-->

Ads1

Peranan Bokashi Terhadap Tanaman

Peranan Bokashi Terhadap Tanaman

Peranan Bokashi Terhadap Tanaman


Pupuk organik dengan susunannya yang kompleks selain menambah kandungan unsur hara di dalarn tanah juga berfungsi untuk memperbaiki struktur tanah. Penerapan teknologi Effective Microorganisme (EM4) merupakan suatu teknologi alternatif yang menunjukkan peluang seluas - luasnya untuk meningkatkan dan menjaga stabilitas produksi tanaman pertanian. Hasil fermentasi materi organik dengan inokulan EM4, disebut dengan Bokashi.

Bokashi merupakan hasil fermentasi materi organik (jerami, arang, sekam, gulma, sisa tanaman yang tidak berkhasiat sampah pasar dan lain - lain) dengan menerapkan teknologi EM4.

Bokashi sangat berkhasiat bagi petani sebagai sumber pupuk organik yang siap pakai dalam waktu singkat. Petani padi, palawija, sayur, bunga dan buah sangat banyak mernerlukan pupuk organik, sehingga bokashi sanggup merupakan kunci keberhasilan produksi pertanian dengan biaya murah.

Senyawa organik yang terkandung dalam bokashi lebih cepat tersedia dan gampang diserap oleh perakaran tanaman pada lahan yang diberi bokashi dibanding yang diberi pupuk organik biasa. Senyawa fosfat umumnya tidak larut didalam tanah, sehingga sulit tersedia bagi tanaman. Dengan kontribusi EM4, senyawa fosfat yang ada di dalam tanah sanggup dilarutkan, sehingga menjadi tersedia bagi tanaman. Dengan demikian, kontribusi EM4, sanggup meningkatkan ketersediaan fosfat bagi tanaman.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser