-->

Ads1

Cara Sempurna Pengolahan Tanah Gambut Menjadi Lahan Pertanian

Cara Sempurna Pengolahan Tanah Gambut Menjadi Lahan Pertanian

Cara Sempurna Pengolahan Tanah Gambut Menjadi Lahan Pertanian

Pak Tani Harry Bus - Tanah gambut memang mempunyai ciri khas tersendiri dibanding tanah pada umumnya. Tanah gambut sanggup diolah menjadi lahan pertania asalkan dengan mekanisme yang tepat. Tidak semua lahan gambut sanggup dijadikan lahan pertanian, ada beberapa jenis lahan gambut yang dilarang dijadikan lahan tani. Di Indonesia sendiri sangat banyak wilayah yang mempunyai lahan gambut, ibarat Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, dan juga Irian Jaya. Pemanfaatan lahan gambut yang salah sanggup berakibat jelek terhadap kelestarian lingkungan. Makanya bila kita ingin memakai tanah gambut sebagai lahan pertanian, harap mempelajari karakteristik dari tanah gambut tersebut.

Cara mengolah tanah gambut menjadi lahan pertanian yang baik dan benar yakni dengan mematuhi semua kebijakan-kebijakan dari pemerintah, selalu menjaga kelestarian tanah dan lingkungan. Kaprikornus tidak serta merta kita asal mengolah lahan gambut menjadi lahan pertanian. Berikut ini Pak Tani Harry Bus akan mengembangkan sedikit isu perihal Cara Tepat Pengolahan Tanah Gambut Menjadi Lahan Pertanian.

Tanah gambut memang mempunyai ciri khas tersendiri dibanding tanah pada umumnya Cara Tepat Pengolahan Tanah Gambut Menjadi Lahan Pertanian
Pengolahan tanah gambut menjadi lahan pertanian


Cara Tepat Pengolahan Tanah Gambut Menjadi Lahan Pertanian


1. Pembakaran lahan secara benar

Jika ingin mengolah lahan gambut, cara sederhana dan sering dilakukan para petani yakni dengan membakarnya. Karena dengan mengkremasi lahan maka bubuk hasil dari pembakaran sangat membantu menurunkan keasaman tanah dan sanggup menyuburkan tanah. Namun mengkremasi lahan gambut dilarang sembarang bakar. Perlu di ingat bahwa tidak semua lahan gambut boleh dibakar. Ada kriteria tertentu yang mana tanah gambut boleh untuk dibakar. Jika salah mengkremasi lahan gambut, kesudahannya pencemaran udara akan terjadi, asap kebarakan juga sangat besar lengan berkuasa terhadap kesehatan.

2. Membuat jalan masuk air

Ketika memutuskan untuk mengolah lahan gambut, maka sistem pengelolaan jalan masuk air sangat penting. Salah satunya yakni dengan menciptakan jalan masuk irigasi, drainase, serta menggenangi lahan dengan air secara benar.

3. Memberikan pupuk

Pemberian pupuk pada tanah gambut sangat penting sekali, alasannya yakni lahan gambut sangat minim unsur hara. Dengan menawarkan pupuk secara sempurna maka akan menciptakan lahan gambut menjadi subur.

4. Menjaga kelestarian lingkungan

Selalu menjaga kelestarian lingkungan yakni hal yang sangat penting dikala anda mengolah tanah gambut menjadi lahan pertanian. Karena kelestarian alam menciptakan semua elemen penting yang terkandung pada lahan gambut akan tetap terjaga.

Itulah beberapa Cara Tepat Pengolahan Tanah Gambut Menjadi Lahan Pertanian, mudah-mudahan isu singkat dari blog Pak Tani Harry Bus.blogspot.com ini sanggup menambah wawasan anda semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser