-->

Ads1

Penyebab Dan Cara Mencegah Bunga Cabai Rontok Sebelum Berbuah

Penyebab Dan Cara Mencegah Bunga Cabai Rontok Sebelum Berbuah

Penyebab Dan Cara Mencegah Bunga Cabai Rontok Sebelum Berbuah

Penyebab dan Cara Mencegah Bunga Cabe rontok - Dalam perjuangan budidaya tumbuhan cabai aneka macam faktor yang harus diperhatikan menyerupai faktor unsur hara, alam, maupun faktor hama dan penyakit.

Bunga Cabe

Dari faktor-faktor diatas banyak kuat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan cabe, salahsatunya yang sering dialami yaitu kerontokan bunga tumbuhan cabai sebelum berbuah.

Rontoknya bunga cabai ini tentunya sangat merugikan para petani, bukan mustahil yang seharusnya bunga tersebut berubah menjadi buah malah gugur.


Penyebab Bunga Cabe Rontok


Banyak faktor yang menjadikan bunga cabai rontok atau gugur sebelum waktunya, adapun penyebab diantaranya adalah,
  1. Bunga Cabe diserang hama menyerupai hama trips dan hama kutu-kutuan (Aphid)
  2. Bunga Cabe terjangkit Penyakit dan Virus menyerupai virus CMV (Cucumber Mosaic Virus) dan penyakit-penyakit lainnya.
  3. Kurangnya unsur hara didalam tanah baik itu unsur hara makro maupun mikro
  4. Faktor alam menyerupai kekeringan
  5. Berlebihnya takaran proteksi pupuk Nitrogen
Demikian diantaranya penyebab terjadinya kerontokan terhadap bunga cabe, adapun cara pencegahannya dapat dengan cara sebagai berikut,

Pencegahan Bunga Cabe Rontok


  1. Lakukan pencegahan dengan menyidik tumbuhan cabe, hindarkan tumbuhan dari tumbuhan yang terjangkit hama, kalau tumbuhan sudah terjangkit lakukan pengendalian dengan cara penyemprotan, penyemprotan dilakukan dengan memperhatikan posisi dari hama, biasanya hama kutu daun (aphids) berada dibawah permukaan daun dan batang tanaman, terutama pada penggalan pucuk dan bunga. Cara penyemprotan dilakukan dari penggalan bawah daun hingga seluruh penggalan tumbuhan secara merata. Bahan aktif pestisida yang dapat dipakai yaitu Abamektin, Beta Sipermetrin, Profenofos.
  2. Pencegahan virus CMV (Cucumber Mosaic Virus) dan penyakit-penyakit lainnya kita harus memperhatikan hama penyebabnya maupun tempat sekitar tanaman, diusahakan hindari tumbuhan cabai dari tumbuhan yang sudah terjangkit virus dan penyakit.
  3. Pemberian pupuk oraganik dan pengapuran sangat dianjurkan pada tumbuhan cabe, proteksi pupuk oragnik akan menawarkan unsur hara yang lengkap sekaligus akan membantu tanah menjadi lebih gembur selain dari itu berikanlah pupuk majemuk.
  4. Faktor alam memang sulit untuk dihindari, oleh lantaran itu sebelum melaksanakan penanaman kita memperhatikan ketersediaan air terlebih dahulu.
  5. Penggunaan urea memang sangat diperlu kan, namun kalau berlebih pemberiannya akan menjadikan tumbuhan cabai kurang baik, lakukanlah proteksi urea sesuai takaran.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser