-->

Ads1

Kelebihan Dan Kekurangan Dukungan Terapi Hormon Untuk Mempercepat Birahi Pada Sapi

Kelebihan Dan Kekurangan Dukungan Terapi Hormon Untuk Mempercepat Birahi Pada Sapi

Kelebihan Dan Kekurangan Dukungan Terapi Hormon Untuk Mempercepat Birahi Pada Sapi

Terapi hormon merupakan salahsatu langkah untuk mempercepat siklus estrus atau siklus birahi pada sapi, hormo yang diberikan yaitu hormon PGF2-alpha.


Hormon Sapi
Hormon PGF2-alpha dipasaran sanggup gampang ditemukan dengan merek dagang yang bermacam macam namun untuk dukungan terapi hormon ini sebaiknya dilakukan orang yang sudah hebat dibidangnya ibarat dokter binatang ataupun petugas kesehatan ternak yang ada di tempat anda.

Terapi hormon PGF2-alpha sanggup dilakukan dengan dua cara diantaranya cara IM (intra muscular) yakni cara terapi hormon yang disuntikkan ke dalam daging, sedangkan IU (Intra Uterine) yaitu terapi hormon yang dimasukkan kedalam uterus sapi.

kendati sangat mempunyai kegunaan untuk mempercepat masa birahi dari sapi, ternyata penggunaan hormon ini ada laba dan kerugiannya, adapun laba dan kerugian dukungan terapi hormon untuk mempercepat birahi yaitu sebagai berikut,

Keuntungan terapi hormon

  1. Menghemat biaya inseminasi buatan (IB) alasannya dengan memakai hormon masa birahi sanggup diatur biar estrus sanggup secara serentak, hal ini sangat bermanfaat untuk peternakan sapi yang memelihara induk sapi dalam jumlah banyak.
  2. Penggunaan hormon yang sempurna sanggup mengobati keganjilan estrus atau birahi dari sapi (konsultasikan dengan dokter hewan).

Kerugian terapi hormon

  1. Tingkat keberhasilan Inseminasi buatan (IB) pada sapi yang dipercepat dengan memakai hormon ini lebih rendah daripada tingkat keberhasilan inseminasi buatan dari siklus estrus yang secara alawi.
  2. Pengunaan secara terus menerus sanggup mengacaukan siklus birahi atau siklus estrus dari sapi induk
  3. Penggunaan pada takaran yang tidak sempurna sanggup menyebakan kemajiran pada sapi betina.
  4. Harga yang dikeluarkan untuk terapi hormon ini cukup mahal sehingga hanya cocok untuk peternakan skala besar.
Bca Juga : Mempercepat Birahi Sapi Betina, inilah Tipsnya

Demikian kelebihan dan kekurangan dukungan Terapi Hormon untuk mempercepat birahi pada Sapi, semoga kita sanggup mendapat manfaat. Akhir kata salam pertanian.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser