-->

Ads1

Okmar : Oktober - Maret Persiapan Ekspresi Dominan Tamam

Okmar : Oktober - Maret Persiapan Ekspresi Dominan Tamam

Okmar : Oktober - Maret Persiapan Ekspresi Dominan Tamam

Bulan Oktober sudah tiba dan animo penghujan sudah mulai turun, mengambarkan animo tanam atau MT1 akan segera dimulai, untuk mempersiapkan animo tanam para petani khususnya dikota saya sudah mulai mempersiapkan untuk pengolahan lahan.


OkMar : Oktober - Maret Musim Tanam I
Musim tanam OkMar atau Oktober - Maret ini biasanya para petani sudah mulai mempersiapkan untuk menyambut animo tanam, mulai dari bibit hingga pada biaya pengolahan dan penanaman, selain mempersiapkan hal tersebut petani harus memperhatikan juga peramalan OPT yang akan dihadapi di animo tanam OkMar ini.

Menurut isu dari peramalan Opt untuk animo tanam Oktober-Maret ini diramalkan akan terjadi serangan Wereng Batang Coklat dan hama penggerek batang. Oleh alasannya yaitu itu kita wajib menyediakan amunisi untuk menghadapi hama hama tersebut. Salahsatu cara yang efektif yaitu dengan pencegahan dan pengendalian semenjak dini.

Untuk pengendalian dan pencegahan hama wereng batang coklat yaitu dengan cara pengamatan yang lebih utama. Tanaman padi akan mulai diserang hama WBC mulai pada ahad pertama dan kedua sehabis tanam, minggu-minggu ini disebut ahad pengamatan kritis. Selanjutnya pada ahad ke 5, hama WBC akan mulai menyebar dengan adanya keturunan pertama dari hama wereng batang coklat tersebut, jumlah rata - rata pada ahad ke 5 sekitar 10 - 20 ekor/rumpun. Jika dibiarkan pada ahad ke 10 akan terjadi ledakan serangan yang menjadikan flora padi fuso.

Sama halnya untuk pencegahan hama penggerek batang, pencegahan secara dini dengan cara pengumpulan atau pengambilan kelompok telur yang dilakukan mulai dari fase persemaian alasannya yaitu acara cukup efektik untuk menghambat penyebaran hama penggerek batang, jikalau terjadi serangan usahakan penggunaan pestisida yang sempurna jenis, sempurna dosis, sempurna target dan sempurna waktu pengendalian. Untuk menekan perkembangan hama ini dapat juga dengan cara memakai distributor hayati yaitu dengan cara penyemprotan Trichoderma alasannya yaitu untuk sementara distributor hayati ini terbukti efektif menekan penyebaran dari hama penggerek batang.

Dengan mempersiapkan semenjak awal, dari teknik budidaya hingga pada pengendalian diharapkan, penanaman pada animo tanam 1 Oktober-Maret ini dapat mendapat hasil yang memuaskan. Akhirkata terima kasih dan salam pertanian.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser