-->

Ads1

Inilah Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi Terbukti Ampuh

Inilah Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi Terbukti Ampuh

Inilah Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi Terbukti Ampuh

Pak Tani Harry Bus - Hama wereng merupakan salah satu hama yang sangat ditakuti oleh para petani padi. Karena jawaban dari serangan hama wereng tersebut, sanggup menciptakan tanaman oadi yang susah payah dibudidayakan menjadi rusak dan tidak produktif. Hama wereng akan menyerang tanaman padi dan menciptakan tanaman padi bermetamorfosis kering, dan mati. Cara membasmi hama wereng sanggup dilakukan dengan beberapa cara. Pada kesempatan kali ini Pak Tani Harry Bus akan bagikan tips membasmi hama wereng yang terbukti ampuh.

Hama wereng ini sendiri mempunyai banyak jenis, di antaranya wereng hijau (Nephotettix virescens), wereng loreng (Recilia dorsalis), dan wereng coklat (nilaparvata lugens). Semua jenis hama wereng tersebut sama-sama merugikan tanaman padi. Apabila tidak segera dibasmi, maka akan berdampak jelek pada tanaman padi. Namun cara yang paling gampang dalam mengendalikan hama wereng ialah mencegahnya sebelum hama wereng muncul dan menyerang tanaman padi. Kaprikornus rutin lakukan pencegahan semoga hama wereng tidak mengganggu tanaman padi. Jika tanaman padi sudah terlanjur diserang hama wereng, maka segera lakukan pembasmian.

 Hama wereng merupakan salah satu hama yang sangat ditakuti oleh para petani padi Inilah Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi Terbukti Ampuh
Gambar hama wereng pada tanaman padi

Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi Terbukti Ampuh


1. Membasmi hama wereng dengan pestisida

Cara membasmi hama wereng yang palin gumum dipakai para petani ialah dengan pestisida. Jenis pestisida yang sanggup dipakai untuk membasmi hama wereng sudah banyak dijual ditoko pertanian. Kaprikornus anda sanggup menentukan dan menentukan sendiri jenis pestisidanya. Penjual biasanya sudah tahu apa jenis pestisida yang cocok untuk membasmi hama wereng padi.

2. Membasmi hama wereng dengan pestisida alami

Cara membasmi hama wereng selanjutnya ialah dengan pestisida alami, maksudnya ialah kita menciptakan sendiri materi alami untuk membasmi hama wereng. Jika anda tidak ingin memakai pestisida kimiawi, maka cara ini sanggup anda coba. Cara menciptakan pestisida alami ini cukup gampang dan simpel, kita hanya membutuhkan beberapa materi alami menyerupai biji mahoni dan biji sirsak atau daun sirsaknya juga bisa, dan materi lainnya. Cara membuatnya ialah sebagai berikut :
  • Daun sirsak, rimpang jeringau, dan juga bawang putih ditumbuk sampai halus.
  • Kemudian jikalau materi diatas sudah halus kemudian dicampur dengan sabun colek. 
  • Setelah tercampur rata, kemudian rendam adonan tersebut dalam air 20 liter selama dua hari. 
  • Setelah dua hari, selanjutnya larutan tersebut disaring dengan kain halus dan siap untuk diaplikasikan. 
  • Cara penggunaannya yakni setiap 1 liter air saringan diencerkan lagi dengan 15 liter air, kemudian disemprotkan secara merata pada bab bawah tanaman padi yang terjangkit hama wereng.

Itulah beberapa Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi Terbukti Ampuh, mudah-mudahan warta singkat dari Pak Tani Harry Bus ini sanggup menambah wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser