-->

Ads1

Penyebab Terjadinya Ledakan Hama Wereng Yang Sulit Dikendalikan

Penyebab Terjadinya Ledakan Hama Wereng Yang Sulit Dikendalikan

Penyebab Terjadinya Ledakan Hama Wereng Yang Sulit Dikendalikan

Hama Wereng merupakan salahsatu hama yang mempunyai kemampuan mengikuti keadaan yang cepat terhadap kondisi lingkungannya bahkan hama wereng tertentu bisa mempunyai kemampuan dalam menghasilkan keturunan yang tahan terhadap kondisi tertentu.


Wereng Batang Coklat
Dengan mudahnya beradaptasi, hama wereng termasuk hama yang penting bagi pertanian, serangan hama ini bisa menjadikan fuso jikalau dalam ledakan yang tinggi.

Banyak faktor yang menimbulkan terjadinya ledakan serangan hama wereng dilahan pertanian, menyerupai hal penggunaan pestisida tak terkendali, kurang memperhatikan jarak tanam, tanam yang tidak serempak dan lain lain, untuk lebih terang bisa dilihat dibawah ini,

1. Pola tanam tidak serempak

Tanam tidak serempak berpotensi munculnya ledakan hama wereng, sebab siklus wereng tidak berhenti dan akan terus berkembang dari sawah satu kesawah lainnya.

2 Penggunaan Varietas padi

Varietas yang ditanam janganlah terus ditanam, usahakan pemilihan varietas berbeda disetiam animo tanam.

3. Jarak tanam

Penggunaan jarak tanam yang rapat berpotensi hama wereng berkembangbiak dengan baik. Jarak tanam yang dianjurkan bisa memakai jarak tanam jajar legowo, sebab dengan memakai legowo sinar matahari bisa masuk ke sela sela rumpun padi.

4. Penggunaan Pestisida yang tidak bijak

Penggunaan pestisida kimia yang tidak bijak bisa menimbulkan ledakan hama wereng, sebab hama wereng akan menjadi berpengaruh atau resisten terhadap materi kimia dari pestisida tersebut.

5. Tidak melaksanakan Eradikasi

Eradikasi atau pemusnahan secara total sangat diharapkan untuk lahan pertanian yang sudah terjangkit hama wereng sebelumnya. Jika tidak dilakukan virus dan sisa telur yang masih tertinggal akan berkembang, hal ini tentu tidak baik untuk pertumbuhan tanaman.

Demikian 5 penyebab terjadinya ledakan serangan hama wereng berdasarkan versi blog Pak Tani Harry Bus, dengan mengetahui penyebabnya diharapkan kita bisa mengantisipasinya sebelum hama wereng menyerang.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser