-->

Ads1

Tips Paling Ampuh Budidaya Kelapa Sawit Cepat Sukses

Tips Paling Ampuh Budidaya Kelapa Sawit Cepat Sukses

Pak Tani Harry Bus - Kelapa sawit merupakan salah satu tanaman penghasil minyak. Budidaya kelapa sawit sudah berkembang semenjak usang dan kini semakin maju, buktinya kini banyak dibuka pabrik-pabrik industri kelapa sawit. Perkebunan kelapa sawit termasuk salah satu komoditas yang menyumbangkan pendapatan negara cukup besar.

Budidaya kelapa sawit mempunyai prospek yang cukup baik, apalagi ditambah pengelolaan dan sistem perawatan yang baik akan menambah nilai plus dari budidaya kelapa sawit ini. Namun untuk mendapat hasil yang memuaskan, perlu adanya kerja keras dan ilmu yang dimiliki guna menyebarkan tanaman kelapa sawit menjadi baik. Banyak cara yang sanggup kita lakukan biar budidaya kelapa sawit yang kita lakukan sanggup berhasil.
 Kelapa sawit merupakan salah satu <b><a href=tanaman penghasil minyak Tips Paling Ampuh Budidaya Kelapa Sawit Cepat Sukses" border="0" height="257" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiY_yKQr6eKQ2Fye2NHZlQR_fmxRJTa8BP54THYOcbi3mivuB1a_PTQFe3purJwvvcbGUFscu-hTw_A4nrigjWOhzohKprjnFChdFSTuPi-56WR0Up1ZqhfBupNx-rkH53EWshF9qCB3lQ/s400/sawit+mantap.jpg" title="Tips Paling Ampuh Budidaya Kelapa Sawit Cepat Sukses" width="400" />
Perkebunan Kelapa Sawit

Untuk sanggup mendapat hasil yang maksimal dalam budidaya kelapa sawit, perlu beberapa persiapan dan bekal ilmu pengetahuan perihal budidaya kelapa sawit ini. Jika anda tidak mempunyai modal dan bekal tersebut, maka impian untuk mendapat hasil panen kelapa sawit yang berkualitas tidak akan terwujud. Untuk itu disini saya akan membagikan sedikit gosip perihal Tips Paling Ampuh Budidaya Kelapa Sawit Cepat Sukses yang saya dapatkan dari beberapa sumber yang saya baca dan juga bertanya kepada narasumberyang telah sukses dalam budidaya kelapa sawit.

Tips Paling Ampuh Budidaya Kelapa Sawit Cepat Sukses


1. Pemilihan Benih atau Bibit

Agar sukses dalam budidaya kelapa sawit, yang perlu anda persiapkan pertama yakni benih atau bibit kelapa sawit. Dalam menentukan bibit kelapa sawit harus anda lakukan secara benar dan tapat, jangan hingga salah menentukan bibit kelapa sawit. Untuk mengetahui bagaimana menentukan bibit kelapa sawit yang baik dan benar, silahkan baca juga artikel saya perihal Tips Memilih Bibit Kelapa Sawit Yang Baik Dan Benar.

2. Menyiapkan Lahan

Setelah proses pemilihan bibit sudah anda lakukan, langka selanjutnya yakni menyiapkan lahan untuk menanam. Persiapan lahan sangat tergantung pada area perkebunan yang akan anda ditanami. Ada beberapa jenis area yang sanggup anda gunakan untuk lokasi ideal penanaman kelapa sawit, Contohnya ibarat lahan yang gres dibuka pada area hutan primer dan sekunder, atau lahan yang ditumbuhi ilalang maupun semak belukar. Selain itu, ada pula jenis lahan konversi yang mana lahan tersebut merupakan lahan yang pernah dipakai sebelumnya untuk perkebunan tanaman jenis lain

3. Proses Penanaman Kelapa Sawit

Dalam proses penanaman kelapa sawit ada beberapa tahap persiapan penanaman yang sangat penting dan akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan produksi buah kelapa sawit itu sendiri. Salah satunya yakni tahap pengajiran, yang merupakan tahap yang sangat penting untuk menentukan jarak tanam antar pohon kelapa sawit. Pengajiran dilakukan dengan sistem jarak tanam segitiga sama sisi berukuran 9 x 9 x 9 meter dengan populasi 143 pohon setiap hektarnya. Selain itu, anda juga sanggup menerapkan jarak 9,5 x 9,5 x 9,5 meter dengan populasi per hektar sekitar 128 pohon. 

4. Perawatan

Dalam proses budidaya kelapa sawit, peratana yakni hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jika anda ingin hasil budidaya kelapa sawit behasil, maka jangan acuhkan poin ini yaitu perawatan. Pokok sawit yang gres ditanam dan masih awal akan mengalami banyak problem, ibarat gulma, hama dan penyakit, dan sebagainya. Maka dari itu perawatan menjadi alasan penting dalam budidaya kelapa sawit cepat sukses.

5. Pemupukan

Untuk mendapat hasil maksimal dalam budidaya kelapa sawit, maka proses pemupukan harus dilakukan secara bertahap. Pupuk yang dipakai sebaiknya pupuk organik biar hasil buah anggun dan berkualitas, selain itu dengan memakai pupuk organik, tanah tidak akan menjadi rusak dan undu hara tanah tetap terjaga.
Baca Juga : Jenis Pupuk Untuk Kelapa Sawit Yang Baik dan Berkualitas

6. Panen

Setelah pohon sawit berumur sekitar 2,5 hingga 3 tahun, akan mulai berbuah pasir. Terus lakukan perawatan dan pemupukan secara terjadwal biar pertumbuhan pohon sawit tetap terjaga. Bersihkan pelepah sawit yang sudah banyak dan menggangu pertumbuhan buah.

Itulah beberapa Tips Budidaya Kelapa Sawit Yang Benar, mudah-mudahan sanggup menambah wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser