-->

Ads1

Cara Mengatasi Penyakit Blas ( Patah Leher ) Pada Tanaman Padi

Cara Mengatasi Penyakit Blas ( Patah Leher ) Pada Tanaman Padi

Cara Mengatasi Penyakit Blas ( Patah Leher ) Pada Tanaman Padi

Pak Tani Harry Bus - Cara mengendalikan penyakit blas atau patah leher sanggup dilakukan dengan beberapa tahap sederhana. Kuncinya ialah terdapat pada pencegahan dan penanaman padi. Kenapa saya katakan kunci penanggulangan patah leher padi ialah pencegahan dan penanaman? Hal ini sangat terang sekali bahwa penyakit blas ialah penyakit yang terjadi akhir bisul oleh jamur Pyricularia  grisea. Cendawan tersebut kalau sudah menyerang padi akan sulit diatasi. Jika tanaman padi sudah mengalami patah leher, maka terang akan kuat pada perkembangan dan pertumbuhan padi. Jika patah leher terjadi ketika dalam masa pematangan isi atau bulir padi, maka sanggup menimbulkan gagalnya pembuahan. Sehingga tidak heran kita menjumpai bulir padi yang tidak terisi atau gabug.

Perlu anda ketahui bahwa Jamur P. grisea ini sanggup menginfeksi seluruh fase pertumbuhan tanaman padi mulai dari persemaian padi sampai padi menjelang panen. Pada ketika pebibitan dimulai, jamur ini sanggup menginfeksi pertumbuhan vegetatif dan cuilan yang diserang ialah daun padi. Gejala awalnya ialah berupa bercak berwarna kecoklatan atau biasa disebut blas daun. Sedangkan pada masa pertumbuhan generatif, maka tanda-tanda penyakit blas ini akan berkembang sampai mencapai tangkai/leher malai, atau biasa disebut dengan blas leher. Pada masa inilah akan terjadi patah leher alasannya ialah batang atau tangkai padi membusuk.

 Cara mengendalikan penyakit blas atau patah leher sanggup dilakukan dengan beberapa tahap se Cara Mengatasi Penyakit Blas ( Patah Leher ) Pada Tanaman Padi

Cara Mengatasi Penyakit Blas ( Patah Leher ) Pada Tanaman Padi


1. Sebisa mungkin melaksanakan pencegahan

Pencegahan penyakit blas atau patah leher ialah hal yang paling diutamakan. Karena dengan melaksanakan pencegahan penyakit blas ini, akan mengurangi resiko tanaman padi terjangkit jamur Pyricularia  grisea. Pencegahan sanggup dilakukan dengan menanam bibit yang sehat, sebelum melaksanakan penyemaian benih harus direndam terlebih dahulu. Lebih terang lagi bagaimana cara mencegah penyakit blas atau patah leher padi sanggup anda baca pada artikel sebelumnya.
Silahkan baca : Cara Mencegah Penyakit Blas/Patah Leher Pada Tanaman Padi

2. Menggunakan Fungisida

Jika tanaman padi sudah menerangkan gejala-gejala penyakit blas, maka segera lakukan penyemprotan memakai fungisida. Biasanya ditoko pertanian sudah banyak dijual fungisida untuk mengendalikan penyakit blas ini. Penyemprotan fungisida ini juga elok dilakukan pada masa proses pembuahan.

3. Menanam varietas yang tahan penyakit

Selain itu anda sanggup juga menanam padi dengan verietas tahan untuk mencegah biar penyakit blas tidak sanggup menyerang.

Itulah beberapa Cara Mengatasi Penyakit Blas ( Patah Leher ) Pada Tanaman Padi, mudah-mudahan gosip singkat ini sanggup bermanfaat dan menambah wawasan anda semua. Semoga bermanfaat. 
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser