-->

Ads1

Pengertian Unsur Hara Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Unsur Hara Dan Jenis-Jenisnya

Pak Tani Harry Bus - Unsur hara ialah beberapa nutrisi yang sangat penting bagi tanaman yang mencakup unsur hara makro maupun mikro. Kita ketahui bahwa setiap makhluk hidup niscaya membutuhkan makanan dan nutrisi untuk berkembang, begitu pula dengan tanaman juga sangat membutuhkan makanan dan nutrisi untuk sanggup tumbuh dan berkembang secara sempurna. Salah satu unsur penting yang sanggup menimbulkan tanaman subur dan berkembang dengan baik ialah hara. Karena hara yang ada pada tanah akan memperlihatkan nutrisi penuh dan tingkat kesuburan sehingga tanaman sanggup tumbuh dan berkembang dengan baik. Makanya tidak heran jikalau para petani selalu memperlihatkan pupuk baik pra tanam maupun pasca tanam guna memenuhi unsur hara pada tanah dan tanaman.

Dengan memperlihatkan pupuk pada tanaman, maka secara otomatis unsur hara akan terpenuhi dengan baik. Meskipun bekerjsama secara instan unsur hara ini sudah ada dalam tanah, namun jikalau kita ingin sukses dalam pertanian maupun perkebunan, maka harus memperlihatkan nutrisi berupa pupuk. Tetapi kini banyak tanah yang justru semakin tandus dan gersang dari waktu kewaktu. Lalu apa penyebab tanah sanggup menjadi tandus dan gersang sehingga sanggup menciptakan hasil pertanian menjadi turun? Untuk mengetahui wacana hal itu sanggup anda baca pada artikel yang terdapat pada link berikut ini :

Silahkan baca :

 Unsur hara ialah beberapa nutrisi yang sangat penting bagi <b><a href=tanaman yang mencakup unsur h Pengertian Unsur Hara dan Jenis-Jenisnya" border="0" height="336" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjDf_c2EkwshLe1PAIlFZDMMjY3X4QxcJDghKJzzxxbZNVIcmbWFwKEm4NaW3IyqMoxb51C82oVLLY7td9keTrFZZTUutGNcB2RkEyLESbyrvafbhArh6_89lTb-bMPOli_2lJasIKPULI/s400/pengertian-unsur-hara.jpg" title="Pengertian Unsur Hara dan Jenis-Jenisnya" width="400" />

Unsur hara juga dibagi menjadi 2 jenis, yaitu unsur hara makro dan unsur hara mikro. Apa saja yang termasuk unsur hara makro dan apa pula yang terkandung dalam unsur hara mikro? Berikut penjelasannya.

1. Unsur hara makro

Pengertia unsur hara makro ialah unsur hara yang diharapkan tanaman dalam jumlah yang besar, yang mencakup Nnitrogen ( N ), Phosfor ( P ), Kalium ( K ), Magnesium ( Mg), Kalsium ( Ca ), dan juga Sulfur ( S ). Unsur hara makro ini sangat diharapkan oleh tanaman guna pertumbuhan dan perkembangan. Unsur hara makro ini biasanya banyak terdapat pada pupuk anorganik menyerupai pupuk NPK, Urea, dan lain-lain.

2. Unsur hara mikro

Unsur hara mikro ialah unsur hara yang dibuthkan tanaman namun dalam jumlah yang kecil, tetapi meskipun jumlahnya kecil sangat penting sekali untuk proses perkembangan dan pertumbuhan tanaman. Jika tidak ada unsur hara mikro maka tanaman tidak sanggup berbunga dengan sempurna. Adapun yang termasuk dalam unsur hara mikro ini mencakup Natrium (Na), Boron ( B ), Besi atau Ferro ( Fe ), Tembaga ( Cu ), Seng atau Zinc ( Zn ), Molibdenum (Mo), Mangan (Mn), Khlor (Cl), Cobalt (Co), Silicone (Si), Nikel (Ni).

Begitu pentingnya unsur hara ini bagi tanaman, makanya perlu kita jaga tanah supaya tidak menjadi tandus dan gersang, sehingga tanah sanggup terus kita gunakan untuk budidaya tanaman hingga kapanpun. Mudah-mudahan sedikit klarifikasi wacana Pengertian Unsur Hara dan Jenis-jenisnya ini sanggup bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser