-->

Ads1

Manfaat Dan Diam-Diam Bunga Kamboja Dari Bunga Mistis; Sampai Menjadi Komoditas Ekspor

Manfaat Dan Diam-Diam Bunga Kamboja Dari Bunga Mistis; Sampai Menjadi Komoditas Ekspor

Manfaat Dan Diam-Diam Bunga Kamboja Dari Bunga Mistis; Sampai Menjadi Komoditas Ekspor

Manfaat Bunga Kamboja. Jika kita berkesempatan jalan-jalan ke Bali maka akan terlihat pemandangan yang sangat lumrah jikalau bunga kamboja banyak tumbuh dan ditanam disekitar pekarangan rumah warga Bali. Bunga kamboja di Bali sudah usang dimanfaatkan untuk keperluan upacara-upacara adat. Lihat saja di akal-akalan mereka biasanya banyak tergeletak bunga kamboja di tempat-tempat pemujaan dan biasanya diberi tempat dari daun pisang.



Lain di Bali lain pula di Jawa, hanya sebagian kecil masyarakat di Jawa yang memanfaatkan bunga Kamboja untuk keperluan upacara-upacara adat. Kebanyakan bunga kamboja hanya ditanam didaerah makam atau disekitar lingkungan pemakaman. Masih sangat jarang rumah-rumah yang mau menanam bunga kamboja ini lantaran kesan "seram" yang sudah terlanjur ditanamkan pada bawah umur sejak mereka kecil.

Waktu saya tanam bunga kamboja kuning dipekarangan rumah ternyata juga bawah umur pada takut dan kesannya flora bungan kamboja tersebut saya potong, padahal bunganya sudah mulai banyak dan harumnya merebak kemana-mana. Nama-nama bunga ini majemuk dan berbeda pada beberapa tempat menyerupai Bunga Semboja (Jawa), Bunga Jebun (Bali), Bunga Samoja (Sunda), Bunga Lomilate (Gorontalo), Bunga Campaka (Madura), Bunga Pandam (Minangkabau), Bunga Kolosusu (Minahasa), Bunga Capaka Kubu (Tidore).

Potensi bunga Kamboja sebagai "barang daganga" muali terkuak ketika "booming" pengumpulan bunga ini untuk tujuan ekspor. Beberapa negara yang sangat gencar mencari bunga kamboja kering dan menjadi andalan tujuan ekspor antara lain China, Taiwan, Korea Selatan.

Berdasarkan info dilapangan, negara China membutuhkan bungan kamboja kering hingga ribuan ton setiap bulannya dari seluruh dunia. Dan ini belum lagi jikalau ditambah dengan kebutuhan bunga kamboja kering dari negara Taiwan dan Korea Selatan. Benar-benar peluang pasar ekspor yang menjanjikan.

Sebenarnya untuk apa negara-negara tersebut mengimport bunga kamboja kering dari Indonesia? Apa diam-diam yang tersembunyi pada bunga kamboja tersebut.

Ternyata di negara menyerupai Taiwan, China dan Korsel, bunga kamboja kering sudah usang dimanfaatkan untuk kesehatan (obat herbal) dan untuk memenuhi seruan pabrik parfum dinegara tersebut. Bunga kamboja memang kaya akan kandungan emolien dan vitamin E. Selain untuk pengobatan, bunga kamboja juga bermanfaat untuk kecantikan, terutama perawatan kecantikan kulit. Bunga eksotis ini menawarkan sensasi melembabkan, melembutkan, serta menambah nutrisi dan menjaga elastisitas kulit.

Di Taiwan sendiri bunga kamboja sudah usang dimanfaat sebagai teh bunga kamboja, untuk materi baku pabrik minyak wangi dan juga untuk pembuatan obat nyamuk. Kaprikornus dengan kata lain bahwasanya bunga kamboja ini ialah jenis bunga yang sanggup dimakan sebagai sayuran menyerupai halnya bunga yang biasa digunakan untuk pecel yaitu bunga turi, bunga pepaya dan juga untuk kuliner menyerupai jantung pisang. Kaprikornus bagi para penyuka lalapan dan belum pernah mencoba makan bunga kamboja kini saatnya mencoba meski terasa agak gila pada awalnya. Untuk menyamarkan ada baiknya dicampur saja dengan bunga turi dan sayuran lainnya serta dimakan dengan bumbu pecel, dijamin nikmat.

Apa saja bahwasanya manfaat kesehatan dari bunga Kamboja?
Ternyata bunga kamboja menyimpan diam-diam sebagai obat herbal yang ampuh untuk aneka macam penyakit. Berikut beberapa manfaat bunga Kamboja dalam pengobatan Tradisional, tetapi sebelumnya perlu juga diketahui bahwa tiap-tiap cuilan pohon kamboja mempunyai kandungan kimia dan manfaat yang khas.

Bagian Batang:
Pada cuilan batang pohon kamboja terdapat getah putih yang mengandung kautscuk, damar, senyawa triterpenoid amytin, senyawa sejenis karet,dan lupeol.

Khusus pada kulit batang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit lantaran infeksi dan dan pecah-pecah pada telapak kaki. Batang juga mengandung senyawa plumeirid, yakni senyawa glikosida sebagai racun. Karena bersifat racun, sanggup mematikan kuman. Hindari dari mata lantaran sanggup mengakibatkan kebutaan.

Bagian Bunga:
Bunga kamboja kering sanggup dimanfaatkan sebagai teh untuk mencegah rematik atau asam urat , meredakan batuk, mengurangi demam, memperlancar keluar air seni, menahan pingsan lantaran hawa panas meredakan berak lantaran disentri, dan meredakan sembelit . Dan wangi bunga kamboja sanggup digunakan sebagai materi adonan obat nyamuk, sabun, dan minyak wangi.

Getah Kamboja
Berdasarkan penelitian, getah kamboja mengandung antiseptik yang sanggup mengurangi rasa gatal di antara jari kaki yang disebabkan lantaran bakteri air dan sejenisnya. Hati-hati penggunaan getah kamboja lantaran bersifat racun terutama jangan hingga terkena mata.

Cara Pemakaian Bagian-bagian Pohon Bunga Kamboja Untuk Pengobatan:  

Akar Pohon Kamboja untuk Mengobati Penyakit Kelamin Kencing Nanah (Gonorrhea)

Penyakit kencing nanah biasa menjangkiti mereka yang mempunyai sikap sexual tidak bersih. Kebiasaan "jajan" ditempat-tempat prostitusi dan juga sering berganti-ganti pasangan ialah mereka yang sangat rentan terjangkit penyakit GO ini.

Untuk mengobati penyakit kencing nanah caranya sebagai berikut:
  • Ambil 1 potong akar pohon kamboja (secukupnya) lalu basuh hingga bersih. Rebus potongan akar tersebut hingga mendidih dengan memakai 2 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum ramuan akar kamboja ini satu kali sehari satu gelas. Lakukan secara rutin hingga penyakitnya berkurang/sembuh.
Pencegahan penyakit kencing nanah: Jangan pernah mengunjungi tempat prostitusi dan berganti-ganti pasangan/melakukan sex bebas.

Getah Pohon Kamboja untuk obat alami Gigi berlubang

  • Ambil getah pohon kamboja, bias diserap menggukan kapas, lalu kapas yang sudah terdapat getah kamboja tersebut tempelkan atau masukkan dalam lubang pada gigi yang sakit lantaran berlubang tersebut selama beberapa saat.

Getah Pohon Kamboja Ampuh menghilangkan Tahi Lalat dan Kutil
  • Cara penggunaannya ialah sebagai berikut: Ambil getah kamboja memakai kapas, lalu tempelkan pada tahi lalat atau kutil. Diamkan beberapa usang hingga getah mengering. Lakukan secara rutin hingga tahi lalat dan kutil menghilang lenyap tak berbekas.
Daun dan Getah Pohon Kamboja untuk Mengatasi Bisul dan Borok
  • Cara pertama memakai daun kamboja dan minyak kelapa. Daun kamboja dilemaskan dan diolesi dengan minyak kelapa, lalu ditempelkan pada cuilan badan yang ditumbuhi bisul. Setelah kering ganti dengan daun yang lain. Cara kedua, memakai getah pohon kamboja. Ambil getah kamboja eksklusif dari pohonnya dan dioleskan pada cuilan badan yang ditumbuhi bisul.
Kulit Pohon Kamboja untuk Obat Alami Bengkak-bengkak

  • Cara mengobati cuilan badan yang infeksi ialah dengan kulit pohon kamboja. Caranya, ambil 1 sirap kulit pohon kamboja lalu ditumbuk hingga halus. Rebus dengan setengah cerek air hingga mendidih. Air tersebut digunakan untuk merendam cuilan badan yang infeksi jikalau memungkinkan. Jika tidak, gunakan untuk mengompres.
Mengobati Patek, Puru (Frambusia)
  • Caranya, ambil 2 Sirap kulit kamboja, lalu ditumbuk halus dan direbus dengan 1 cerek air hingga mendidih. Air tersebut digunakan untuk mandi dan menggosok cuilan badan yang luka.
Getah Bunga Kamboja ialah Antibiotika Alami
Seperti diketahui, getah kamboja mempunyai sifat beracun sehingga dihentikan kena mata. Getah Bunga Kamboja mengandung alkaloid, tanin, flavonoid, dan tripterpenoid dan pada getahnya mengandung tripternoid pentaksiklik yang bersifat racun. Karena sifatnya racun dan mematikan maka getah kamboja dengan takaran yang sempurna sanggup dimanfaatkan sebagai obat antibiotik.

Manfaat Pohon Bunga Kamboja Sebagai Pohon Penghijauan
Pohon bunga kamboja mempunyai sifat yang sangat gampang tumbuh. Cara memperbanyakpun juga sangat mudah. Kita sanggup memperbanyak pohon kamboja hanya dengan memakai batang pohon kamboja yang sudah agak renta atau yang sudah renta sekalian. Caranya potong batang pohon kamboja sekitar 30 - 50 cm dan tanam pada pot atau polybag yang sudah diisi dengan tanah humus yang subur. Lakukan penyiraman secara rutin tiap pagi dan sore maka dalam beberapa hari akan tumbuh tunas.

Pohon kamboja sangat bagus untuk penghijauan di pinggir-pinggir jalan terutama digang-gang perumahan lantaran pohon ini juga sanggup tumbuh besar dan dengan batangnya yang besar sanggup nampak indah sebagai hiasan jalan. Pohon ini juga tahan kering sehingga tidak gampang mati ketika kemarau panjang. Cobalah tanam pohon kamboja disepanjang gang perumahan anda dan nikmati keindahannya. Dan jikalau anda sanggup mengumpulkan bunga kamboja kering hingga puluhan atau ratusan kilo maka peluang bisnis ada ditangan anda. Bagaimana cara menjualnya? Silahkan anda tanyakan ke Google dengan keywords "jual beli bunga kamboja kering" maka akan muncul nama-nama perusahaan dan perorangan yang bergerak dalam bidang ini. Silahkan teliti dan pilih yang paling bonafit atau meyakinkan biar terhindar dari penipuan.

Silahkan sebarkan dan bagikan artikel ini jikalau bermanfaat. Terima kasih.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser