-->

Ads1

Fungsi Dan Manfaat Kalium (K) Bagi Tanaman

Fungsi Dan Manfaat Kalium (K) Bagi Tanaman

Fungsi Dan Manfaat Kalium (K) Bagi Tanaman

Unsur K atau Kalium merupakan unsur yang diharapkan tumbuhan dalam jumlah yang besar atau makro sama halnya dengan unsur Nitrogen (N) dan Phosphor (P). Unsur ini dibutuhkan oleh tumbuhan untuk mengaktifkan enzim-enzim didalam tanaman.


Manfaat dan fungsi Kalium (K) untuk tanaman
Unsur K di pasaran diperjualbelikan secara terpisah menyerupai pupuk KCL ataupun secara dikombinasikan dengan pupuk lainnya menyerupai pola pupuk NPK Ponska. Bentuk dari pupuk K biasanya berbentuk granul atau butiran yang larut didalam air, warna cenderung lebih merah kalau dibandingkan dengan urea namun ada juga yang berwarna biru.

Pemupukan Kalium (K) dapat dengan cara ditebar atau ditaburkan eksklusif pad tanaman, pupuk jenis ini dapat dikombinasikan dengan jenis pupuk lainnya menyerupai Urea dan SP-36. Manfaat dan fungsi dari Kalium sendiri bagi tumbuhan yakni sebagai berikut,

  1. Meningkatkan kualitas buah (contohnya Rasa dan Rendemen)
  2. Sebagai aktivator pada enzim tanaman
  3. Membantu perembesan air dan unsur hara dari tanah oleh tanaman
  4. Membantu transportasi hasil asimilasi dari daun ke jaringan tanaman
  5. Membantu dalam pembentukan karbohidrat dan protein pada tanaman
  6. Merangsang perakaran gres untuk tumbuh
  7. Dapat membantu menguatkan batang


Unsur Kalium (K) dialam dapat diperoleh dari materi organik salahsatunya yakni dengan memakai sabut kelapa, sabut kelapa sendiri memiliki kandungan Kalium cukup tinggi, namun untuk memperolehnya terlebih dahulu perlu diadakan proses yakni dibentuk Mol sabut kelapa. Demikian artikel perihal manfaat dan fungsi dari unsur Kalium untuk tanaman, biar artikel ini bermanfaat. Terima kasih.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser