-->

Ads1

2 Cara Menanam Pucuk Merah (Syzygium Oleana)

2 Cara Menanam Pucuk Merah (Syzygium Oleana)

2 Cara Menanam Pucuk Merah (Syzygium Oleana)

Cara tanam Pucuk Merah (Syzygium oleana) - Tanaman Pucuk Merah sering kita temui ditanam sebagai tanaman hias, mengapa pucuk merah disebut sebagai tanaman hias? Karena tumbuhan ini memiliki daun muda atau pucuk yang berwarna merah, bila dikombinasikan dengan daun yang sudah tua, menjadi kombinasi hijau dan merah yang indah.


Pucuk Merah (Syzygium oleana)
Tanaman yang memiliki nama latin Syzygium oleana ini biasanya ditanam dipinggir pinggir jalan, depan rumah, maupun dipekarangan rumah, selain indah dilihat, tumbuhan pucuk merah ini dapat dijadikan penghijauan didaerah rumah kita.

Untuk menanam Pucuk Merah ini dapat dengan 2 cara, adapun ke dua cara tersebut yakni sebagai berikut.

1. Menanam Pucuk Merah dengan Cara Generatif


Cara Generatif merupakan cara perkembangbiakan dari hasil perkawinan atau persilang, menyerupai pola penanaman melalui biji. Biji tumbuhan pucuk merah ini diperoleh dari pohon yang sudah cukup bau tanah dan memiliki batang yang besar. Biji dari Pucuk merah ini berbentuk bundar dengan ukurannya kecil dan berwarna hitam.

Cara Semai biji Pucuk Merah
Penyemaian biji dapat dilakukan ditanah pribadi ataupun memakai polybag. Isi dengan tanah yang gembur dengan perbandingan 2 : 1 : 1 dimana tanah, sekam bakar dan pupuk sangkar diaduk. Rendam terlebih dahulu biji dengan ZPT, bila sudah tumbuh kira kira ukuran 15 - 20 cm dapat dipindahkan ke tanah atau ke polybag yang lebih besar, selanjutnya dilakukan perawatan.

2. Menanam Pucuk Merah dengan Cara Vegetatif


Menanam dengan cara vegetatif ini yakni perkembangbiakan tanpa melalui persilangan atau perkawinan. Penanaman dengan Vegetatif ini dapat melalu batang, daun dan lain lain. Seperti misalnya dengan cangkok dan stek batang.

Jika ingin melaksanakan penyetekan, pilhlah batang yang cukup besar potong dengan ukuran 20 - 25 cm, potong daun yang ada dan sebelum ditancapkan lakukan perendaman dengan memakai ZPT untuk merangsang akar.

Demikian artikel perihal cara menanam tumbuhan Pucuk Merah (Syzygium oleana), biar artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi yang ingin menanam tumbuhan pucuk merah.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser