-->

Ads1

Penanganan Awal Pohon Jambu Madu Yang Daunnya Rusak Parah Jawaban Hama

Penanganan Awal Pohon Jambu Madu Yang Daunnya Rusak Parah Jawaban Hama

Penanganan Awal Pohon Jambu Madu Yang Daunnya Rusak Parah Jawaban Hama

Pak Tani Harry Bus - Daun jambu madu yang rusak akan berdampak jelek bagi perkembangan jambu itu sendiri. Akibatnya bisa saja pohon jambu tidak sanggup berbuah, kalaupun berbuah hanya sedikit dan ujung-ujungnya gagal, rontok dan lain sebagainya. Penyebab utama daun jambu air atau jambu madu ini rusak atau berlubang yakni hama kecil menyerupai kepik, atau bisa juga disebut kepik daun. Jika anda selama ini menerka bahwa penyebab daun jambu banyak berlubang yakni ulat, ternyata anda salah. Karena saya telah menelitinya secara pribadi pada malam hari bahwa bukan hama ulat yang menciptakan daun jambu air ini berlubang, melainkan hama kepik daun yang bekerjsama jumlahnya tidak terlalu banyak namun bisa menghabiskan seluruh daun jambu kita.

Untuk memastikan bahwa hama yang menyebabkan daun jambu anda rusak berlubang-lubang, silahkan anda lihat pada malam hari. Karena pada pohon jambu saya tidak pernah saya jumpai satu ekorpun ulat, maka rasa ingin tau tersebut menciptakan saya keluar rumah malam hari untuk memastikannya dan ternyata memang benar bukan hama ulat yang menyerang daun jambu tetapi hama menyerupai kepik.

 Daun jambu madu yang rusak akan berdampak jelek bagi perkembangan jambu itu sendiri Penanganan Awal Pohon Jambu Madu Yang Daunnya Rusak Parah Akibat Hama


Lalu apa langkah awal untuk mengatasi atau menangani pohon jambu yang sudah rusak parah tersebut? Berikut ini Pak Tani Harry Bus akan meberikan solusinya kepada anda semua. Makara silahkan baca terus hingga habis artikel ini dan jangan lupa untuk berkomentar bila artikel ini bermanfaat.


Penanganan Awal Pohon Jambu Madu Yang Daunnya Rusak Parah


1. Memangkas ranting dan daun

Langkah pertama untuk mengembalikan atau memulihkan daun jambu madu atau jambu air yang sudah rusak parah akhir hama tadi yakni dengan melaksanakan pemangkasan ranting, cabang dan daun pohon jambu ini. Dengan kita melaksanakan pemangkasan ranting, cabang dan daun jambu akan menciptakan tunas-tunas gres nanti. Manfaat pemangkasan ranting, cabang dan daun pada tanaman juga sanggup menciptakan tanaman lebih sehat dan cepat berbuah.


2. Menggemburkan tanah kembali

Setelah pemangkasan ranting, cabang dan daun selesai, langkah selanjutnya yakni kita gemburkan kembali tanah yang ada pada pot atau disekililing tanaman bila anda tidak menanamnya dalam pot. Penggemburan tanah ini berfungsi untuk mengaktifkan kembali tanah yang mati. Manfaat penggemburan tanah pada tanaman ini juga untuk menyuburkan kembali tanah, serta menciptakan tanaman menjadi sehat.


3. Merbersihkan gulma

Selain itu kita juga harus membersihkan gulma yang tumbuh disekitar tanaman jambu, semoga tidak mengganggu proses pertumbuhan tanaman. Selain itu dengan adanya gulma, pemupukan yang kita lakukan tidak akan maksimal dan justru malah menciptakan gulma yang subur.


4. Memberikan pupuk kembali

Setelah penggemburan tanah final kita lakukan, langkah selanjutnya yakni menawarkan pupuk pada tanaman jambu tersebut. Untuk jenis pupuknya terserah anda mau memakai jenis pupuk apa. Kalau saya biasa memakai pupuk NPK Mutiara. Untuk dosisnya pada tanaman yang ada dalam pot, saya menawarkan 1 genggam pupuk NPK Mutiara.

Baca juga : Manfaat Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman


5. Menyiram tanaman

Setelah pemupukan selesai, sebaiknya pribadi anda siram semoga pupuk cepat larut. Jika perlu anda kocorkan dahulu pupuk NPK nya gres siramkan pada tanaman. Karena manfaat pupuk kocor ini sangat manis sekali untuk pertumbuhan tanaman.

Itulah beberapa tahap Penanganan Awal Pohon Jambu Madu Yang Daunnya Rusak Parah. Jangan lupa sesudah tunas-tunas gampang mulai tumbuh anda harus semprot dengan insektisida semoga tidak lagi diserang hama. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser