-->

Ads1

Tips Menanam Sawit Dilahan Gambut Semoga Berhasil

Tips Menanam Sawit Dilahan Gambut Semoga Berhasil

Pak Tani Harry Bus - Cara menanam sawit dilahan gambut merupakan salah satu budidaya kelapa sawit yang sanggup dikatakan cukup sulit. Budidaya kelapa sawit dilahan gambut ini membutuhkan ketelitian dan perawatan yang baik. Karena lahan gambut sangat berbeda dengan lahan lainnya. Namun disamping kesulitan untuk menanam sawit dilahan gambut ini, ternyata ada sisi positifnya. Karena lahan gambut memiliki efek yang cukup penting kalau dilihat dari segi ekonomi dan ekologi. Perlu anda ketahui bahwa lahan gambut sudah menyediakan hasil hutan menyerupai kayu dan non kayu, penyimpanan air, pensuplai air dan juga sebagai pengendali banjir. Selain itu lahan gambut ini juga merupakan habitat bagi keanekaragaman hayati. Bahkan dalam pengembangan pembangunan diberbagai sektor, pemanfaatan lahan gambut ini cukup menjadi alternatif cadangan terakhir apabila tidak memungkinkan bagi pengembangan di lahan mineral, namun hanya pada lahan gambut yang terdegradasi.  Sedangkan bagi daerah hutan gambut harus tetap dipertahankan sebagai hutan gambut supaya ekosistem tetap terjaga.

Bagi anda yang ingin menanam sawit dilahan gambut yang telah terdegradasi, maka sangat perlu memperhatikan beberapa tips dibawah ini:

budidaya%2Bsawit%2Bdilahan%2Bgambut.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;"> Cara menanam sawit dilahan gambut merupakan salah satu <b><a href=budidaya kelapa sawit yang sanggup di Tips Menanam Sawit Dilahan Gambut Agar Berhasil" border="0" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhugJiwoC5n-1dkWiq9ei435hN34xKLkxBejKchDcSjRUEa2Dkmc2EDr80ghX2-a3jC3CK8NmjhViPw2luX4ghqqZmNNzmfnL9mhKnXvRHjG4A5tQVcoAMfWQtyWQhKWhgmZ2mySde-eL6s/s1600/budidaya%2Bsawit%2Bdilahan%2Bgambut.jpg" title="Tips Menanam Sawit Dilahan Gambut Agar Berhasil" />


Tips Menanam Sawit Dilahan Gambut Agar Berhasil

 

1. Perhatikan Nilai Kecocokan Lahan

Untuk melaksanakan budidaya tanaman kelapa sawit pada lahan gambut sangat perlu dipertimbangkan dan pastikan bahwa lahan gambut sesuai untuk kelapa sawit. Dalam hal tahap ini yang paling penting ialah memastikan bahwa lokasi atau tempat yang akan dipakai tidak bertentangan dengan peraturan, dan cukup layak untuk dilaksanakan usaha. Selain itu berhasil tidaknya dalam budidaya sawit di lahan gambut juga sangat bergantung pada faktor-faktor diantaranya adalah: 
  • kematangan gambut,
  • kedalaman gambut, 
  • kedalaman lapisan pirit, 
  • frekuensi dan usang genangan.

2. Melakukan Pembukaan Lahan Dengan Baik  

Untuk menaman sawit dilahan gambut, tips selanjutnya ialah dengan melaksanakan pembukaan lahan yang baik dan benar. Dalam hal pembukaan lahan gambut, lakukan pengolahan Lahan Tanpa Bakar (zero burning), alasannya kalau lahan gambut yang telah kering dan terbakar sanggup mengakibatkan resiko yang cukup besar, selain itu juga kita akan banyak mengalami kerugian, menyerupai kehilangan unsur hara yang terkandung pada lahan, akan terjadi pelepasan karbon dalam bentuk asap. Sehingga kesudahannya bukan hanya kita saja yang dirugikan, tetapi banyak pihak lain yang akan menanggung kerugian akhir pembakaran lahan gambut ini.

3. Mensuplai Air Jika Lahan Gambut Sudah Kering

Melakukan penyuplaian air ialah hal yang harus diperhatikan didalam budidaya kelapa sawit dilahan gambut. Karena kalau lahan gambut sudah kering, maka sifat tanah tersebut tidak sanggup lagi menjadi basah. Maka dari itu sangat dibutuhkan pemasokan air guna mendapat air yang cukup.

4. Melakukan Pemadatan Gambut

Tujuan dari pemadatan gambut adalah  supaya tanah menjadi padat sehingga daya topang terhadap tanaman menjadi berpengaruh dan tanaman sawit tidak gampang tumbang. Jika anda tidak melaksanakan pemadatan gambut tersebut, maka kesudahannya nanti pohon sawit yang anda tanam akan gampang roboh alasannya daya topang akar tanaman tidak kuat.

5. Melakukan Perawatan Dengan Baik

Untuk melaksanakan perawatan tanaman sawit dilahan gambut bekerjsama hampir sama dengan tanaman sawit dilahan mineral, hanya saja ada bebearpa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya :
- Upaya penggalian produksi
- Masa TBM dan TM
- Melakukan penunasan
- Melakukan pengendalian gulma atau rumput liar
- Melakukan pengendalian hama dan penyakit (Integrated Pest Management)
- Melakukan perawatan jalan
- Melakukan perawatan sarana panen

6. Melakukan Pemupukan

Dalam budidaya sawit dilahan gambut, pemupukan juga sangat penting untuk keberhasilan kita menanam sawit dilahan gambut tersebut. Untuk lahan gambut yang subur, jenis pupuk dan dosisnya hampir sama dengan pemupukan pada tanah mineral. Sedangkan untuk lahan gambut dengan kadar ca dan mg pemupukan relatif lebih tinggi. Untuk mengaplikasikannya ialah :
- tidak perlu pengapuran
- aplikasi takaran kcl 3–5 kg/pohon/tahun
- pupuk mikro yang wajib diberikan (Cu, Zn, Fe, B)

7. Harus Waspada Terhadap Api

Tips terakhir dalam budidaya ranaman sawit dilahan gambut semoga berhasil ialah dengan mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan atau kebun. Untuk itu sebaiknya anda melaksanakan beberapa hal berikut ini :
- membangunan menara pengawas api
- mempersiapkan sarana dan prasarana pemadam api
- perlu membuatan organisasi pengendalian kebakaran

Itulah beberapa Tips Menanam Sawit Dilahan Gambut Agar Berhasil, mudah-mudahan isu ini bermanfaat bagi anda semua. Salam Pertanian...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser