-->

Ads1

Mengenal Jenis-Jenis Mulsa Dalam Pertanian

Mengenal Jenis-Jenis Mulsa Dalam Pertanian

Pak Tani Harry Bus - Mulsa yakni material epilog tanaman budidaya yang fungsinya untuk menjaga kelembaban tanah sehingga air tanah tidak cepat kering. Perbedaan tanaman yang diberi media mulsa dengan tanaman yang tidak diberi mulsa sangat jauh sekali. Tanaman yang memakai mulsa akan mengalami penguapan air tanah dan air hujan hanya sekitar 10 persen, sedangkan tanaman yang tidak memakai mulsa akan mengalami penguapan air tanah dan air hujan 80 persen. Cukup banyak bukan perbedaannya, makanya banyak petani yang memakai mulsa sebagai epilog tanah pada tanaman. Untuk jenis-jenis mulsa ini sendiri ada beberapa jenis yang sering dipakai petani.

Perlu anda ketahui bahwa jenis-jenis mulsa dalam pertanian dibedakan menjadi 2 macam, yaitu mulsa organik dan mulsa anorganik. Bagi anda yang awam dan gres pertama kali mendengar mulsa mungkin merasa galau apa bekerjsama manfaat dan kegunaan mulsa ini dalam budidaya tanaman. Tanaman yang seringkali diberi media mulsa yakni cabai. Ada banyak keunggulan penggunaan mulsa pada tanaman cabai ini, jikalau anda tertarik silahkan baca penjelasannya pada artikel berikut:

Silahkan baca : Keunggulan Menanam Cabai Menggunakan Mulsa

Kembali pada topik artikel kali ini yaitu jenis-jenis mulsa pertanian yang sanggup diterapkan dalam budidaya tanaman. Yuk baca klarifikasi ringkasnya berikut ini.

 Mulsa yakni material epilog <b><a href=tanaman budidaya yang fungsinya untuk menjaga kelembaban ta Mengenal Jenis-Jenis Mulsa Dalam Pertanian" border="0" data-original-height="768" data-original-width="1024" height="480" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjj8g0zUPkbx9VY137qxNsoGZK469pmx3bFZzd8tCecWFb0O-YCjkKzpL49j-OvbmeT0fxWnYWW6E7sv0ZMClURtGjp10Ei3_ts_cHOAsbrVkbQbpSffjOlQw4j1YGHEmqjEaGog3k1lf0/s640/mulsa+plastik.jpg" title="Mengenal Jenis-Jenis Mulsa Dalam Pertanian" width="640" />
Penggunaan mulsa plastik perak pada tanaman cabai ( Foto Original Pak Tani Harry Bus ) 

Jenis-Jenis Mulsa Dalam Pertanian


1. Mulsa Organik

Mulsa organik yakni jenis mulsa yang sangat anggun dan baik dipakai dalam pertanian alasannya gampang terurai dan sanggup menciptakan tanah semakin subur. Mulsa organik merupakan mulsa yang terbuat dari sisa-sisa tanaman, ibarat jerami, ranting, rerumputan, daun-daun, dan juga batang tanaman. Jenis-jenis mulsa organik yang paling sering dipakai yakni jerami. Manfaat penggunaan mulsa organik pada tanaman sangat besar sekali dan besar lengan berkuasa pada hasil panen dan kualitas tanaman dan juga tanah didalamnya.


2. Mulsa Anorganik

Mulsa anorganik yakni mulsa yang terbuat dari bahan-bahan kimia dan lainnya yang juga berfungsi sebagai epilog tanaman budidaya. Jenis-jenis mulsa anorganik ini sanggup dibedakan pula menjadi dua yaitu mulsa plastik dan mulsa anorganik.

Mulsa plastik ini mungkin yang lebih familiar terdengar ditelinga kita, jenis-jenis mulsa plastik ada mulsa plastik hitam, mulsa perak, transparan, dan lain-lain. Sedangkan jenis mulsa anorganik kedua yakni kerikil, batu-batuan, dan sejenisnya. Namun penggunaan mulsa ini jarang pada tanaman semusim, biasanya mulsa jenis ini hanya dipakai pada tanaman hias saja.

Itulah Jenis-Jenis Mulsa Dalam Pertanian yang perlu anda ketahui, supaya gosip ini bermanfaat dan sanggup menambah wawasan anda semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser