-->

Ads1

Cara Agar Tanaman Bayam Tumbuh Subur Dan Berdaun Lebar

Cara Agar Tanaman Bayam Tumbuh Subur Dan Berdaun Lebar

Pak Tani Harry Bus - Budidaya sayuran menyerupai bayam memang sangat gampang dan semua orang sanggup melakukannya. Bayam ialah tanaman jenis sayuran yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Disamping sanggup diolah menjadi sayuran yang menyegarkan, bayam ini juga kaya akan kandungan gizi dan nutrisi penting lainnya. Menanam bayam tidak terlalu sulit, bahkan kalau kita mempunyai benihnya, cukup kita sebarkan di pekarangan saja sudah tumbuh sendiri. Namun meskipun demikian, tetap saja kita harus melaksanakan perawatan biar tanaman bayam yang sudah kita budidayakan sanggup tumbuh subur dan terhidar dari hama penyakit.

Bagaimana cara menanam bayam biar sanggup menghasilkan bayam yang terbaik, mempunyai daun lebar dan hijau subur? Sebenarnya tidak banyak trik supaya bayam sanggup tumbuh subur dan daunnya sanggup lebar-lebar. Kuncinya terletak pada area atau lahan dan juga pupuk. Pupuk untuk tanaman bayam sendiri tidaklah terlalu sulit. Bahkan saya hanya memakai pupuk kandang sebagai pupuk pada tanaman bayam yang sudah saya budidayakan, amun kesudahannya anda sanggup lihat sendiri nanti pada gambar dibawah ini.

budidaya-bayam.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;"> Budidaya sayuran menyerupai bayam memang sangat gampang dan semua orang sanggup melakukannya Cara Supaya Tanaman Bayam Tumbuh Subur dan Berdaun Lebarbudidaya-bayam.jpg" title="Cara Supaya Tanaman Bayam Tumbuh Subur dan Berdaun Lebar" width="640" />
Tanaman bayam tampak subur dan berdaun lebar ( Foto by: Wahyu Hendro W - admin Pak Tani Harry Bus )


Apa sebetulnya rahasianya supaya daun bayam sanggup lebar dan tentunya terhindar dari hama penyakit? Mari ikuti beberapa tips yang saya lakukan untuk mendapat hasil memuaskan dalam budidaya bayam. Dengan sedikit trik dan tips sederhana berikut ini anda akan mempunyai tanaman bayam yang subur, berdaun lebat dan lebar-lebar.

Cara Supaya Tanaman Bayam Tumbuh Subur dan Berdaun Lebar


1. Pemupukan

Kenapa pemupukan disini menjadi faktor penting dan pertama untuk mendapat tanaman bayam yang subur dan berdaun lebar? Jawabannya sangat terperinci bahwa pupuk ialah nutrisi bagi tanaman. Seperti halnya tanaman bayam ini, juga membutuhkan pupuk sebagai penunjang dan pertumbuhannya. Jenis pupuk yang baik untuk tanaman bayam ini bermacam-macam. Mulai dari pupuk organik hingga pupuk an-organik. Kalau saran saya sebaiknya anda memakai pupuk organik, dalam hal ini saya lebih suka memakai kotoran ternak sebagai pupuknya. Cara pemupukannya cukup mudah, silahkan ikuti arahan berikut ini:
  • Pilih kotoran ternak yang sudah kering
  • Pemupkan fase pertama sebelum bayam ditanam sanggup anda lakukan dengan menyebar lahan dengan pupuk kandang.
  • Pemupukan fase kedua sanggup anda lakukan sehabis tanaman bayam mulai tumbuh.

Jadi kunciya ialah pupuk sangat memilih kesuburan tanah dan tanaman bayam yang anda budidayakan. Jika tanah kaya akan kandungan hara, otomatis tanaman akan subur.

2. Penyiraman

Lakukan penyiraman secara rutin pada tanaman bayam, terlebih kalau animo kemarau datang. Penyiraman sanggup dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari. Penyiraman ini bertujuan untuk memperlihatkan pasokan air pada tanaman bayam sebagai nutrisi yang juga penting untuk menunjang pertumbuhan bayam.

3. Basmi hama dan penyakit

Untuk mendapat hasil terbaik dalam budidaya bayam, maka anda juga harus memantau terus tanaman bayam biar tidak hingga tersentuh oleh serangan hama penyakit. Karena biasanya tanaman bayam ini sangat rentan terhadap hama penyakit. Hama yang sering mengganggu tanaman bayam ini ialah ulat grayak yang selalu memakan daun bayam hingga habis. Cegah sebelum daun bayam anda dihabisi hama dan penyakit.

Itulah beberapa Cara Supaya Tanaman Bayam Tumbuh Subur dan Berdaun Lebar. Memang sukup simpel dan mudah, dengan demikian anda tidak perlu lagi kuatir akan keberhasilan budldaya bayam yang anda lakukan. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser