjadi tandus dan produktivitasnya menjadi turun, dengan kata lain hasil panen padi juga akan berangsur-angsur menurun.
 
5. Asap yang ditimbulkan dari pembarakan jerami juga akan berdampak jelek bagi lingkungan, menciptakan polusi, dan lain sebagainya.


Jadi mulai kini jangan lagi anda mengkremasi jerami padi dilahan persawahan jikalau tidak ingin kehilangan hal yang nyata dan bermanfaat dari jerami padi. Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini sanggup menunjukkan pencerahan dan wawasan bagi anda semua. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser