-->

Ads1

Tips Ampuh Budidaya Cabe Keriting Untuk Hasil Maksimal

Tips Ampuh Budidaya Cabe Keriting Untuk Hasil Maksimal

Tips Ampuh Budidaya Cabe Keriting Untuk Hasil Maksimal

Tips Ampuh Budidaya Cabai Keriting Untuk Hasil Maksimal  - Pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana Tips Ampuh Budidaya Cabai Keriting Untuk Hasil Maksimal. Budidaya cabe merupakan acara yang sangat menyenangkan bagi saya pribadi, apalagi kalau sudah melihat balasannya yang luar biasa mantap. Namun untuk mendapat hasil yang berkualitas dan unggul, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Karena membudidayakan cabe ini butuh ketelitian dan ketekunan, baik dari segi perawatannya, pemupukannya, dan proses penanaman juga harus benar.

Dibawah ini merupakan foto tanaman cabai keriting yang berhasil dibudidayakan dan memperoleh hasil maksimal.
Tips Ampuh Budidaya Cabai Keriting Untuk Hasil Maksimal Tips Ampuh Budidaya Cabai Keriting Untuk Hasil Maksimal
Tanaman cabe yang baik ( foto pribadi oleh wahyu hendro wibowo )


Tips Ampuh Budidaya Cabai Keriting Untuk Hasil Maksimal Tips Ampuh Budidaya Cabai Keriting Untuk Hasil Maksimal
cabai keriting yang tampak hijau dan subur ( foto oleh wahyu hendro wibowo )

Tips Ampuh Budidaya Cabai Keriting Untuk Hasil Maksimal Tips Ampuh Budidaya Cabai Keriting Untuk Hasil Maksimal
Tanaman cabe sudah sanggup dipanen ( foto pribadi wahyu hendro wibowo )
Bagaimana sesudah anda melihat foto dari tanaman cabai tersebut? Pasti anda juga ingin mempunyai tanaman cabai ibarat itu. Jika anda menerapkan tips dari saya ini maka anda pun juga sanggup mempunyai tanaman cabai yang berkualitas ibarat itu. Nah berikut ini merupakan tips yang sanggup anda lakukan untuk budidaya cabai keriting supaya mendapat hasil maksimal.


1. Memilih bibit
Dalam menentukan bibit cabai, kalau anda mempunyai keuangan yang baik, maka belilah bibit yang unggul dan bersertifikat. Namun kalau modal anda tidak mencukupi maka pilihlah bibit cabe pribadi dari pokok tanaman cabai yang terbaik dan unggul. Adapun kriteria bibit cabe yang baik dari pokoknya pribadi adalah:
  1. Pokok cabe mempunyai batang yang besar kuat.
  2. Daunnya mempunyai bentuk yang besar dan hijau.
  3. Buahnya atau cabainya besar-besar dan keras.
  4. Tidak mempunyai cacat batang atau daun, dan terbebas dari penyakit.
2. Memilih lahan
Dalam menentukan lahan untuk budidaya cabai keriting juga harus diperhatikan tingkat kesuburannya. Apabila tidak ada lahan yang subur, alternatifnya ialah dengan menawarkan pupuk dasar pada tanah atau lahan tersebut. Dengan cara membajak dan menggemburkannya, ditambah pupuk yang bagus, maka juga akan menghasilkan cabe yang bagus.

- Pembibitan
Dalam pembibitan cabai, lakukan dengan cara menyemai biji cabe yang sudah anda persiapkan. Taburkan bibit kedalam lahan pembibitan dan tutup dengan alang-alang supaya tidak dimakan hewan atau burung. Setelah kira-kira bibit tumbuh dan siap tanam, segera pindahkan kelahan yang sudah dibentuk bedengan.
  • Penanaman cabai
Sebelum menanam bibit cabe sebaiknya beri pupuk dasar terlebih dahulu. Menanam cabe sebetulnya cukup mudah, tanam pada setiap lubang di bedengan yang anda buat. Usahakan jarak tanam antara 50 - 60 cm disetiap pokoknya dan jangan terlalu dekat. Satu lubang tanam satu atau dua bibit.
  • Perawatan
Lakukan perawatan intensif terhadap tanaman cabai tersebut, alasannya tanaman cabai rentan terhadap hama dan penyakit. Lakukan penyemprotan hama secara rutin, kalau saya biasa memakai Imidastar 200 SL untuk membasmi hama dan penyakit pada tanaman cabai yang saya tanam. Memang tak diragukan lagi bahwa Keunggulan Imidastar 200 SL ini sangat luar biasa. Selain melaksanakan penyemprotan hama dan penyakit, juga harus anda lakukan penyiraman rutin terutama pada animo kemarau. Bersihkan juga gulma yang tumbuh disekitar tanaman supaya tidak menggangu pertumbuhan cabai.
  • Pemupukan
Untuk mendapat hasil maksimal tentu melaksanakan pemupukan ialah hal wajib yang harus anda lakukan. Untuk jenis pupuknya sendiri saya biasa memakai pupuk NPK mutiara, ZA, KCL, TSP, dan PONSKA. 

Itulah beberapa  Tips Ampuh Budidaya Cabai Keriting Untuk Hasil Maksimal  yang sanggup saya bagikan kepada anda. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser