-->

Ads1

Penyebab Tanaman Gambas Tidak Optimal

Penyebab Tanaman Gambas Tidak Optimal

Pak Tani Harry Bus: Budidaya gambas dalam pekarangan rumah merupakan cara alternatif yang sering saya lakukan dikala ada waktu kosong dan luang. Karena berkebun dan menanam sayuran yakni hobi saya yang semenjak dulu saya lakukan. Dan terakhir ini saya menanam sayuran gambas yang ada dibelakang rumah. Namun masalahnya yakni cuaca yang akhir-akhir ini sering berubah-ubah menciptakan hasil panen gambas kurang maksimal. Pada awal penanaman memang tidak mengalami hambatan apapun dan justru bibit gambas sanggup tumbuh tepat dan subur. Karena pupuk yang saya gunakan yakni pupuk kandang yang memang anggun untuk tanaman. Ketika tanaman gambas mulai merambat dan berbunga, muncul banyak sekali macam penyakit, ujung-ujungnya pertumbuhan gambas kurang optimal.
tanaman%2Bgambas%2Byang%2Btidak%2Boptimal.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;"> Budidaya gambas dalam pekarangan rumah merupakan cara alternatif yang sering saya lakukan Penyebab Tanaman Gambas Tidak Optimaltanaman%2Bgambas%2Byang%2Btidak%2Boptimal.jpg" title="Penyebab Tanaman Gambas Tidak Optimal" width="400" />
pertumbuhan gambas kurang optimal ( foto pribadi: wahyu hendro wibowo )

Penyebab tanaman tidak sanggup tumbuh optimal bekerjsama cukup banyak. Diantaranya yakni :

1. Serangan hama dan penyakit
Hama dan penyakit merupakan problem bagi para petani atau pekebun yang membudidayakan tanaman dalam kategori pertanian. Semua tanaman niscaya akan mengalami problem ini yaitu terjangkit hama dan penyakit. Akibatnya jikalau tanaman sudah terjangkit oleh hama dan penyakit, maka sudah terang akan menciptakan pertumbuhan tanaman menjadi tidak maksimal. Oleh lantaran itu biar hasil tanaman atau pertanian berhasil maka perawatan intensif yakni mutlak untuk dilakukan supaya terhindar dari wabah hama dan penyakit.

2. Gulma 
Gulma atau rumput liar yang mengganggu pertumbuhan tanaman menjadikan problem lain dalam dunia pertanian khususnya sayuran. Gulma ini akan gampang tumbuh dengan subur disekeliling tanaman, terutama jikalau tanaman dipupuk. Maka untuk menanggulanginya dibutuhkan pencucian gulma biar tidak menggangu pertumbuhan tanaman.

3. Kondisi tanah yang tidak subur
Faktor kondisi tanah yang kurang subur juga kuat terhadap hasil panen tanaman. Maka sebelum melaksanakan budidaya pertanian dibutuhkan santunan pupuk dasar tertama jikalau kondisi lahan pertanian kurang subur.  

4. Kurang perawatan
Faktor perawatan juga penting sekali untuk memaksimalkan hasil tanaman. Tanaman yang tidak dirawat dengan baik akan menghasilkan panen yang tidak baik pula. Jika anda sebagai petani tidak melaksanakan perawatan tanaman anda dengan baik maka jangan heran kalau akhirnya tidak maksimal. Perawatan disini mencakup pemupukan, penyiraman, pembasmian hama penyakit, gulma dan sebagainya.

Nah pada perkara tanaman gambas yang saya alami memang tidak begitu berat, hanya saja ada sedikit hambatan yang menciptakan tanaman tidak berbuah maksimal. Kadang ada yang bungkik atau kerdil, kadang ada juga yang bagus.  Untuk buah yang mulai memunculkan ciri-ciri tidak sehat, biasanya saya pribadi membuang supaya tanaman yang anyir tidak menular pada buah yang lain. Selain itu jikalau perawatan tanaman ini kurang maksimal maka akan mengakibatkan problem lain menyerupai gagal panen.

Itulah sedikit gosip yang sanggup saya bagikan kepada anda, mudah-mudahan sehabis anda tahu apa saja yang mengakibatkan tanaman tidak tumbuh optimal maka anda akan berusaha untuk mencegahnya.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser