-->

Ads1

Tips Mengatasi Hama Penyakit Pada Flora Gambas

Tips Mengatasi Hama Penyakit Pada Flora Gambas

Pak Tani Harry Bus - Mengatasi Hama dan Penyakit pada tanaman merupakan hal yang masuk akal dilakukan kalau kita melaksanakan budidaya tanaman. Karena biasanya dalam melaksanakan budidaya tanaman, niscaya problem yang dihadapi yakni hama dan penyakit. Seperti halnya tanaman gambas, tentu akan mengalami problem menyerupai terserang hama dan penyakit.

Gambas atau biasa juga disebut oyong, dalam bahasa latinnya ( Luffa acutangula ) yakni salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan masyarakat. Pembudidayaan gambas sanggup dilakukan dikebun atau pekarangan, juga lebih baik kalau ada lahan yang luas. Tanaman gambas ini mempunyai masa panen yang singkat dan cepat. Gambas biasanya akan dijadikan sayuran dan tentunya mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi.

Didalam melaksanakan budidaya gambas, sudah tentu hal yang menjadi problem yakni adanya serangan hama dan penyakit. Hama dan penyakit pada tanaman gambas ini biasanya akan menyerang pada daun gambas. Contoh hama tanaman gambas ini seperti, kumbang daun, ulat grayak, lalat buah, dan sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini Harry Bus akan share sedikit info wacana bagaimana cara mengatasi hama penyakit pada tanaman gambas.
Silahkan Baca Juga : tanaman-gambas-tidak-optimal" target="_blank">Penyebab Tanaman Gambas Tidak Optimal


Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Gambas


1. Lakukan Penyemprotan Hama dan Penyakit
Agar tanaman gambas terhindar dari hama dan penyakit, langkah yang harus anda lakukan yakni menyemprot atau membasmi hama penyakit dengan produk pembasmi hama dan penyakit. Anda sanggup membeli ditoko pertanian sudah banyak yang menjualnya.

Untuk Hama jenis Kumbang Daun

tanaman-gambas.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;">tanaman-gambas.jpg" width="400" />
Hama Kumbang Daun Pada Tanaman Gambas
Hama kumbang daun ini biasanya akan menyerang cuilan daun dari tanaman gambas. Tanda-tandanya yakni daun akan berlubang, awalnyasedikit dan lama-lama menjadi banyak. Jika tidak segera ditanggulangi maka sanggup mengakibatkan tanaman gambas menjadi tidak maksimal dalam pertumbuhan dan menghasilkan buah.

Cara menanggulanginya :
  • Dengan cara kimiawi : yaitu melaksanakan penyemprotan dengan insektisida, menyerupai Decis 2, EC atau sanggup juga yang 500 EC. Pemakaian sanggup dilakukan sesuai tawaran dalam kemasan.
  • Dengan cara non-kimiawi : yaitu dengan cara mengatur waktu tanam serempak dan pergiliran ( rotasi ) tanaman dengan tanaman lain yang bukan inang utama kumbang. ( sumber dari ruangtani.com).
2. Rajin Memberi Nutrisi Bagi Tanaman Gambas
Agar tanaman kebal terhadap hama dan penyakit, maka rajinlah anda beri nutrisi pada tanaman gambas. Untuk nutrisi yang baik anda sanggup cari ditoko pertanian niscaya sudah banyak yang menjualnya. Dengan menawarkan nutrisi tersebut, maka tanaman akan lebih tahan terhadap hama dan penyakit.

3. Berikan Perawatan Intensif
Langkah yang harus anda lakukan biar tanaman gambas tidak diserang oleh hama dan penyakit yakni dengan merawatnya secara intensif. Jangan setengah-setengah dalam menanam gambas kalau ingin mendapat hasil yang baik.

Mungkin ketiga hal diatas kalau anda terapkan dengan baik, maka tanaman gambas anda tidak akan diserang hama dan penyakit. Mudah-mudahan info ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser