-->

Ads1

Inilah Hama Penyakit Tanaman Melon Yang Perlu Diketahui

Inilah Hama Penyakit Tanaman Melon Yang Perlu Diketahui

Pak Tani Harry Bus - Hama Penyakit Tanaman (HPT) yaitu sumber duduk masalah bagi para petani. Kenapa dikatakan sumber masalah? Karana hama dan penyakit pada tanaman sanggup menjadikan kerusakan fatal bagi tanaman, sehingga jikalau tidak segera dilakukan penanganan akan menciptakan petani gagal panen. Sudah menjadi hal yang lumrah jikalau setiap tanaman budidaya ada hama dan penyakitnya, menyerupai halnya pada tanaman melon juga tak luput dari gangguan hama penyakit. Lalu apa saja jenis hama dan penyakit pada tanaman melon? Pada kesempatan kali ini Pak Tani Harry Bus akan membagikan gosip seputar Hama Panyakit Tanaman Melon.


tanaman-melon-yang">Hama Penyakit Tanaman Melon


Hama


1. Ulat Grayak
Hama yang sering menyerang tanaman melon yang pertama yaitu ulat grayak. Hama ini akan menyerang bab daun tanaman melon secara kompak atau bersama dengan jumlah yang tidak mengecewakan banyak. Hama ulat grayak ini biasanya akan mulai menyerang pada malam hari. Adapun cara mengendalikannya yaitu dengan melaksanakan penyemprotan memakai insektisida berbahan aktif sipermetrin, deltametrin, profenofos, klorpirifos, metomil, kartophidroklorida, dan sanggup juga dimehipo dengan hukum takaran sesuai petunjuk yang ada pada bungkus/kemasan.

2. Hama Ulat Tanah
Hama ulat tanah ini akan menyerang tanaman melon pada ketika malam hari, sehabis matahari muncul maka beliau akan bersembunyi di dalam tanah, jikalau kita memakai plastik mulsa maka ulat ini akan sembunyi di balik plastik mulsa. Bagian tanaman yang sering diserang hama ulat tanah ini yaitu batang tanaman yang masih muda. Hama ini akan memotong bab batang yang muda, makanya di namakan juga dengan ulat pemotong. Adapun cara pengendalian hama ulat tanah pada tanaman melon yaitu dengan memperlihatkan insektisida yang berbahan aktif karbofuran sebanyak 1 gram di setiap lubang tanam melon.

3. Hama Ulat Buah
Hama yang menyerang tanaman melon selanjutnya yaitu ulat buah. Hama ini menyerang melon dengan cara memakannya dan melubangi. Cara mengendalikan hama ulat buah pada buah melon yaitu dengan cara menyemprotkan cairan insektisida berbahan aktif sipermetrin, deltametrin, profenofos, klorpirifos, metomil, kartophidroklorida, dan dimehipo. Untuk ukuran atau takaran yaitu sesuai petunjuk yang ada pada kemasan.

Untuk mengenali jenis penyakit pada tanaman melon sanggup anda baca pada artikel selanjutnya yang sudah admin tulis pada link berikut ini.

Silahkan baca : tanaman-melon-yang" target="_blank">Inilah Penyakit Utama Pada Tanaman Melon

Itulah sedikit gosip perihal tanaman-melon-yang">Hama Penyakit Tanaman Melon Yang Perlu Diketahui, biar bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser