-->

Ads1

Inilah Beberapa Cara Mengendalikan Hama Pada Flora

Inilah Beberapa Cara Mengendalikan Hama Pada Flora

Pak Tani Harry Bus - Siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya hama? Hama yaitu sejenis organisme pengganggu tanaman yang keberadaannya selalu mengakibatkan kerusakan pada tanaman secara fisik. Hama ini sangat merugikan sekali bagi para petani, bagaimana tidak merugikan? Sebagai misalnya saja jikalau kita menanam padi, seringkali banyak hama yang mengganggu tanaman padi, menyerupai hama tikus, hama keong mas, hama ulat, dan lain sebagainya. Jika hama pada tanaman tidak segera di tanggulangi, jadinya produktivitas tanaman menjadi menurun, bahkan dalam kasus yang cukup parah, tanaman sanggup mati gara-gara diserang hama. Lantas bagaimana cara-cara dalam mengendalikan hama pada tanaman?

Ada beberapa tips dalam membasmi hama pada tanaman, pada kesempatan kali ini Pak Tani Harry Bus akan membagikan tips dan trik dalam membasi hama pada tanaman. Apa saja tips tersebut, berikut penjelasannya.

tanaman.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;"> Siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya hama Inilah Beberapa Cara Mengendalikan Hama Pada Tanaman tanaman.jpg" title="Inilah Beberapa Cara Mengendalikan Hama Pada Tanaman " width="640" />
Gambar banyak sekali jenis hama pada tanaman padi


Cara Mengendalikan Hama Pada Tanaman


1. Pengendalian hama secara fisik

Cara mengendalikan hama pada tanaman yang pertama yaitu dengan cara fisik, maksudnya yaitu kita berusaha membasmi hama yang menjadi pengganggu tanaman dengan cara mengurangi populasi dari hama tersebut. Misalnya dengan menunjukkan hawa panas pada lokasi tanaman, tujuannya yaitu biar hama tersebut merasa tidak nyaman berada pada lokasi tanaman, tapi cara ini harus berada pada lokasi yang tertutup, jadi mungkin sedikit membutuhkan ruang dan daerah khusus. Atau sanggup juga dengan memasang lampu pada lahan atau daerah tanaman, tujuannya yaitu supaya sanggup memonitoring keadaan hama dan serangga, dengan demikian akan sedikit mengurangi populasi dari hama tersebut. Ada juga cara yang sanggup dibilang cukup gampang dan simpel, yaitu dengan menunjukkan tutup atau penghalang menyerupai kelambu, plastik, dan alat lainnya yang tujuannya untuk melindungi tanaman dari serangan hama.

2. Pengendalian hama secara mekanik

Selain dengan cara fisik, menanggulangi hama sanggup juga denga cara mekanik. Adapun tujuan dari pengendalian hama secara mekanik yaitu untuk mengurangi serangan hama pada tanaman. Sebenarnya tujuannya hampir sama dengan cara diatas. Namun cara mekanik ini sanggup dibentuk dengan mudah, menyerupai memasang orang-orangan sawah pada tanaman padi, memasang perangkap menyerupai lem, jaring, dan lain sebagainya, atau dengan cara berburu hama pada dikala malam hari, menyerupai pada tanaman buah-buahan yang diserang kelelawar atau kalong.

3. Pengendalian hama secara biologi


Pengendalian dengan cara biologi ini dilakukan dengan memanfaatkan musuh sebagai penurun populasi hama. Makara cara pengendalian ini tidak perlu memakai campur tangan Kita sebagai manusia, tetapi murni di lakukan oleh alam. Apa contohnya? Contohnya yaitu parasite. Parasite ini mempunyai kelangsungan hidup yang sangat baik, sehingga populasinya sanggup bertahan walaupun populasinya rendah. Contoh lainnya menyerupai predator dan patogen. Jika predator, sanggup melindungi tanaman karenakan mereka selalu memangsa serangga yang akan merusak tanaman yang kita budidayakan. Sedangkan patogen, ia yaitu penyakit yang akan menyerang dan membasmi serangga perusak tanaman.

Itulah beberapa Cara Mengendalikan Hama Pada Tanaman, bahwasanya masih banyak lagi cara-cara dalam membasmi hama pada tanaman, dan masing-masing tanaman tentunya mempunyai perbedaan tersendiri dalam pembasmian hama, tergantung pada jenis hama yang menyerang.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser