-->

Ads1

Pengertian Tanaman Hortikultura Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Tanaman Hortikultura Dan Jenis-Jenisnya

Dasar-Pertanian - Secara bahasa arti Hortikultura (horticulture) berasal dari bahasa Latin hortus (tanaman kebun) dan cultura/colere (budidaya), dan juga sanggup diartikan sebagai budidaya tanaman kebun. Pengertian Hortikultura ini dipakai secara lebih luas dan tidak hanya untuk budidaya perkebunan saja. Adapun istilah hortikultura ini dipakai pada jenis tanaman yang dibudidayakan. Untuk bidang kerja hortikultura ini mencakup pembenihan, pembibitan, kultur jaringan, produksi tanaman, hama dan penyakit, panen, pengemasan dan distribusi. Makara sanggup juga disimpulkan bahwa Hortikultura merupakan salah satu metode budidaya pertanian modern ( sumber : wikipedia ).

Tanaman hortikultura ini merupakan cabang dari agronomi. Namun yang membedakannya ialah bahwa holtikultura hanya memfokuskan pada budidaya tanaman menyerupai tanaman buah-buahan (pomologi/frutikultur), tanaman sayuran (olerikultura), tanaman bunga (florikultura), tanaman obat-obatan (biofarmaka). Untuk lebih jelasnya berikut ini Jenis-Jenis Tanaman Holtikultura.

Jenis-Jenis Tanaman Hortikultura


1. Tanaman Buah ( Pomologi/frutikultur )

 
 dan juga sanggup diartikan sebagai <b><a href=budidaya tanaman kebun Pengertian Tanaman Hortikultura dan Jenis-Jenisnya" border="0" height="249" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiy6tiUXpDuHCKdaETN8HZ1WLs_bkeBWHzz6WQxZRlOg9zGlq7XLN4tN-mZ6YIwZGui5p16o_7VxS70DVOkukrntjzER0qYiAvQGqHJtbktqvaJ5GIpbFa-ThbAtf-jRDxya-y0IW64KRs/s320/jenis+buah.jpg" title="Pengertian Tanaman Hortikultura dan Jenis-Jenisnya" width="320" />


Jenis tanaman holtikultura yang pertama ialah tanaman buah. Buah-buahan merupakan jenis tanaman yang sanggup menghasilkan buah. Kita semua juga niscaya tahu dan sanggup membedakan mana tanaman buah dan mana yang bukan tanaman buah. Tanaman buah ini bisanya disebut sebagai tanaman musiman. Makara tanaman buah akan berbuah pada ketika animo buah tertentu. Ada jenis tanaman buah yang hanya berbuah satu kali daam masa tanam dan ada juga yang berbuah berkai-kali selama ditanam. Adapun salah satu jenis tanaman buah yang hanya berbuah sekali saja ialah adalah buah pisang. Sedangkan teladan tanaman buah musiman ialah buah rambutan. Makara sudah terang sekali bahwa tanaman buah ini termasuk dalam ketegori tanaman holitkultura.

2. Tanaman Sayur ( Olerikultura )

 dan juga sanggup diartikan sebagai <b><a href=budidaya tanaman kebun Pengertian Tanaman Hortikultura dan Jenis-Jenisnya" border="0" height="240" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiU9pd-jXeognWEHVAjBUKuXtlYxFA7UZX57nU48HA6w_f_UM7t5ugBEloAnP6lcen0Zaty-pGQ3xplimEEmKYlBnqonfzUxIAj8aVJfxb29D0sg9D2Ds9yqq6JC4YYzkZuvVYCCroohC8/s320/kangkung.jpg" title="Pengertian Tanaman Hortikultura dan Jenis-Jenisnya" width="320" />

 

Jenis tanaman holtikutura selanjutnya ialah sayuran. Jenis tanaman ini sanggup kitajumpai disekitar lingkungan dan pekarangan rumah. Sayuran merupakan tanaman yang sanggup dibudidayakan setiap ketika tanpa melihat musim. Sebenarnya ada dua jenis tanaman sayur yang perlu kita pahami, yang pertama ialah tanaman sayuran tahunan atau sanggup dipanen selama tanaman itu hidup, menyerupai petai, jengkol, melinjo, ubi atau singkong, dan lain-lain. Yang kedua ialah tanaman sayuran musiman, tanaman sayur jenis ini mencakup kangkung, bayam, wortel, kacang panjang, dan lain-lain.

3. Tanaman Bunga (florikultura)

tanaman%2Bbunga.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;"> dan juga sanggup diartikan sebagai <b><a href=budidaya tanaman kebun Pengertian Tanaman Hortikultura dan Jenis-Jenisnya" border="0" height="246" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbaRn84KPc68lBPdeh0UNfsYDfXdsLw3iJfip2PXkJ7h9Ztr_5v4E3JTjKIoXsgPJ2ikV-cMflSTbEsWMe3JP6m8HexNukrW5Bb8BnISY8dOvEADWwYHUaXntM3ibYOO7vhKPFk5Jhch0/s320/tanaman%2Bbunga.jpg" title="Pengertian Tanaman Hortikultura dan Jenis-Jenisnya" width="320" />

 

Jenis tanaman bunga ialah tanaman yang biasa dipakai sebagai tanaman hias. Tanaman hias ini juga majemuk jenisnya, ada yang ditaman dalam pot dan ada juga yang ditanam dengan cara mananam eksklusif ditaman. Contoh tanaman bunga atau tanaman hias ini ialah mawar, melati, anggrek, kenanga, kamboja, dan lain-lain. Tanaman bunga ini termasuk dalam jenis tanaman holtikultura yang berfungsi sebagai penambah nilai estetika dalam suatu taman atau ruangan.

4. Tanaman Obat ( Biofarmaka )

tanaman%2Bobat.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;"> dan juga sanggup diartikan sebagai <b><a href=budidaya tanaman kebun Pengertian Tanaman Hortikultura dan Jenis-Jenisnya" border="0" height="239" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1ufYLlQvN6fUW30kvCBdtKNDj3b9vIBxSksYfsriS0eV80t08koctrUdnHrrBuIwn7nXWYqgXPt3AuXLYfcIoeNGD1X7Tj0nA6J28jXSmoY4Jmv6nsEafygB46Rd_uyhFzMyT2dePljU/s320/tanaman%2Bobat.jpg" title="Pengertian Tanaman Hortikultura dan Jenis-Jenisnya" width="320" />

 

Jenis tanaman holtikutura yang terakhir ialah tanaman obat ( biofarmaka ) atau sanggup juga disebut sebagai tanaman rempah. Tanaman obat ini sangat banyak keuntungannya dan sudah usang dipakai oleh masyarakat sebagai materi pembuat obat-obatan dan sanggup juga dipakai sebagai materi embel-embel pada bumbu masakan. Contoh tanaman ini ialah jahe, lengkuas, temulawak, kayu manis, serai, brotowali, dan lain-lain.

Itulah sedikit warta perihal Pengertian Tanaman Hortikultura dan Jenis-Jenis Tanaman Hortikultura. Mudah-mudahan warta ini sanggup menambah wawasan anda semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser