-->

Ads1

Begini Keunggulan Dan Ciri Fisik Sapi Aberdeen Angus

Begini Keunggulan Dan Ciri Fisik Sapi Aberdeen Angus

Begini Keunggulan Dan Ciri Fisik Sapi Aberdeen Angus

Karakteristik Sapi Aberdeen Angus 

Sapi Angus masuk ke Indonesia sekitar tahun 1974 merupakan jenis ternak sapi orisinil asal Selandia Baru.

Ciri paling khas sapi Angus yaitu warnanya yang serba hitam (ala ninja) pada sekujur tubuhnya. Jika dalam bahasa Jawa sapi ini sangat gampang diingat alasannya yaitu namanya Angus kalau dalam bahasa jawa dapat berarti gosong dan semua yang gosong tentunya berwarna hitam jadi klop dengan warna kulit jenis sapi ini.
Dikarenakan asalnya yaitu dari suatu tempat yang berjulukan Aberdeen Shire dan Aungushire di Negara Scotlandia sana maka sapi Angus ini mempunyai nama resmi atau nama terkenal Aberdeen Angus.



Ciri fisik sapi Angus lainnya yaitu tidak mempunyai punuk dan juga tidak mempunyai tanduk, bentuknya agak pendek tetapi gerakannya lincah atau aktif bergerak.

Berat sapi Aberdeen Angus Jantan Dewasa dapat mencapai 1 ton atau lebih tergantung dari intensifnya pemeliharaan jenis sapi ini. Sedangkan berat yang betina remaja umumnya natara 500 - 750 kg.

Keunggulan dari segi daging, sapi Angus mempunyai komposisi daging yang seratnya padat dan halus sehingga sangat disukai, kalau dibandingkan dengan jenis sapi lain.
Bangsa sapi ini banyak dipakai pada crossbreeding dan grading up untuk menghasilkan sapi potong yang baik. Jika sesame bangsa sapi angus dikawinkan dengan seperempat dari keturunannya, warna tubuhnya akan menjelma merah dan tidak bertanduk (red angus).

Keunggulan Sapi Angus
  • Memiliki sifat yang lebih banyak didominasi sehingga sangat anggun untuk disilangkan dengan sapi lain
  • Tidak mempunyai tanduk sehingga relatif kondusif kalau dipelihara secara koloni merupakan keunggulan yang tidak dimiliki jenis sapi lain.
  • Bentuk badan panjang dan kompak meskipun ukuran tingginya termasuk pendek. Tubuh yang panjang dan kompak menawarkan persentase karkas yang anggun dan daging yang padat.
  • Jarang mengalami kesulitan ketika beranak serta mempunyai sifat keibuan yang sangat bagus
  • Mudah menurunkan sifat marbling atau perlemakan dalam daging pada anak-anaknya. Sifat ini (marbling) sangat disukai dinegara-negara eropa tetapi di Indonesia khususnya pasar daging lokal tidak menyukai daging yang berlemak.

Salah satu pola sapi unggul hasil persilangan jenis sapi ini yaitu persilangan antara sapi Angus dan Sapi Brahman sehingga dikenal dengan nama terkenal sapi Brangus.


Demikian beberapa informasi singkat perihal sapi Aberdeen Angus (Sapi Angus) Si Hitam yang mempunyai banyak keunggulan. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser