-->

Ads1

Cara Menciptakan Pupuk Kocor Secara Alami ( Organik )

Cara Menciptakan Pupuk Kocor Secara Alami ( Organik )

Pak Tani Harry Bus - Membuat pupuk kocor secara alami atau organik merupakan cara yang sangat baik untuk menunjang keberhasilan kita dalam budidaya tanaman. Mengingat kini harga pupuk sudah naik, apalagi pupuk cair justru lebih mahal lagi, namun dengan keadaan ibarat itu kita harus mencari solusinya. Adapun solusinya yakni dengan cara menciptakan pupuk sendiri dirumah, dengan pemberian bahan-bahan alami, maka kita dapat ciptakan pupuk cair berkualitas. Pupuk yang akan kita buat kali ini berjulukan pupuk kocor, sebab pupuk kocor ini yakni pupuk yang ramah lingkungan dan gampang penggunaannya sebab dalam bentuk cair.

Bagaimana cara menciptakan pupuk kocor secara alami? Setelah sebelumnya admin sudah bahas perihal bagaimana pupuk-kocor-secara-kimiawi" target="_blank">cara menciptakan pupuk kocor secara kimiawi, maka kini saatnya kita bahas bagaimana pula cara menciptakan pupuk kocor secara alami, yaitu kita memakai bahan-bahan alami yang tentunya ramah lingkungan. Berikut penjelasannya.

 Membuat <b><a href=pupuk kocor secara alami atau organik merupakan cara yang sangat baik untuk menun Cara Membuat Pupuk Kocor Secara Alami ( Organik )" border="0" height="285" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuX5lH9HpnFIYYVDyY4pMObpBTn_n8uZruQ77y7_dodPGebM8-14jEB_ZyC7NKZbPEwENTXTB4a1FCQjgDpwAec60Kh6hlVa3hBENDha7TuFd6b1rERU6e0TPrmvhwRUZiqpttxicCW8U/s400/Cara-Membuat-Pupuk-Kocor-Secara-Alami-%2528-Organik-%2529.jpg" title="Cara Membuat Pupuk Kocor Secara Alami ( Organik )" width="400" />
Gambar proses pembuatan pupuk kocor alami

Cara Membuat Pupuk Kocor Secara Alami ( Organik )


Sebelum kita menciptakan pupuk kocor alami, ada beberapa materi yang harus kita siapkan, apa saja bahan-bahan tersebut, silahkan anda lihat dibawah ini.

Bahan-bahan : 
  • Tepung yang dibentuk dari daun petai atau lamtoro sebanyak 1 kg.
  • Tepung dari biji kacang panjang sebanyak 1 kg.
  • Urin sapi atau kambing sebanyak 1 liter.
  • Dedak halus sebanyak 3 ons.
  • Gula pasir atau dapat juga gula merah. Jika memakai gula pasir takarannya yakni 10 sdm, dan jikalau memakai gula merah takarannya yakni 2 ons.
  • Terasi atau belacan sebanyak 10 gram.
  • Larutan EM4.
  • Air secukupnya
Cara membuatnya : 
  1. Larutkan gula pasir atau gula merah hingga mencair dengan cara merebusnya dengan air.
  2. Kemudian anda haluskan ( giling / tumbuk ) terasi yang sudah dipersiapkan sebelumnya hingga benar-benar halus.
  3. Lalu selanjutnya masukan semua bahan-bahan diatas kedalam sebuah jerigen berukuran ukuran 20 liter, kecuali larutan EM4.
  4. Setelah itu tambahkan air higienis kedalam jerigen tadi dan aduk-aduk hingga tercampur rata.
  5. Setelah semua materi tercampur rata, kemudian tambahkan larutan EM4 yang sebelumnya sudah disiapkan dan terus aduk kembali hingga semua materi tercampur rata.
  6. Baru kemudian anda tutup jerigen tersebut hingga rapat dan simpan pada daerah teduh selama 2 minggu. Usahakan setiap 3 hari sekali, buka tutup jerigen sebentar kemudian tutup kembali. Hal ini supaya ada udara yang masuk biar membantu proses fermentasi pupuk.
Demikian sedikit klarifikasi perihal Cara Membuat Pupuk Kocor Secara Alami ( Organik ), semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser