-->

Ads1

Kelebihan Dan Kekurangan Metode Hidroponik

Kelebihan Dan Kekurangan Metode Hidroponik

Kelebihan Dan Kekurangan Metode Hidroponik

Kelebihan dan Kekurangan Metode Hidroponik - Baru gres ini metode tanam dengan hidroponik sedang banyak digemari oleh masyarakat terutama yang berada diperkotaan yang sulit sekali menemukan lahan untuk bercocok tanam.


Hidroponik
Dengan menggunakan metode Hidroponik ini lahan sedikitpun sanggup dipakai untuk bercocok tanam sehingga metode tanam yang tidak memerlukan lahan yang banyak selain itu hidroponik ini tidak menggunakan media tanah sehingga sanggup disimpan dimana saja termasuk didalam diruangan yang terkena cahaya alasannya tidak mengotori ruangan.

Terlepas dari itu semua, metode tanam dengan hidroponik ini memiliki kelebihan dan kekurangannya, adapun kelebihan dan kekurangan metode Hidroponik ini ialah sebagai berikut,

KELEBIHAN HIDROPONIK

1. Tidak memerlukan lahan yang luas

Keuntungan pertama dari hidroponik ini yakni tidak memerlukannya lahan yang luas untuk mencoba, dengan hanya memanfaatkan ruang yang kosong dirumah anda, hidroponik sanggup dicoba.

2. Dipanen lebih segar

Untuk yang anda suka tanaman segar dikala dipanen, anda sanggup mencoba metode hidroponik, alasannya dengan menggunakan hidroponik kita sanggup memetik eksklusif dalam keadaan tanaman masih segar.

3. Bebas Pestisida

Tanaman hidroponik umumnya bebas dari pestisida, dengan metode hidroponik ini kita tidak perlu melaksanakan pengendalian hama dan penyakit menggunakan pestisida alasannya tanaman lebih sanggup terkontrol dengan baik.

4. Hemat air

Walau namanya hidroponik, tapi metode ini sangat ekonomis air alasannya air yang tersedia habis alasannya dipenguapan dan diserap tanaman saja tanpa ada resapan oleh tanah sehingga air lebih ekonomis tanpa terbuang.

5. Hemat pupuk
6. Harga jual tinggi
7. Mempunyai nilai estetika lebih
8. Tanpa pengolahan lahan
9. Irit tenaga kerja
10. Tanpa penyiraman

KEKURANGAN HIDROPONIK

1. Mahalnya perlengkapan hidroponik

Masih mahalnya alat, materi maupun nutrisi yang diharapkan untuk hidroponik sehingga hasil panen yang dihasilkan dari hidroponik memiliki haga jual yang tinggi kalau dibandingkan dengan hasil panen dari tanam konvensional

2. Sulitnya mendapat perlengkapan hidroponik

Masih sulitnya untuk mendapat perlengkapan hidroponik menjadi kekurangan dari hidroponik ini, untuk dikios kios pertanian pun masih sangat jarang ditemui untuk sanggup membeli perlengkapannya ibarat Rockwall dan nutrisinya.

3. Harus memiliki keterampilan khusus

Jika kau ingin mencoba metode hidroponik, kau harus mempelajari terlebih dahulu teknik dasar dari hidroponik kalau tidak bukannya memetik hasil melainkan tanaman yang ditanam akan mati.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari metode hidroponik, mudah-mudahan artikel ini sanggup menambah pengetahuan kau wacana hidroponik, selesai kata Salam Pertanian.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser