-->

Ads1

Manfaat Irigasi Untuk Pertanian Beserta Penjelasannya

Manfaat Irigasi Untuk Pertanian Beserta Penjelasannya

Manfaat Irigasi Untuk Pertanian Beserta Penjelasannya

Manfaat Irigasi Untuk Pertanian Beserta Penjelasannya - Irigasi ialah sistem untuk mengairi suatu lahan dengan cara membendung sumber air. Atau sanggup juga diartikan sebagai perjuangan penyediaan, pengaturan, dan pembuangan air untuk menunjang pertanian dan sejenisnya. Irigasi ini terbagi majemuk bentuk mencakup irigasi permukaan, irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa, dan irigasi tambak. Semuanya difungsikan untuk menunjang sistem pertanian.

Manfaat Irigasi Untuk Pertanian Beserta Penjelasannya Manfaat Irigasi Untuk Pertanian Beserta Penjelasannya
Pengairan sawah dengan sistem irigasi ( foto langsung wahyu hendro wibowo )

Manfaat Irigasi Untuk Pertanian Beserta Penjelasannya Manfaat Irigasi Untuk Pertanian Beserta Penjelasannya
Sumber air irigasi berjalan lancar ( foto langsung wahyu hendro wibowo )

Manfaat Irigasi Untuk Pertanian Beserta Penjelasannya Manfaat Irigasi Untuk Pertanian Beserta Penjelasannya
Sistem irigasi melewati lahan perkebunan karet ( foto langsung wahyu hendro wibowo )

Didunia pertanian ini tidak sanggup dipungkiri bahwa fungsi dari irigasi ini sangatlah penting. Irigasi biasa dimanfaatkan oleh petani khususnya petani pada lahan persawahan untuk mengairi dan menunjukkan pasokan air di lahan pertanian mereka. Sistem irigasi ini sudah berkembang semenjak dahulu, mungkin perbedaannya pada kualitas dan sistemnya. Dahulu para petani dalam mengairi sawah mereka atau lahan pertanian mereka biasanya dengan cara membendung parit-parit kemudian menyalurkan kelahan pertanian mereka. Ada juga yang melaksanakan pengangkutan air memakai ember. Namun cara tersebut sangatlah melelahkan dan ditambah lagi apabila ekspresi dominan kemarau, maka cara tersebut tidak sanggup dilakukan.

Namun kini petani sudah tidak sulit lagi dalam mengairi lahan pertanian mereka alasannya ialah sudah adanya sistem irigasi yang akan selalu menyalurkan sumber air yang tak pernah berhenti. Sistem irigasi ini sanggup dibuka tutup. Makara kapan saja petani membutuhkan air untuk lahan pertanian mereka, tinggal membuka susukan air tersebut. Pemerintah sudah menunjukkan kemudahan irigasi dan membangun sistem irigasi untuk dimanfaatkan oleh para petani kita.

Sistem irigasi ini dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
  1. Lift Irrigation ( Irigasi Pompa ), yaitu maksudnya sistem air disalurkan dari lokasi yang rendah kelokasi yang tinggi dengan cara manual maupun mekanis. Cara manual dilakukan dengan mengangkat air dengan memakai ember, namun cara ini sudah tidak lagi dipakai alasannya ialah membutuhkan tenaga ekstra. Cara mekanis yaitu dengan memakai mesin yang sanggup mengalirkan air, ibarat mesin pemompa air.
  2. Flow Irrigation ( Irigasi Aliran ), yaitu maksudnya air dialirkan secara gravitasi dari sumber air ketempat lahan pertanian. Sistem irigasi inilah yang kini dipakai oleh para petani untuk mengairi lahan pertaniannya. 
Adapun Manfaat Irigasi Untuk Pertanian ialah sebagai berikut :

1. Memasok atau menyediakan air untuk lahan pertanian
Dengan adanya irigasi ini maka pasokan air untuk lahan pertanian akan terpenuhi. Petani menjadi semakin gampang dalam mengolah lahan pertanian mereka dan tidak takut lagi kekurangan air.

2. Menjamin ketersediaan air saat ekspresi dominan kemarau
Irigasi bermanfaat dalam mengairi lahan pertanian, apalagi pada ekspresi dominan kemarau datang pasokan air tentu menjadi sulit dan air tanah akan mengering. Dengan adanya irigasi ini maka ketersediaan air pada ekspresi dominan kemarau akan terpenuhi.

3. Melancarkan pedoman air kelahan persawahan
Dengan irigasi ini pedoman air kelahan persawahan akan lancar. Tidak ada lagi penghambat pedoman air sehingga mempermudah petani untuk menggarap lahan persawahan mereka.

4. Untuk membasahi tanah
Khusus untuk kawasan yang mempunyai curah hujan yang rendah, maka sistem irigasi ini sangat bermanfaat sekali untuk membasahi tanah pada lahan pertanian.

Makara pada pada dasarnya sistem irigasi ini sangat bermanfaat sekali dalam bidang pertanian. Khususnya bermanfaat bagi petani dalam mengairi lahan pertanian mereka.
Demikianlah sedikit uraian dan klarifikasi ihwal Manfaat Irigasi Untuk Pertanian Beserta Penjelasannya. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser