-->

Ads1

Inilah Beberapa Manfaat Jerami Padi Yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Beberapa Manfaat Jerami Padi Yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Beberapa Manfaat Jerami Padi Yang Perlu Anda Ketahui

Pak Tani Harry Bus - Tahukah anda apa itu Jerami? Jika selama ini sering kita mendengar kata jerami, biasanya hal itu berafiliasi dengan tanaman padi. Ya..memang jerami ini merupakan salah satu limbah dari hasil pertanian menyerupai padi ini. Adapun pengertian dari jerami ini sebagaimana dikutip dari wikipedia, Jerami ialah hasil samping perjuangan pertanian yang berupa tangkai dan batang tanaman jenis serealia yang telah kering, sehabis biji-bijiannya dipisahkan. Makara maksudnya ialah bahwa jerami ini sama dengan limbah pertanian tanaman serealia, salah satunya ialah tanaman padi.

Biasanya pasca panen padi, para petani padi akan memanfaatkan jerami padi ini untuk beberapa keperluan, menyerupai pakan ternak, menciptakan pupuk kompos, dan lain-lain. Tapi ada juga sebagian petani yang kurang pemahaman ihwal manfaat jerami padi ini, sehingga mereka banyak yang membuang atau bahkan membakarnya, padahal kalau diteliti manfaat memperabukan jerami padi itu tidak ada, bahkan akan memperburuk keadaan tanah atau lahan sawah. Membakar jerami padi akan mengurangi kandungan unsur hara pada tanah, bahkan kalau terlalu sering membakarnya eksklusif dilahan sawah, akan menjadikan tanah menjadi keras dan tandus.

Apakah ada manfaat jerami padi ini? Kalau kita berbicara problem manfaat atau kegunaan jerami padi tentu saja banyak sekali. Maka dari itu disini Pak Tani Harry Bus akan membagikan gosip dan pengetahuan kepada anda semua apa saja manfaat jerami padi.

Mari sama-sama kita simak klarifikasi ihwal manfaat atau kegunaan dari jerami padi, mudah-mudahan nanti dengan adanya gosip ini sanggup menambah wawasan kita semua betapa pentingnya ilmu pengetahuan ini.

 Jika selama ini sering kita mendengar kata jerami Inilah Beberapa Manfaat Jerami Padi Yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa Manfaat Jerami Padi


1. Jerami padi bermanfaat untuk pakan ternak

Mungkin hal ini sudah sering kita dengar dan ketahui bahwa manfaat jerami padi ini sanggup untuk pakan ternak, menyerupai sapi. Jika trend panen padi sedang berlangsung, maka para peternak menyerupai ternak sapi, maka ini merupakan hal yang sangat menggembirakan bagi mereka sebab akan lebih gampang mencari pakan ternak. Seperti kebiasaan masyarakat kawasan kami, mereka akan beramai-ramai mengumpulkan jerami padi untuk pakan ternak mereka, biasanya mereka akan eksklusif memperlihatkan pada ternak, atau mereka keringkan terlebih dahulu untuk kemudian diberikan pada binatang ternak. Manfaat jerami padi untuk pakan ternak ini juga sangat baik sebab beberapa kandungan nutrisi dan gizi pada jerami padi sangat baik untuk ternak.

2. Manfaat jerami padi untuk pupuk

Pernahkah anda mendengar kalau jerami padi sanggup dibentuk pupuk kompos? Perlu anda ketahui bahwa limbah dari padi ini bersama-sama sanggup dimanfaatkan sebagai materi utama pembuatan pupuk kompos. Salah satunya manfaat jerami padi ini ialah sanggup dibentuk pupuk Bokashi. Bagaimana cara menciptakan pupuk bokashi dari jerami padi ini? Silahkan baca penjelasannya pada link dibawah ini.
pupuk-bokashi-organik-dari">Cara Membuat Pupuk Bokashi Organik Dari Jerami Padi

3. Manfaat jerami padi untuk atap gubuk

Tidak hanya bermanfaat untuk pakan ternak dan pupuk saja, ternyata manfaat jerami padi ini juga sanggup dipakai untuk menciptakan atap gubuk. Biasanya para petani akan memanfaatkan jerami padi untuk menciptakan atap atau menutupi gubuk mereka diladang. Dengan demikian akan menciptakan gubuk mereka menjadi lebih sejuk dan nyaman.

4. Manfaat jerami padi untuk pengganti plastik mulsa

Plastik mulsa merupakan salah satu alat untuk membantu meningkatkan hasil pertanian yang fungsinya menutupi lahan pertanian, terutama pada bedengan tanaman semoga kondisi tanah tetap terjadi kesuburannya. Tidak hanya itu, manfaat penggunaan plastik mulsa untuk tanaman ini juga bertujuan supaya tanaman terhindar dari gulma atau rumput liar, sehingga pemupukan atau dukungan nutrisi pada tanaman sempurna sasaran. Namun kalau anda tidak mempunyai cukup biaya untuk membeli plastik mulsa ini, ada juga sanggup memanfaatkan jerami padi untuk pengganti mulsa. Bahkan manfaat jerami padi ini kalau dipakai sebagai mulsa, akan menyuburkan tanah dan menciptakan hasil pertanian anda semakin baik, ramah lingkungan, dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Itulah Beberapa Manfaat Jerami Padi Yang Perlu Anda Ketahui, mudah-mudahan gosip ini bermanfaat dan sanggup menambah ilmu dan wawasan anda semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser