-->

Ads1

Cara Gampang Menciptakan Hormon Tanaman Unggul

Cara Gampang Menciptakan Hormon Tanaman Unggul

Cara Gampang Menciptakan Hormon Tanaman Unggul

CARA MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR PEMACU TUMBUH ZPT ORGANIKSobat tani semua kali ini saya akan membagikan cara membuat pupuk organik cair pemacu tumbuh. Sebelum melangkah ketahap selanjutnya, juragan tani tarus mengetahui pengertian dari pupuk organik cair pemacu tumbuh terlebih dahulu. Pupuk organik cair pematu tumbuh atau biasa saya sebut POCPT adalah salah satu jenis pupuk organik yang dibentuk sedemikian rupa dengan tujuan untuk memacu pertumbuhan tanaman. Sebenarnya POCPT ini merupakan hasil kombinasi antara pupuk organik biasa dengan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh).
Pupuk ini merupakan hasil ekstraksi dari potongan bagian flora yang diduga banyak mengandung auksin, dan giberelin sehingga diharapkan sesudah diberikan perlakuan POCPT ini flora akan terpacu untuk tumbuh baik batang, tunas, maupun akarnya. Pupuk POCPT ini dipakai pada ketika tumbuhan masih dalam fase pertumbuhan vegetatif.
 

Langsung saja tanpa basa-basi lagi siapkan alat dan materi yang dibutuhkan yaitu1.       akar-akaran tanaman( saya memakai akar tumbuhan yang banyak mengandung Rhizoma( akar lamtoro, akar turi, akar kumis kucing)2.       taoge 0,5kg. taoge yaitu sumber auksin.3.       Daun-daunan hijau boleh pakai kangkung, enceng gondok rekomendasi pakai daun lamtoro yang banyak mengandung Nitrogen 2kg4.       Yakult 2 botol sebagai sumber mikroorganisme. Boleh memakai EM-45.       Gula 0,25 kg. boleh memakai madu atau tetes tebu tergantung kondisi keuangan Juragan Tani semua.6.       Alat yang diharapkan : blander, pisau, daerah inkubasi berupa bejana dengan epilog rapat kapasitas 10liter, saringan memakai pakaian bekas untuk menyaring pupuk sesudah jadi.
Cara pembuatan
  • Siapkan niat yang membara. Karena bila tidak ada niat tak akan terlaksana
  • Potong kecil-kecil semua materi yang akan digunakan
  • Blander semua materi sampai benar-benar halus
  • Masukkan semua materi pada daerah inkubasi
  • Masukkan air sebanyak 8 liter pada bejana inkubasi.
  • Aduk sampai merata
  • Cairkan gula dan campurkan pada tabung inkubasi.
  • Berikan yakult 2 botol pada tabung inkubasi.
  • Mix atau aduk sampai merata atau homogeny
  • Tutup rapat-rapat.
Setelah itu semua telah dilakukan juragan tani boleh istirahat terlebih dahulu boleh sambal ngopi atau ngeteh tapi juragan tani g boleh merokok ya. Haram hukumnya! HhehehPada hari ke-3, hari ke-5, dan hari ke-7 lakukan pembukaan ( hati-hati dalam membuka dapat meledak) pada fase ini organisme akan menghasilkan CO2 yang tinggi. Setelah dibuka aduk sekitar 5 menit dan biarkan terbuka selama setengah jam lalu tutup rapat kembali.Pembukaan selanjutnya dilakukan pembukaan pada hari ke 15-21 bila sudah tidak timbul amis yang menyengat berarti pupuk organik cair pemacu tumbuh siap digunakan. Jangan lupa saring terlebih dahulu. Ampas yang dihasilkan dapat dipakai sebagai pupuk organik. Dosis yang dipakai 1:10 yang berarti 1liter POCPT untuk 10Liter air. Dan dipakai untuk menyiram tumbuhan 1 ahad sekali.Catatan untuk juragan tani boleh memodifikasi cara pembuatan dengan apapun terserah juragan tani semua. Tidak boleh memakai dalam takaran tinggi alasannya akan menyababkan kematian. Saya pernah menyirmkan pupuk pada tumbuhan Tin saya tanpa ada pengenceran 3 hari lalu tumbuhan layu dan kering pada satu ahad sesudah siram 

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser