-->

Ads1

Cara Gampang Dan Ampuh Membasmi Hama Dan Penyakit Tanaman Sawi

Cara Gampang Dan Ampuh Membasmi Hama Dan Penyakit Tanaman Sawi

Cara Gampang Dan Ampuh Membasmi Hama Dan Penyakit Tanaman Sawi

Hai gan .... pada suka sawi tidak ... Sawi ialah tanaman sayuran yang banyak di gemari dikalangan masyarakat. sawi sanggup di olah menjadi aneka macam kuliner ibarat tumis sawi, sayur bening bahkan bakso mie ayampun biasanya pakai sawi. Tapi gan dalam budidaya sawi juga punya musuh utama yakni HPT alias Hama dan Penyakit Tanaman Sawi. siapa yang ingin tanaman sawinya yang segar dan hijau menjadi rusak bahkan mati kan sayang. Tapi jangan takut, Pada postingan kali ini saya akan mengembangkan Pengalaman perihal Cara Praktis dan Ampuh Membasmi Hama dan Penyakit Tanaman Sawi.


Berikut ini ialah hama yang sering menyerang tanaman sawi dan cara mengatasinya :

1. Ulat Tanah (Agrotis sp)
Ulat Tanah ini biasa menyerang akar tanaman sawi sehingga tanaman menjadi layu menguning dan bahkan tanaman akan mati.
Pencegahan biar tanaman tidak di serang hama Ulat Tanah atau Agrotis sp ini ialah dengan menjaga kebersihan lahan sekitar tanaman dan sanitasi.
Cara mengatasi jikalau tanaman sudah terjangkit hama Ulat Tanah atau Agrotis sp ini ialah dengan penyemprotan insektisida dengan takaran takaran tertentu.

2. Ulat grayak (Spodoptera litura dan Spodoptera axigua)
Ulat Grayak ini biasa menyerang daun tanaman sawi. Tanaman sawi yang terjangkit hama Ulat grayak ditandai dengan kondisi daun berlubang, menguning dan bab daun tidak beraturan.
Pencegahan biar tanaman tidak di serang hama Ulat Grayak ini ialah dengan menjaga kebersihan lahan sekitar tanaman dan sanitasi.
Cara mengatasi jikalau tanaman sudah terjangkit hama Ulat Grayak ini ialah dengan penyemprotan insektisida ibarat Curacron 500 Ec, Buldok 25 EC dan Matador 25 Ec dengan takaran takaran tertentu.

3. Ulat perusak daun (Plutella xylostella)
Pencegahan biar tanaman tidak di serang hama Ulat perusak daun atau Plutella xylostella ini ialah dengan menjaga kebersihan lahan sekitar tanaman dan sanitasi.
dari namanya sudah pasi kita tau hama ini menyerang daun sawi. ulat perusak daun sawi ini sanggup menjadikan daun sawi berlubang-lubang, permukaan daun rusak dan bahkan kering.
Cara mengatasi jikalau tanaman sawi sudah terjangkit hama Ulat perusak daun atau Plutella xylostella ini ialah dengan penyemprotan insektisida ibarat Proclaim 5 SG, Decis, Buldok 25 EC dan March 50 EC.

Berikut ini ialah penyakit yang sering menyerang tanaman sawi dan cara mengatasinya:

1. Penyakit Bercak Daun
Kondisi daun tanaman sawi yeng terjangkit penyakit ini ditandai dengan bercak kuning pada daun sampai coklat kehitaman bahkan sanggup menjadikan daun layu dan mati.
Pencegahan biar tanaman tidak terjangkit penyakit Bercak Daun ini ialah dengan menjaga kebersihan lahan sekitar tanaman dan sanitasi.
Cara mengatasi jikalau tanaman sawi sudah terjangkit penyakit Bercak Daun ini ialah dengan penyemprotan tanaman sawi memakai fungisida berbahan aktif berupa Bion M 1/ 48 WP.

2. Penyakit Busuk alternaria
Kondisi tanaman sawi yeng terjangkit penyakit ini ditandai dengan akar tanaman kering, membusuk dan sawi akan mati.
Pencegahan biar tanaman tidak terjangkit penyakit Busuk alternaria ini ialah dengan menjaga kebersihan lahan sekitar tanaman dan sanitasi.
Cara mengatasi jikalau tanaman sawi sudah terjangkit penyakit Busuk alternaria ini ialah dengan penyemprotan tanaman sawi memakai fungisida ibarat Dithane dengan takaran tertentu.

3. Penyakit akar gada (Plasmodiophora brassicae)
Kondisi tanaman sawi yeng terjangkit penyakit ini ditandai dengan akar tanaman sawi membusuk, kering dan menjadikan sawi mati.
Pencegahan biar tanaman tidak terjangkit Penyakit akar gada ini ialah dengan menjaga kebersihan lahan sekitar tanaman dan sanitasi.

4. Penyakit anyir daun (Phytotora sp)
Kondisi tanaman sawi yeng terjangkit penyakit ini ditandai dengan terdapat lendir pada daun lalu daun menguning dan akan mati.
Pencegahan biar tanaman tidak terjangkit Penyakit anyir daun atau Phytotora sp ini ialah dengan menjaga kebersihan lahan sekitar tanaman dan sanitasi.
Cara mengatasi jikalau tanaman sawi sudah terjangkit penyakit Penyakit anyir daun atau Phytotora sp ini ialah melaksanakan penyemprotan fungisida ibarat Topsin M 70 WB dan Kocide 60 WDG dan Bion M 1/48 Wp pada tanaman sawi dengan takaran tertentu.

Nah gan kini udah pada taukan hama dan penyakit apasaja yang sering menyerang tanaman sawi dan bagai mana mengatasinya. cukup sekian untuk postingan kali semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser