-->

Ads1

Tehnik Menanam Hidroponik Dengan Sitem Wick

Tehnik Menanam Hidroponik Dengan Sitem Wick

Tehnik Menanam Hidroponik Dengan Sitem Wick

Tehnik Bercocok Tanam Hidroponik Dengan Sitem Wick - Budidaya pertanian menjadi aktivitas yang menyenangkan kalau dilakukan dengan sistem yang baik dan benar. Karena kalau dilakukan dengan metode yang tepat, tentu hasil panen akan maksimal. Akhir-akhir ini sistem budidaya pertanian maupun perkebunan menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat, pasalnya laba yang diperoleh dari budidaya pertanian maupun perkebunan sangat menggiurkan. Apalagi kini sedang hangat-hangatnya budidaya tanaman dengan Metode Hidroponik. Sistem tanaman hidroponik ini tidak membutuhkan lahan yang luas, bahkan anda yang tidak mempunyai pekarangan luas pun sanggup bercocok tanam, baik sayuran, buah-buahan, dan sejenisnya.

Berbicara dilema tanaman Hidroponik ini, mungkin bagi anda yang masih awam tentu tidak tahu apa itu metode hidroponik dan bagaimana sistem kerjanya. Cara menanam hidroponik ini mempunyai banyak tehnik yang sanggup digunakan, dari yang sederhana hingga yang canggih sanggup anda lakukan, dari yang hanya memakai barang bekas hingga dengan memakai green house dan teknologi sempurna guna yang lain dengan tujuan untuk mendukung pertumbuhan tanaman yang dibudidayakan. Pada postingan sebelumnya admin sudah share wacana apa itu hidroponik dan segala keunggulannya. Pada kesempatan kali ini Harry Bus akan membagikan pula suatu tehnik menanam hidroponik yaitu dengan Sistem Wick.

Perlu anda ketahui bahwa tehnik menanam hidroponik dengan sistem wick ini sangatlah gampang dan sederhana. Sistem wick atau sanggup juga dikenal dengan sistem sumbu ini sanggup dilakukan bagi anda yang gres pertama mencar ilmu menanam dengan tehnik hidroponik. Karena alat dan materi yang digunakan cukup sederhana dan gampang dijumpai disekitar kita, menyerupai botol aqua bekas, sumbu kompor, sekam padi, dan lain-lain, nanti anda sanggup simak bagaimana cara menanam hidroponik dengan sistem wick ini. Yang terperinci anda sanggup tahu bagaimana menanam hidroponik dengan sistem wick, anda juga tahu bagaimana cara menanam sayuran hidroponik sistem wick, cara menanam buah-buahan hidroponik sitem wick, dan sebagainya. Intinya menanama hidroponik ini sama dengan cara menanam hidroponik dengan botol bekas.

Tehnik Bercocok Tanam Hidroponik Dengan Sitem Wick Tehnik Menanam Hidroponik Dengan Sitem Wick
Contoh tehnik menanam hidroponik sistem wick

Tehnik Menanam Hidroponik Dengan Sistem Wick


Tehnik bercocok tanam hidroponik yang paling gampang serta murah yakni dengan memakai sistem wick. Dengan memakai sistem wick ini kita sanggup menggunakandan memanfaatkan banyak sekali macam barang bekas menyerupai botol minuman mineral. Bahkan bagi pemula yang ingin bercocok tanam dengan metode hidroponik ini sangat disarankan memakai botol bekas minuman mineral tersebut, alasannya disamping mudah, biaya yang dikeuarkan juga sedikit. Nah untuk bertanam hidroponik dengan sistem wick ini silahkan anda persiapkan bahan-bahan berikut ini:
  • Botol bekas air minum mineral yang 1,5 - 2 literan.
  • Solder untuk menciptakan lubang.
  • Gunting untuk digunakan sebagai pemotong
  • Sekam padi yang sudah dibakar ( untuk media tanam pengganti tanah ).
  • Pupuk hidroponik atau Nutrisi hidroponik, biasanya yang sering digunakan yakni Nutrisi Hidroponik AB Mix.
  • Kain flanel atau sumbu kompor juga bisa.

Adapun Langkah-langkah untuk menanam hidroponik dengan sistem wick ini sanggup anda simak dibawah ini :
  1. Silahkan anda potong botol bekas air mineral tadi menjadi 2 bab memakai gunting yang sudah dipersiapkan.
  2. Setelah itu anda buat lubang dengan memakai solder, lubang ini digunakan sebagai daerah pembuangan air apabila nutrisi tanaman berlebih dan sekaligus digunakan sebagai rongga udara untuk akar tanaman.
  3. Selain itu, anda juga harus buat beberapa lubang pada tutup botol air mineral tersebut, khusus bab tengah tutup botol anda buat lubang yang besar seukuran kain flanel atau sumbu kompor yang nantinya digunakan untuk memasukkan kain flanel tersebut. Tujuan santunan kain flanel atau sumbu kompor iniadalah untuk menyalurkan nutrisi atau pupuk dari bawah botol ketanaman.
  4. Setelah semua materi siap dibuat, tinggal anda tanamkan bibit tanaman yang sudah anda persiapkan.
  5. Terakhir anda isikan air nutrisi hidroponik kedalam wadah pecahan bekas air mineral bab bawah. Kalau sanggup anda usahakan untuk menyesuaikan standar PH air dan PPM air sesuai dengan jenis tanaman.

Demikianlah sedikit klarifikasi wacana Tehnik Menanam Hidroponik Dengan Sitem Wick, mudah-mudahan sanggup menginspirasi anda dan menambah wawasan anda dibidang pertanian.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser