-->

Ads1

Mengenal Jenis-Jenis Pestisida

Mengenal Jenis-Jenis Pestisida

Mengenal Jenis-Jenis Pestisida

Pak Tani Harry Bus - Pengertian Pestisida ialah bahan-bahan yang mengandung zat kimia yang berfungsi untuk memberantas hama maupun penyakit pada tumbuhan. Defenisi lain dari pestisida sebagaimana di kutip dari www.dictio.id menyampaikan bahwa Pestisida berasal dari dua suku kata yaitu pest (=pengganggu) dan cide (= racun). Makara maksudnya pestisida ialah semua zat atau adonan zat yang khusus berfungsi untuk mengendalikan serangga pengganggu, hewan pengerat, nematoda, jamur, gulma (rumput liar), virus, basil dan jasad renik lain yang terdapat pada insan dan binatang, termasuk semua zat yang dipakai untuk mengatur pertumbuhan tanaman atau pengering hasil pertanian.

Ada banyak jenis-jenis pestisida yang kita kenal dan sering dipakai oleh para petani, pada postingan kali ini Harry Bus akan membuatkan warta wacana jenis-jenis pestisida. Berikut ini klarifikasi singkatnya.

bahan yang mengandung zat kimia yang berfungsi untuk memberantas hama maupun penyakit pada Mengenal Jenis-Jenis Pestisida

Jenis-Jenis Pestisida


1. Insektisida


Pernahkan anda mendengar kata insktisida? Insektisida ialah sejenis pestisida yang berfungsi khusus untuk memberantas serangga, menyerupai ulat, walang sangit, kutu daun, dan jenis serangga pengganggu lainnya. Adapun teladan insektisida yang sering dipakai di antaranya: tiodan, diazinon, propoksur, basmion, basudin,  diklorovinil dimetil fosfat, timbel arsenat, dan magnesium fluorosilikat.

2. Herbisida


Selain insektisida ada juga Herbisida, apa itu herbisida? Herbisida ialah sejenis pestisida yang berkhasiat untuk mencegah atau memberantas gulma atau rumput liar pengganggu tanaman budidaya. Adapun teladan gulma ini menyerupai alang-alang, rumput teki, eceng gondok dan lain sebagainya. Adapun teladan herbisida yang sering dipakai para petani di antaranya: glifosat, gramoxone, totacol, pentakloro fenol, dan amonium sulfonat.
Baca juga: Pengertian Herbisida dan Contohnya

3. Fungisida


Jenis pestisida selanjutnya bernaman fungisida. Fungisida ialah jenis pestisida yang berfungsi untuk membasmi dan memberantas jamur (fungi). Adapun teladan fungisida yang sering dipakai petani menyerupai timbel (I) oksida, carbendazim, tembaga oksiklorida, dan juga natrium dikromat.

4. Nematisida


Jenis pestisida yang selanjutnya berjulukan nematisida, bila Nematisida ialah jenis pestisida yang berkhasiat untuk memberantas hama cacing. Dimana hama cacing ini ialah caing yang suka merusak akar atau umbi pada tanaman. Sedangkan teladan nematisida yang banyak dipakai ialah oksamil dan natrium metam.

5.  Rodentisida


Jenis pestisida yang ini bernaman rodentisida, Rodentisida yaitu sejenis pestisida yang berfunsi untuk memberantas hewan pengerat menyerupai tikus. Adapun teladan rodentisida yang juga banyak dipakai petani ialah klerat, racumin, RatTropik, dan lain-lain.

Itulah Jenis-Jenis Pestisida yang sering dipakai dalam bidang pertanian maupun perkebunan, agar warta ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser