-->

Ads1

Kelebihan Dan Kelemahan Tanaman Hasil Cangkokan

Kelebihan Dan Kelemahan Tanaman Hasil Cangkokan

Pak Tani Harry Bus - Mencangkok ialah salah satu proses pembiakan vegetatif buatan yang tujuannya untuk memperbanyak tanaman, selain itu tanaman hasil cangkokan juga akan mempunyai sifat yang sama dengan pohon induknya, serta cepat menghasilkan buah. Mencangkok ini sangat aneka macam keuntungannya bagi tanaman. Selain itu manfaat mencangkok juga mempunyai kegunaan bagi kita semoga hasil dari budidaya semakin baik dan berkualitas. Perlu anda ketahui bahwa dengan mencangkok, sama saja anda melaksanakan pengembangan tanaman menjadi lebih unggul. Karena biasanya pohon yang akan dicangkok ialah tanaman yang tentunya sudah berbuah dan tanaman tersebut ialah tanaman terbaik. Biasanya sebelum kita mencangkok, maka pemilihan pohon ialah hal yang menentukan keberhasilan dalam mencangkok. Jika pohon yang dicangkok termasuk pohon yang unggul dan berkualitas, maka hasil cangkokan nanti juga akan ibarat indukannya, tetapi jikalau pohon induk yang akan dicangkok termasuk pohon yang tidak berkualitas, maka sanggup dipastikan hasil cangkokan juga tidak akan berkualitas.

Tidak semua jenis tanaman sanggup dicangkok, tanaman yang sanggup di cangkok hanyalah tanaman berjenis dikotil serta tanaman biji terbuka. Tanaman yang biasanya sering dicangkok ialah tanaman jenis buah-buahan. Ada banyak jenis tanaman buah yang sanggup kita cangkok, mirip pohon jeruk, pohon jambu, pohon durian, rambutan, mangga, dan lain sebagainya. Lalu apa saja kelebihan dari tanaman hasil cangkok ini? Selain itu apakah ada kelemahan dari tanaman hasil dari mencangkok? Kalau kita bicara manfaat mencangkok sudah niscaya sangat banyak, berikut ini Pak Tani Harry Bus akan bagikan beberapa manfaat mencangkok tanaman.

tanaman-hasil-cangkok.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;"> Mencangkok ialah salah satu proses pembiakan vegetatif buatan yang tujuannya untuk mempe Kelebihan dan Kelemahan Tanaman Hasil Cangkokantanaman-hasil-cangkok.jpg" title="Kelebihan dan Kelemahan Tanaman Hasil Cangkokan" width="400" />
Contoh tanaman hasil cangkok ( Gambar oleh admin Pak Tani Harry Bus : Wahyu Hendro.W )

Kelebihan Tanaman Hasil Cangkokan


1. Tanaman cepat berbuah

Tanaman hasil cangkokan mempunyai keunggulan yaitu cepat berbuah bila dibanding dengan tanaman yang berasal dari biji. Karena tanaman hasil cangkokan kita dapatkan dari pohon induk yang pernah berbuah, jadi akan cepat untuk berbuah.

2. Tingkat keberhasilan sangat tinggi

Jika anda menentukan menanam tanaman hasil cangkokan, maka sanggup aku pastikan anda akan cepat berhasil dalam melaksanakan pembudidayaan tanaman tersebut. Berbeda jikalau anda menentukan menanam dengan menanamkan bijinya langsung, akan kecil kemungkinan untuk berhasil.

3. Tanaman mempunyai sifat yang sama dengan tanaman induknya

Manfaat mencangkok juga akan mempunyai fungsi yaitu sifat tanaman akan ibarat sifat indukannya. Kaprikornus jikalau anda ingin mempunyai tanaman yang sama dengan tanaman induknya, hasil buahnya juga sama, rasa buahnya juga sama, maka mencangkok ialah salah satu alternatifnya.

4. Tanaman tidak terlalu tinggi

Tanaman hasil cangkokan biasanya akan rendah dibanding tanaman yang bukan hasil cangkokan. Meskipun masih sangat rendah, tanaman hasil cangkokan ini juga sanggup berbuah lebat. Kaprikornus akan menciptakan tanaman semakin indah dan menarik.

Namun disamping ada manfaat atau laba dari mencangkok tanaman ini, niscaya ada juga kelemahan atau kekurangannya. Berikut ini merupakan beberapa kelemahan dari tanaman hasil cangkokan.

Kelemahan Tanaman Hasil Cangkok


1. Tanaman gampang roboh bila ada angin kencang

Kelemahan tanaman hasil cangkokan ialah tanaman akan gampang untuk roboh apabila terkena angin ribut kerana mempunyai akan tunggang. Berbeda dengan tanaman berakar serabut.

2. Tanaman tidak tahan kering pada demam isu kemarau

Kelemahan tanaman hasil acngkokan selanjutny yaitu tanaman tersebut tidak tahan apabila demam isu kemarau datang. Makanya dibutuhkan penyiraman rutin semoga tanaman tidak mati.

3. Tanaman induk tajuknya cepat rusak

Kerugian lainnya ialah tanaman induk akan menjadi rusak alasannya ialah banyaknya cabang yang dipotong. Sehingga sanggup saja tanaman induk cepat mati.

4. Terbatasnya jumlah cangkokan pada tanaman induk

Tanaman yang dicangkok dihentikan melebihi batas yang ditentukan, hanya beberapa batang saja alam satu pohon induk, sehingga apabila anda ingin memperbanyak tanaman dalam jumlah besar tidak sanggup dengan cara mencangkok.
Baca Juga : Panduan Dan Cara Mencangkok Jeruk Sunkist Agar Berhasil

Itulah beberapa Kelebihan dan Kekurangan Tanaman Hasil Cangkokan, mudah-mudahan isu ini sanggup menambah wawasan anda semua dibidang pertanian maupun perkebunan.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser