-->

Ads1

Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses

Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses

Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses

Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses - Lengkuas yakni tanaman berbentuk umbi-umbian yang sanggup tumbuh didataran tinggi maupun rendah. Lengkuas merupakan tumbuhan yang banyak mempunyai manfaat bagi badan kita. Lengkuas dipercaya sanggup mengobati banyak sekali macam penyakit, alasannya yakni didalam lengkuas terkandung senyawa-senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain untuk obat, lengkuas juga sanggup dimanfaatkan untuk materi embel-embel pada bumbu masakan. Jika tidak ada lengkuas dalam bumbu kuliner khususnya kuliner berkuah atau gulai, maka rasanya ada yang kurang.

umbian yang sanggup tumbuh didataran tinggi maupun rendah Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses
lengkuas ( Alpinia galanga )

Lengkuas atau orang jawa menyebutnya laos, dan dalam bahasa latin disebut ( Alpinia galanga ) merupakan salah satu dari banyak tanaman umbi-umbian yang mempunyai banyak manfaat dan gampang kita dapatkan. Jika anda pergi kepasar-pasar sudah niscaya akan menjumpai orang yang menjual lengkuas ini. Perlu anda tahu bahwa sebetulnya budidaya lengkuas ini sanggup menghasilkan laba lho. Cara menanamnya pun terbilang mudah, namun walaupun gampang jangan disepelekan lho. Ada tips dan Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses.
umbian yang sanggup tumbuh didataran tinggi maupun rendah Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses
gambar lengkuas yang tumbuh subur ( foto pribadi wahyu hendro wibowo )
umbian yang sanggup tumbuh didataran tinggi maupun rendah Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses
gambar lengkuas yang tumbuh subur ( foto pribadi wahyu hendro wibowo )

Pada postingan kali ini saya akan memperlihatkan tips dan Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses yang sanggup anda coba sendiri. Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses

1. Siapkan lahan
Sebelum memulai menanam lengkuas ini maka siapkan dulu lahan yang akan ditanami lengkuas. Lahan yang akan ditanami yakni lahan yang mempunyai tingkat kesuburan baik, tidak persoalan apakah didataran tinggi atau dataran rendah yang penting lahan tersebut mempunyai tingkat kesuburan yang cukup baik.

2. Pengolahan lahan
Setelah didapat lahan yang cocok, langkah selanjutnya yakni mengolah lahan yang akan ditanami lengkuas. Caranya dengan membajak atau menciptakan bedengan supaya tanah menjadi gembur. Setelah tanah olah dan menjadi gembur, maka diamkan dulu selama kurang lebih satu atau dua ahad supaya senyawa-senyawa racun dalam tanah hilang.

3. Memilih bibit lengkuas
Dalam menentukan bibit lengkuas sebaiknya anda lakukan dengan mengambil pribadi dari tanaman lengkuas yang berkualitas dan telah mempunyai catatan panen terbaik. Jangan anda beli bibit dari pasar alasannya yakni anda tidak tahu seluk beluknya. Bisa jadi bibit dari pasar itu tidak mempunyai kualitas yang baik, jadi lebih baik anda pilih sendiri dari tanamannya langsung.

4. Penyemaian
Setelah mendapat bibitnya, langkah selanjutnya yaitu menyemaikan bibit lengkuas. Caranya dengan menyemaikan dengan daerah khusus yang diberi sekam padi. Hingga tumbuh tunas disetiap pecahan lengkuas.

5. Proses penanaman
Setelah mendapat bibit terbaik, langkah selanjutnya yakni menanam pada lahan yang sudah dipersiapkan. Cara menanamnya cukup sederhana sekali, yaitu dengan membenamkan bibit lengkuas pada lubang yang telah dibentuk pada lahan, kemudian timbun kembali dengan tanah. Beri pagar supaya tidak diganggu binatang dan binatang peliharaan. Selanjutnya tinggal dirawat dengan baik, jangan lupa beri pupuk dan siram secara rutin. 

Demikianlah sedikit tips dari saya ihwal bagaimana Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser