-->

Ads1

Bolehkah Aben Jerami Padi Dilahan Sawah?

Bolehkah Aben Jerami Padi Dilahan Sawah?

Bolehkah Aben Jerami Padi Dilahan Sawah?

Pak Tani Harry Bus - Pasca panen padi, biasanya para petani akan membakarnya dilahan sawah mereka. Kebiasaan ini memang sudah menjadi hal yang lumrah dan berlangsung cukup lama. Menurut pendapat mereka bahwa dengan mengkremasi jerami padi dilahan sawah akan menciptakan sawah menjadi subur dan gembur, sehingga sanggup meningkatkan hasil panen padi, serta sanggup dijadikan pupuk alami dari bubuk jerami yang dibakar tersebut. Jika kita bertanya apakah boleh mengkremasi jerami padi dilahan sawah? Jawabannya tergantung diri masing-masing, alasannya ialah yang membolehkan dan melarang mengkremasi jerami padi hanya petani itu sendiri. Tapi bila ingin hal yang baik tentu harus mengetahui terlebih dahulu ada tidaknya efek samping mengkremasi jerami padi ini.

 biasanya para petani akan membakarnya dilahan sawah mereka Bolehkah Membakar Jerami Padi dilahan Sawah?
Gambar jerami padi yang sedang dibakar ( Photo by : Wahyu Hendro Wibowo/admin Pak Tani Harry Bus )


Membakar jerami padi memang akan menciptakan tanah subur, namun ini hanya untuk jangka pendek saja, tidak untuk jangka panjang. Kenapa saya katakan demikian? Hal ini menurut beberapa sumber yang telah kami baca bahwa mengkremasi jerami padi dilahan sawah akan menciptakan tanah justru menjadi keras. Memang menyerupai yang saya katakan tadi bahwa hal ini tidak terjadi dalam waktu yang dekat, tetapi hal ini akan terjadi pada jangka panjang. Tahukah anda apa dampak jelek mengkremasi jerami padi dilahan sawah?

Silahkan baca : Inilah Dampak Buruk Membakar Jerami Padi Dilahan Sawah

Setelah anda membaca artikel diatas tentu anda sudah tahu apa tanggapan dari pertanyaan boleh tidaknya mengkremasi jerami padi dilahan sawah. Kita tentu menginginkan hal yang baik pada sawah yang digarap. Jika tanah keras dan gersang, unsur hara mulai berkurang, maka tanaman padi akan sulit berkembang. Hal itulah yang akan terjadi nanti bila anda sering mengkremasi jerami dilahan sawah secara terus-menerus.

Limbah padi atau jerami padi harus di manfaatkan dengan baik, bila kita melakukannya dengan benar, maka jerami padi akan berfungsi dengan baik. Salah satu manfaat jerami padi ialah sanggup dijadikan sebagai pupuk kompos. Karena kandungan materi organik pada jerami padi cukup banyak dan bermanfaat bagi kesuburan tanah.

Mudah-mudahan isu singkat ihwal pertanyaan boleh tidak mengkremasi jerami padi dilahan sawah ini sanggup bermanfaat bagi anda semua.

 
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser