-->

Ads1

Keunggulan Menanam Padi Memakai Mesin Tanam Modern

Keunggulan Menanam Padi Memakai Mesin Tanam Modern

Keunggulan Menanam Padi Memakai Mesin Tanam Modern

Pak Tani Harry Bus - Budidaya padi dilahan sawah merupakan acara rutin masyarakat yang tinggal di kawasan pedesaan. Sama halnya dengan kawasan dimana kami tinggal, rata-rata masyarakatnya yaitu berprofesi sebagai petani padi. Sudah menjadi hal yang masuk akal kalau pada ketika animo tanam tiba, para petani diderah kami sibuk masing-masing dengan pekerjaannya. Biasanya mereka akan bahu-membahu memulai menanam padi secara serentak. Kegiatan menanam padi serentak bertujuan biar tidak terjadi gagal panen, alasannya kalau menanam padi hanya satu orang saja, otomatis hama ibarat burung akan menghabiskan padi-padi. Untuk proses penanaman padi, pada umumnya petani memakai cara manual, yaitu mereka menanam memakai tangan. Benih yang sudah disemaikan dicabut dan lalu ditanam satu persatu sampai selesai. Namun seiring berkembangnya dunia teknologi dibidang pertanian, kini sudah ada yang namanya mesin penanam padi modern. Apa keunggulan menanam padi memakai mesin modern ini?

Seperti yang akhir-akhir ini dilakukan petani padi didaerah kami tinggal, rata-rata petani padi sudah menanam memakai mesin penanam padi modern. Kalau kita berbicara manfaat menanam padi memakai mesin tanam modern sudah tentu sangat banyak. Meskipun demikian masih ada petani padi yang enggan dan tidak mau memakai mesin tanam padi modern. Katanya biayanya mahal dan karenanya kurnag bagus. Padahal mereka belum pernah memakai mesin tanam padi modern sama sekali. Seperti yang admin tanyakan pada beberapa petani padi ihwal apa saja keunggulan menanam padi memakai mesin tanam padi modern, berikut ini merupakan kesimpulan dari tanggapan mereka.

 Budidaya padi dilahan sawah merupakan acara rutin masyarakat yang tinggal di kawasan pe Keunggulan Menanam Padi Menggunakan Mesin Tanam Modern
Proses Penanam Padi Menggunakan Mesin Modern ( Foto Original Dasar-Pertanian oleh Wahyu H.W )


Keunggulan Menanam Padi Menggunakan Mesin Tanam Modern


1. Menghemat biaya

Manfaat dan keunggulan menanam padi memakai mesin tanam padi modern yang pertama yaitu sanggup menghemat biaya. Berbeda kalau menanam memakai tangan atau jasa buruh tanam padi. Perbandingannya ibarat ini, kalau kita memakai jasa buruh tanam untuk menanam padi seluas 1 hektar dan harus selesai dalam waktu 1 hari, maka membutuhkan setidaknya 10 orang buruh, dan upah satu hari kini untuk satu orang buruh sekitar 70 ribu. Maka untuk itu kita harus mengeluarkan 700 ribu. Berbeda kalau kita memakai mesin penanam padi modern, upah untuk jasa penanam padi seluas 1 hektar hanya 150 - 200 ribu saja dan akan selesai dalam waktu 3-4 jam. Perbandingannya cukup banyak bukan, dan karenanya juga anggun kok memakai mesin tanam padi modern ini. Hanya saja ada beberapa penyebab tidak maksimalnya penggunaan mesin tanam padi modern untuk menanam padi. Apa saja kelemahan dari menanam padi memakai mesin modern ini?
Silahkan baca : Kelemahan Menanam Padi Menggunakan Mesin Tanam Modern

2. Cepat selesai

Seperti yang admin singgung diawal tadi bahwa keunggulan menanam padi memakai mesin tanam modern yaitu akan mempercepat proses penanaman. Bayangkan saja, hanya butuh waktu 3 jam untuk menanam padi seluas 1 hektar. Jika kita memakai tangan atau manual, maka butuh waktu berhari-hari untuk menyelesaikannya.

3. Meringankan kerja petani

Keunggulan dan manfaat menanam padi memakai mesin tanam modern selanjutnya yaitu sanggup meringankan beban dan kerja petani. Contohnya saja pada ketika pencabutan bibit pada persemaian. Jika memakai mesin tanam modern, sudah ada tempat berupa kotak ibarat nampan yang disediakan, jadi ketika mau menanam kita tinggak mengambilnya dari kotak. Berbeda kalau menanam memakai tangan manual, kita diharuskan mencabuti bibit dan itu sangatlah melelahkan dan lama.

Makara itulah beberapa Keunggulan Menanam Padi Menggunakan Mesin Tanam Modern berdasarkan beberapa petani padi yang menanam memakai mesin penanam padi modern. Mudah-mudahan isu ini sanggup menawarkan wawasan dan ilmu pengetahuan bagi anda semua, semoga bermanfaat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser