-->

Ads1

Mengenal Hama Keong Mas ( Penjabaran Dan Morfologi )

Mengenal Hama Keong Mas ( Penjabaran Dan Morfologi )

Mengenal Hama Keong Mas ( Penjabaran Dan Morfologi )

Pak Tani Harry Bus - Keong mas ialah salah satu jenis siput yang juga merupakan hama pertanian. Keong mas ini merupakan siput yang hidup pada perairan air tawar yang bisa bertahan hidpu cukup lama. Keong mas ini awalnya berasal dari Amerika Selatan dan gres dikenal di Indonesia sekitar tahun 1986. Keong mas ini termask dalam keluarga Ampullaridae dengan ordo Pulmolata. Bentuknya yang bagus dan menyerupai emas ini menciptakan banyak orang mengoleksi dan membudidayakannya. Namun bagi petani padi, keong mas seakan jadi musuh yang harus dibasmi, kalu tidak akan menghabiskan padi-padi mereka.

Klasifikasi dan morfologi keong mas akan admin kupas dalam artikel singkat ini, biar dengan adanya gosip ini sanggup memperlihatkan ilmu dan wawasan bagi pembaca semua. Berikut ini merupakan Klasifikasi dari keong mas dan Morfologinya.
 
 Keong mas ialah salah satu jenis siput yang juga merupakan hama pertanian Mengenal Hama Keong Mas ( Klasifikasi dan Morfologi )
Hama keong mas pada lahan sawah ( Foto original Pak Tani Harry Bus by : Wahyu Hendro Wibowo )



Klasifikasi dan Morfologi Keong Mas



Klasifikasi Keong Mas

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Moluska
  • Kelas : Gantropoda
  • Ordo : Pulmolata
  • Familia : Ampullaridae
  • Genus : Pomacea
  • Spesies : Pamacea canalicula L

Morfologi Keong Mas


Keong mas ini merupakan jenis siput yang umumnya hidup didaerah yang lembab dan berair. Lebih sering berada disawah dan menjadi hama bagi petani padi. Ciri-ciri keong mas ialah mempunyai warna kuning keemasan, dengan cangkang yang mengkilap, dan pada lisan cangkangnya terdapat operculum berbentuk lingkaran yang berwarna coklat agak kehitaman pada cuilan luar sedangkan dalamnya berwarna coklat kekuningan. Kaki keong mas ini berbentuk segitiga dengan bentuk mengecil pada cuilan belakang. Adapun makanan keong ini ialah daun-daun kecil menyerupai daun padi dan lain sebagainya.

Itulah sedikit gosip singkat wacana Klasifikasi dan Morfologi Keong Mas, biar bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser