-->

Ads1

Inilah Jenis Penyakit Pada Tanaman Buah Melon Yang Harus Di Waspadai

Inilah Jenis Penyakit Pada Tanaman Buah Melon Yang Harus Di Waspadai

Pak Tani Harry Bus - Halo sahabat tani semuanya, sudah usang rasanya admin tidak posting artikel di blog ini. Ya itu semua dikarenakan kesibukan admin sehingga tidak ada waktu untuk ngeblog. Namun pada kesempatan kali ini admin luangkan waktu untuk menulis artikel terbaru perihal penyakit pada tanaman melon. Anda semua tentu sudah membaca pada artikel sebelumnya yakni hama yang sering menyerang tanaman melon, nah kemaren kan belum sempat admin bahas jenis penyakit pada tanaman melon, jadi kali ini akan admin bahas.

Kalau kita berbicara perihal buah melon, tentu ingin rasanya kita merasakan kesejukan buah melon, apalagi jikalau dibentuk minuman segar. Memang buah melon ini sangat banyak dipakai untuk banyak sekali minuman segar. Terlebih pada ketika bulan puasa, maka kebutuhan buah melon menjadi banyak. Ini kesempatan bagi anda yang ingin sukses budidaya melon dan menghasilkan laba besar. Namun yang menjadi permaslahan yakni maraknya wabah penyakit yang sering menjangkit tanaman buah melon ini. Ya namanya juga tanaman buah sudah niscaya ada hama dan penyakit yang selalu mengintai. Salah satunya yakni penyakit yang merupakan momok bagi petani melon. Sebenarnya ada banyak jenis penyakit yang suka menjadikan buah melon busuk dan gagal panen. Berikut klarifikasi ringkasnya.


tanaman-buah">Jenis Penyakit Pada Tanaman Buah Melon Yang Harus Di Waspadai


1. Penyakit Antraknosa

Penyakit yang sering menyerang tanaman melon yakni penyakit antraknosa, yang mana penyakit antraknosa yakni salah satu jenis penyakit yang paling sering menyerang tanaman melon. Tahukah andabahwa penyakit antrakanosa ini ternyata dibawa oleh virus yang berjulukan Collectorichum lagenarium. Adapun tanda-tanda yang akan terjadi akhir penyakit ini yakni munculnya bercak-bercak berwarna cokelat. Jika tidak segera diatasi akan menjadikan kita gagal panen.


2. Penyakit Busuk Buah

Jenis penyakit selanjutnya yang juga sering menyerang buah melon yakni penyakit busuk buah. Adapun penyebab dari penyakit busuk buah ini yakni virus Phytophtora nicotianae. Bagian tanaman melon yang menjadi target yakni penggalan batang, daun, dan buah. Sedangkan tanda-tanda yang akan muncul jikalau penyakit busuk buah ini menyerang pada penggalan batang melon yakni akan terlihat bercak berwarna cokelat pada batang tanaman melon.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser