-->

Ads1

Pentingnya Dan Manfaat Ulat Sangkar Untuk Burung Kicauan

Pentingnya Dan Manfaat Ulat Sangkar Untuk Burung Kicauan

Pentingnya Dan Manfaat Ulat Sangkar Untuk Burung Kicauan

Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Kicauan/ Ocehan dan Cara Perawatannya. Makanan untuk burung ocehan atau Kicauan jenisnya ada berbagai tetapi yang dikenal umum ialah kroto, voer, jangkrik, belalang, ulat, dan buah-buahan. Namun kami disini tidak bermaksud membahas satu-satu persatu jenis masakan tersebut melainkan hanya mengulas mengenai ulat sangkar sebagai pakan untuk burung Kicauan/ ocehan. Kandungan protein pada ulat sangkar sangat baik bagi burung kicau yang bukan pemakan buah ibarat tledekan, murai batu, Kacer,  ciblek, Pleci dan lainnya, sangat baiknya di beri pakan suplemen ulat sangkar biar burung menjadi fresh, rajin bunyi dan dampak utama dari ulat sangkar yakni untuk menjernihkan suara. Serta ulat sangkar juga sanggup diberikan kepada Ayam sebagai suplemen gizinya, yang sanggup memperlihatkan suplemen protein cukup tinggi sehingga sanggup mengurangi prosentase dukungan pakan konsentrat.

Ciri Ukuran ulat sangkar lebih kecil dari ulat hongkong/ jerman, juga gerakannya yang bergairah menciptakan burung kicauan tertarik untuk melahapnya. Ulat sangkar tidak menciptakan burung menjadi gemuk, tidak gampang lelah, dan tidak menciptakan bulu rontok. Para pecinta burung ocehan belum begitu banyak yang mengenal dari ulat sangkar ini alasannya yakni umumnya untuk masakan burung ocehan biasanya lebih dikenal itu ialah ulat hongkong. Di tempat Jawa Timur, ulat sangkar ini terkenal disebut ulat balap – mungkin alasannya yakni cara berjalannya yang sangat cepat.

Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Kicauan Pentingnya dan Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Kicauan
Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Kicauan


Dalam bahasa Inggris, ulat sangkar dikenal dengan nama lesser mealworm. Jenis ulat ini yakni larva dari kumbang Alphitobisu diaperinus (Tenebrionaidae). Betuknya ibarat ulat hongkong, hanya saja dengan ukuran yang jauh lebih kecil, berwarna lebih gelap. Cara mencari Ulat Kandang sangat gampang dijumpai yaitu pada kotoran ayam dalam jumlah banyak dan telah difermentasi/dikeringkan. Lalu ulat-ulat akan bermunculan dari gumpalan kotoran yang telah difermentasi tersebut dalam jumlah banyak maka itulah dinamakan ulat kandang. Adapun kandungan nutrisi yang terdapat dalam ulat sangkar adalah:

kandungan nutrisi yang terdapat dalam ulat kandang
Protein kasar berjumlah 48%
Lemak kasar berjumlah 40 %
Kadar bubuk berjumlah 3%
Kandungan ekstrak non-nitrogen berjumlah 8%
Kadar air berjumlah 57%

Jenis ulat ini memang kurang begitu popular ketimbang ulat hongkong, namun penelitian atas kandungannya sanggup menunjukan bahwa ulat sangkar ternyata lebih mempunyai banyak manfaat daripada ulat hongkong.

Manfaat ulat sangkar untuk burung peliharaan antara lain:
Mendongkrak stamina burung sehingga burung jadi lebih aktif dan rajin berbunyi
Memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari ulat hongkong
Memiliki kulit yang tidak terlalu keras
Tidak menjadikan dampak samping dikala diberikan dalam jumlah banyak

Salah satu penyebab kurang dikenalnya ulat sangkar oleh sebagian kicaumania yakni sulitnya mencari keberadaan jenis ulat ini di toko-toko pakan burung. Sehingga tidak banyak kicaumania yang tahu banyak mengenai manfaat ulat sangkar untuk burung mereka.

Perawatan ulat sangkar untuk pakan burung kicauan
Merawat ulat sangkar tidak jauh berbeda dengan merawat ulat hongkong untuk pakan burung kicauan. Untuk menjaga biar ulat sangkar tersebut tetap segar dan sehat, maka dukungan pakan harus diutamakan. Adapun cara yang sanggup dilakukan untuk merawat ulat sangkar yakni sebagai berikut:
Menaburi voer halus ke dalam tempat menyimpan ulat sangkar tersebut.
Memberikan pakan sayuran ibarat irisan kentang, wortel, atau yang lainnya.
Menjaga dari serangan hama ibarat semut atau hewan perusak lainnya.
Menyimpan di tempat yang teduh dan lembab, serta tidak terkena sinar matahari langsung.

Namun jikalau tidak mau direpotkan dengan perawatannya itu, anda sanggup menyimpan ulat-ulat sangkar tersebut dalam sebuah wadah atau toples kemudian disimpan dalam lemari pendingin untuk dibekukan.
Itulah beberapa Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Kicauan dan Cara Perawatannya yang sanggup di sampaikan. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser