-->

Ads1

Inilah Pentingnya Oksigen Bagi Tanaman Hidroponik

Inilah Pentingnya Oksigen Bagi Tanaman Hidroponik

Pak Tani Harry Bus - Manfaat oksigen bagi tanaman memang sangat penting sekali untuk menunjang pertumbuhan tanaman tersebut. Sama halnya dengan tanaman hidroponik, juga sangat membutuhkan oksigen untuk pertumbuhan tanaman. Bercocok tanam dengan tehnik hidroponik ini sangat menguntungkan kalau dibanding dengan metode lain sebab tidak banyak membutuhkan lahan. Untuk lebih terang wacana pengertian dan manfaat tanaman hidroponik ini, silahkan baca tanaman-hidroponik-dan" target="_blank">Pengertian Tanaman Hidroponik dan Manfaatnya. Sedangkan media yang paling penting dalam budidaya hidroponik ialah air. Makara sebab memakai media air, maka kebutuhan oksigen bagi tanaman hidroponik akan lebih banyak.

Hidroponik, sebagaimana namanya, hydro yang artinya air, sistem penanaman hidroponik ini memang sangat mengandalkan air sebagai media utamanya. Namun tentu saja bukan air saja yang dibutuhkan, masih ada unsur lain yang perlu kita digunakan, ibarat pasir, penggalan watu karang dan watu bata, serabut kelapa, watu kerikil, busa, gabus atau sterofoam, potongan kayu, watu apung, sumbu kompor, dan masih banyak lagi media yang sanggup kita gunakan untuk kebutuhan media tanam hidroponik.

Kembali lagi kepada topik kita kali ini yakni problem pentingnya oksigen dalam air bagi tanaman hidroponik. Oksigen ialah salah satu problem yang sering dialami dalam budidaya tanaman secara hidroponik. Apabila tanaman hidroponik kekurangan oksigen, maka akan mengakibatkan tanaman tidak tumbuh maksimal bahkan sanggup mati. Karena kebutuhan oksigen dalam air sangat diharapkan untuk respirasi dan tenaga dalam absorpsi nutrisi oleh akar. Apabila terjadi kegagalan dalam respirasi akar, akan menjadikan akar gagal menyerap unsur hara dan pada kesannya akar akan membusuk.

tanaman%2Bhidroponik.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;"> Manfaat oksigen bagi <b><a href=tanaman memang sangat penting sekali untuk menunjang pertumbuhan tan Inilah Pentingnya Oksigen Bagi Tanaman Hidroponik" border="0" height="315" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh1qDE71hDQeg2dlGj2ZICuxfWhnxzRNmJ0Ovx4yZeHQGrO6_0tWnL_nDx4tMrr9Ck2A1LydVcAyw75qzTXCE01k_yOjok6BnP0lxSczcu4dWmlwgQSWwBBYrmckuBwS8Yp7jqsTI0TqCk/s400/kebutuhan+oksigen+untuk+tanaman%2Bhidroponik.jpg" title="Inilah Pentingnya Oksigen Bagi Tanaman Hidroponik" width="400" />
Budidaya Tanaman Hidroponik


Tanaman hidroponik yang tercukupi kebutuhan oksigen akan tampak dari bentuk akarnya. Tanaman hidroponik yang cukup oksigen, akarnya akan berwarna putih dan tebal. Sementara itu tanaman kekurangan oksigen akarnya akan terlihat sedikit dan berwarna kecoklatan dengan ujung menghitam yang membuktikan akar telah membusuk.

Untuk menambah jumlah oksigen dalam tanaman hidroponik sanggup dilakukan dengan cara - cara berikut.
  • Pasang aerator di dalam tangki.
  • Mempercepat pemikiran dan kemiringan sehingga air akan membentur dan bergerak cepat supaya oksigen gampang terdifusi.
  • Lakukan pedinginan air di tangki supaya daya larut oksigen menjadi lebih besar. Suhu ideal untuk tanaman hidroponik ialah 24 C, tapi range toleran antar 20-34 C.
  • Dengan memperlihatkan H2O2 (Peroksida) dan O3 (Ozon)  juga sanggup menambah kandungan oksigen. Namun pemberiannya jangan melebihi 8 ppm untuk peroksida dan 1,5 ppm untuk ozon sebab sanggup mengakibatkan akar menjadi layu.
Makara kesimpulannya ialah bahwa tanaman hidroponik ini sangat membutuhkan oksigen lebih banyak dibanding dengan tanaman lain. Jika kebutuhan oksigen bagi tanaman hidroponik tercukupi, maka pertumbuhan tanaman akan menjadi bagus. Mudah-mudahan bermanfaat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser