-->

Ads1

Pestisida Nabati Dari Materi Akar Tuba (Derris Elliptica (Wallich) Benth)

Pestisida Nabati Dari Materi Akar Tuba (Derris Elliptica (Wallich) Benth)

Pestisida Nabati Dari Materi Akar Tuba (Derris Elliptica (Wallich) Benth)

Tumbuhan Tuba atau dalam bahasa ilimah disebut dengan Derris elliptica ini merupakan jenis flora yang merambat, flora ini banyak ditemukan hampir diseluruh wilayah Nusantara.


 Tumbuhan Tuba atau dalam bahasa ilimah disebut dengan  PESTISIDA NABATI dari materi Akar tuba (Derris elliptica (Wallich) Benth)
Akar Tuba (Derris elliptica (Wallich) Benth)
Tumbuhan tuba mempunyai kandungan materi kimia ibarat deguelin, elliptone, rotenon dan toxicarol yang efektif dipakai sebagai racun ikan dan serangga, kandungan materi kimia tersebut paling banyak terletak pada kulit akar flora tersebut.

Penggunaan racun pada flora tuba dimanfaatkan sebagai materi pestisida nabati untuk mengendalikan banyak sekali macam jenis serangga ibarat ulat daun, kutu kebul, kutu daun, tungau dan bahkan sanggup mengendalikan hama keong mas. Sifat racun yang terkandung akar tuba ini sanggup dijadikan racun kontak yang mengakibatkan hama akan berhenti makan dan sanggup mengakibatkan kematian pada hama dalam beberapa jam saja.

CARA MEMBUAT PESTISIDA NABATI DARI BAHAN AKAR TUBA


Cara menciptakan pestisida dari materi organik ibarat dengan akar tuba ini cukup sederhana, sebelum melangkah cara pembuatan terlebih dahulu kita menyiapkan materi dan alat yang akan digunakan,

BAHAN


1. Akar tuba sebanyak 1kg
2. Detergen atau Sabun colek 1 sendok teh
3. Air 10 liter

ALAT


1. Pisau
2. Penumbuk/Blender
3. Ember/wadah penampung
4. Saringan

CARA PEMBUATAN


Tumbuk akar tuba sampai hancur dan mengeluarkan getah, lalu hasil tumbukan tadi rendam dalam air sebanyak 20 liter selama kurang lebih 3 hari, sesudah masa perendaman selesai tambahkan 1 sendok sabun/detergen lalu aduk sampai merata. Sebelum dipakai saring larutan akar tuba tadi dan semprotkan pada tumbuhan yang terjangkit hama. Sifat racun dari akar tuba berspektrum atau meluas dan merata.

Demikian artikel wacana pestisida nabati dari akar tuba dan cara pembuatanya, agar artikel ini sanggup bermanfaat dan sanggup menambah pengetahuan terutama pengetahun wacana pestisida nabati, selesai kata kami ucapkan terima kasih dan salam pertanian.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser