-->

Ads1

Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Pada Flora Jagung

Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Pada Flora Jagung

Pak Tani Harry Bus - Budidaya jagung memang sanggup dilakukan oleh siapa saja. Menanam jagung memang cukup gampang dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Cukup menebarkan bijinya saja niscaya tumbuh sendiri. Namun kalau ingin sukses budidaya jagung tidak cukup hanya menebarkan bijinya saja, melainkan harus melaksanakan hal-hal lainnya ibarat mengolah lahan, menunjukkan pupuk, menanggulangi gulma, hama dan penyakit. Yang menjadi momok para petani dalam menanam jagung ialah penyakit yang sering menyerang tanaman jagung. Sehingga rata-rata para petani mengalami gagal panen akhir penyakit pada tanaman jagung.

Berbicara problem penyakit pada tanaman jagung, tentu ada diantara kita yang belum tahu apa saja jenis-jenis penyakit yang sering menyerang tanaman jagung dan bagaimana cara menanggulanginya. Karena penyakit yang menyerang tanaman jagung ini sangat merugikan sekali. Akibat dari penyakit yang menyerang tanaman jagung, menimbulkan tanaman menjadi tidak produktif, dan parahnya lagi tanaman jagung akan mati. Nah pada kesempatan kali ini Pak Tani Harry Bus akan membagikan sedikit isu perihal Jenis-Jenis Penyakit Pada Tanaman Jagung. Berikut ini penjelasannya.

tanaman-jagung.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">Budidaya jagung memang sanggup dilakukan oleh siapa saja Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Pada Tanaman Jagungtanaman-jagung.jpg" title="Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Pada Tanaman Jagung" width="400" />

Jenis-Jenis Penyakit Pada Tanaman Jagung


1. Hawar Daun (Helmithosporium turcicum)

Jenis penyakit ini ialah salah satu penyakit yang sering menyerang tanaman jagung. Penyebabnya ialah Helmithosporium turcicum. Penyakit hawar daun ini mempunyai tanda-tanda awal yakni adanya bercak-bercak kecil yang berbentuk oval, kemudian bercak tersebut akan semakin memanjang berbentuk ellips, kemudian berkembang menjadi nekrotik atau (disebut hawar), ciri-ciri warnanya ialah hijau keabu-abuan atau hampir kecoklatan.

2. Busuk Pelepah (Rhizoctonia solani)

Sedangkan penyakit wangi pelepah daun ini ialah penyakit yang sering menyerang pada area pelepah daun yang mana tanda-tanda awalnya ialah terdapat beberapa bercak berwarna agak kemerahan, kemudian bermetamorfosis abu-abu. Jika tidak segera ditangani maka bercak tersebut akan meluas, dan biasanya sering diikuti pembentukan sklerotium yang bentuknya tidak beraturan dan berwarna putih kemudian bermetamorfosis kecoklatan.

3. Penyakit Bulai (Peronosclerospora maydis)

Penyakit bulai pada tanaman jagung merupakan penyakit yang umumnya akan menyerang tanaman jagung. Penyakit bulai ini biasanya menyerang tanaman jagung yang umumnya masih muda yaitu sekitar 1-2 ahad pasca tanam. Akibat penyakit bulai ini akan menciptakan perkembangan jagung terutama pada kepingan tongkol jagung menjadi terhambat. 

4. Busuk Batang

Penyakit wangi batang pada tanaman jagung juga menjadi faktor pemicu gagal panen pada budidaya jagung. Faktor penyebab wangi batang pada tanaman jagung antara lain ialah species atau cendawan yang bermacam-macam jenisnya, ibarat ; Colletotrichum graminearum, Diplodia maydis, Gibberella zeae, Fusarium moniliforme, Macrophomina phaseolina, Pythium apanidermatum, Cephalosporium maydis, Cephalosporium acremonium, dan masih banyak lagi.

5. Karat Daun (Puccinia polysora)

Jenis penyakit pada tanaman jagung selanjutnya ialah Karat Daun atau Puccinia polysora. Ciri-cirinya ialah terdapat banyak bercak berwarna kecoklatan yang apabila tidak segera ditangani sanggup meluas dan mengakibatkan daun menjadi layu dan kering. Jika demikian tentu saja produktivitas tanaman jagung menjadi berkurang.

Begitu banyaknya penyakit yang sanggup menyerang tanaman jagung, lantas bagaimana cara mengendalikan penyakit pada tanaman jagung? Untuk itu silahkan anda baca klarifikasi lengkapnya di artikel yang ada pada link dibawah ini.

Silahkan baca : Cara Mengendalikan Penyakit Pada Tanaman Jagung

Sebenarnya masih banyak lagi Jenis-Jenis Penyakit Pada Tanaman Jagung, mungkin beberapa point diatas ialah penyakit yang sering dan umumnya menyerang tanaman jagung. Mudah-mudahan isu ini sanggup menambah wawasan dan pengetahuan anda semua. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser