-->

Ads1

Tips Budidaya Cabai Di Area Persawahan

Tips Budidaya Cabai Di Area Persawahan

Pak Tani Harry Bus - Budidaya cabai untuk mendapat hasil maksimal sebetulnya gampang untuk dilakukan kalau kita paham dan mengerti bagaimana tehniknya. Salah satunya menanam cabai disawah. Sebagaimana yang kita tahu bahwa cabai merupakan salah satu komoditas pertanian yang mempunyai prospek besar kalau dikembangkan dengan baik. Karena permintaan konsumsi cabai ini semakin meningkat. Buktinya dari hasil survei dipasar-pasar tradisional pertanda bahwa rata-rata 80 % orang belanja kepasar niscaya akan membeli cabe. Memang cabai merupakan salah satu bumbu dapur yang berfungsi untuk menunjukkan rasa pedas. Bahkan konsumsi cabai yang nantinya akan dijadikan sambal ini semakin meningkat.

Untuk memenuhi kebutuhan cabai tersebut, maka banyak kini petani yang beralih ke budidaya cabe. Menanam cabe, baik itu cabai merah, cabai hijau, atau cabai rawit mempunyai tehnik yang berbeda-beda. Setiap orang atau para petani cabai pastinya mempunyai tehnik budidaya cabai tersendiri. Namun mau bagaimana pun sebetulnya menanam cabai hampir sama. Yang dibutuhkan yakni skil atau keahlian, baik dari segi pengolahan lahan cabe, penanaman cabe, perawatan tanaman cabe, hingga pemupukan cabe, sehingga kalau kita mempunyai setidaknya kemampuan tersebut, maka hasil panen yang diperoleh akan baik.

Berbicara persoalan budidaya cabe, tentu anda sudah pernah mendengar budidaya cabai dengan metode mulsa. Memang keunggulan menanam cabai dengan plastik mulsa sangat baik dan menguntungkan. Banyak manfaat yang diperoleh dari budidaya cabai memakai plastik mulsa ini, sehingga menciptakan para petani banyak yang menggunakannya.
Silahkan Baca budidaya-cabai-menggunakan" target="_blank">Manfaat Budidaya Cabe Menggunakan Plastik Mulsa
Selain memakai metode mulsa, budidaya cabai juga bisa dilakukan secara hidroponik. Apa itu hidroponik dalam pertanian? Hidroponik merupakan cara budidaya dengan memanfaatkan air sebagai media tanamnya. Kaprikornus menanam tanaman memakai tehnik hidroponik ini sangat gampang dan simpel, namun hasilnya bisa maksimal dibanding memakai metode yang lain. 
Baca Juga budidaya-cabai-menggunakan" target="_blank">Keunggulan Bercocok Tanam Hidroponik
Bagi anda yang mau mencoba budidaya cabai secara hidroponik, bisa anda baca budidaya-cabai-menggunakan" target="_blank">Tips Budidaya Cabe Merah Secara Hidroponik. Melakukan pembudidayaan cabe, diharapkan kesabaran dan ketelitian, alasannya yakni kalau kita tidak sabar dan teliti, maka bisa saja hasilnya tidak akan maksimal. Banyak metode yang bisa dipakai untuk memaksimalkan tanaman cabe. Sehingga apabila metode yang dipakai benar, maka hasil panen cabai akan meningkat. 

Namun yang menjadi hambatan para petani yakni apabila demam isu kemarau datang. Jika kemarau sudah datang, maka banyak para petani yang gagal panen cabe. Karena budidaya cabai dimusim kemarau memang sangat menyulitkan. Jika kita tidak tahu tehniknya maka bisa jadi tidak panen cabe, kesudahannya kita akan rugi.
Silahkan Baca budidaya-cabai-menggunakan" target="_blank">Tips Meningkatkan  Hasil Panen Cabe Dimusim Kemarau.

Oke kembali pada topik kita kali ini yakni persoalan budidaya cabai diarea persawahan. Menanam cabai bisa dilakukan dimana saja asalkan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Salah satunya yakni menanam cabai dilahan sawah. Jika anda mempunyai lahan persawahan yang kosong, anda bisa tanami cabe. Untuk tahu bagaimana cara menanam cabai disawah silahkan ikuti tipsnya dibawah ini.
budidaya-cabe-dilahan-persawahan.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;"> Budidaya cabai untuk mendapat hasil maksimal sebetulnya gampang untuk dilakukan kalau kita Tips Budidaya Cabe Di Area Persawahanbudidaya-cabe-dilahan-persawahan.jpg" title="Tips Budidaya Cabe Di Area Persawahan" />
Budidaya cabai dilahan persawahan : Foto Pribadi Wahyu Hendro Wibowo ( Pak Tani Harry Bus )

Tips Budidaya Cabe Di Area Persawahan


  1. Sebelum anda menanam cabai disawah, sebaiknya anda lakukan pembajakan terlebih dahulu. Yaitu dengan menggemburkan dan membolak-balikkan tanah supaya menjadi gembur. Setelah tanah dipersawahan menjadi gembur, selanjutnya yakni menciptakan gundukan atau bedengan.
  2. Dalam menciptakan bedengan ini, anda bisa memakai alat ibarat cangkul. Lakukan pembedengan dengan metode memanjang, ibarat pada gambar yang ada di atas.
  3. Setelah tamat menciptakan bedengan, langkah selanjutnya yakni menyemai biji cabe. Dalam menyemai biji cabai ini, anda bisa melakukannya dengan satu kawasan saja. Untuk menambah wawasan anda bagaimana menyemai biji cabe, silahkan baca budidaya-cabai-menggunakan" target="_blank">Tips Sederhana Menyemai Biji Cabe Agar Cepat Tumbuh.
  4. Setelah biji disemaikan, tunggu hingga tumbuh dan siap tanam. Setelah benih siap tanam, maka silahkan anda tanamkan pada lahan persawahan yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  5. Lakukan perawatan intensif pada tanaman cabai yang sudah anda tanam. Karena budidaya cabai dilahan persawahan berbeda dengan menaman cabai didataran tinggi. Kaprikornus anda harus berilmu dalam merawatnya. Pemupukan juga harus dilakukan dengan benar supaya pertumbuhan cabe sanggup maksimal.

Mungkin itu saja Tips Budidaya Cabe Di Area Persawahan kali ini, mudah-mudahan sedikitnya sanggup menambah wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser